Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Kandungan dan Manfaat Cumi-Cumi untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Menurunkan Resiko Stroke

Kompas.com - 14/01/2023, 18:36 WIB
 Manfaat Cumi-Cumi Sumber Gambar: Freepik.com Manfaat Cumi-Cumi
Rujukan artikel ini:
Kumpulan Resep Seafood Mantap
Pengarang: Tim Dapur Demedia, Zee…
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Indonesia merupakan negara maritim terbesar di dunia dengan hasil laut yang beragam dan melimpah.

Selain ikan, salah satu hasil laut yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia adalah cumi-cumi.

Tingkat konsumsi masyarakat terhadap cumi-cumi ini menjadi semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pemenuhan nutrisi bagi tubuh.

Tekstur yang kenyal dan rasa yang gurih membuat cumi-cumi selalu enak diolah menjadi beragam makanan, dan hampir selalu berhasil menggugah selera makan.

Di balik cita rasanya yang khas, cumi-cumi ternyata memiliki berbagai macam kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai kandungan nutrisi dan manfaat cumi-cumi untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Nutrisi pada Cumi-Cumi

Dalam 100 gram cumi-cumi, terkandung beberapa nutrisi berikut ini:

  • Kalori: 75
  • Air: 82,2 gram
  • Protein: 16,1 gram
  • Kalsium: 32 mg
  • Natrium: 37 mg
  • Fosfor: 200 mg
  • Kalium: 204,1 mg
  • Beta Karoten: 20 mcg
  • Vitamin B12: 1,3 mcg
  • Vitamin E: 1,2 mcg

Selain itu, cumi-cumi juga kaya akan vitamin dan mineral termasuk Vitamin B6, Selenium, Asam lemak, Omega 3, Asam lemak docosahexaenoic acid (DHA), Zat Besi, Copper, dan Vitamin C.

Manfaat Cumi-Cumi untuk Kesehatan

1. Menurunkan Kolesterol

Ada cukup banyak makanan yang sebenarnya memiliki efek samping bagi kesehatan tubuh, salah satunya meningkatkan kolesterol yang ada di dalam tubuh.

Untungnya, kandungan lemak jenuh yang ada pada cumi-cumi masih tergolong rendah yakni hanya sekitar 0,7 gram saja.

Cumi-cumi justru mengandung lemak tak jenuh (omega-3) yang bermanfaat untuk membantu menurunkan kolesterol LDL jahat sekaligus meningkatkan HDL baik.

2. Menurunkan Resiko Stroke

Cumi-cumi merupakan jenis hewan laut yang kaya akan protein dan rendah kalori.

Hewan dari anggota keluarga moluska ini sangat disarankan bagi orang-orang yang ingin menambah asupan protein tanpa mengkhawatirkan kadar kalori.

Cumi-cumi juga mengandung Vitamin B12 yang sangat baik bagi kesehatan saraf dan darah, serta Vitamin B6 yang bisa membantu menurunkan resiko stroke.

3. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Selain protein dan vitamin, cumi-cumi juga mengandung gizi mineral seperti kalsium, selenium, dan fosfor.

Selenium dalam cumi-cumi merupakan jenis senyawa anti-oksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah terjadinya kerusakan sel.

Sedangkan kandungan fosfor yang ada pada cumi-cumi juga bermanfaat untuk membentuk serta menjaga kesehatan tulang dan gigi serta memperbaiki jaringan sel yang mengalami kerusakan.

4. Mengurangi Resiko Kanker

Tidak hanya bagian tubuh dari cumi-cumi, tinta yang terdapat di dalam tubuhnya juga mampu memberikan manfaat bagi tubuh.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Tinta cumi-cumi ini memiliki kandungan tirosin, dopamine, dan katekolamin yang bekerja sebagai antioksidan yang berguna untuk mencegah adanya paparan radikal yang menjadi penyebab kanker.

Tak hanya itu, tinta cumi juga mengandung peptidoglikan yang bisa membantu mempercepat kematian sel kanker dan menghambat pertumbuhan serta penyebarannya ke seluruh tubuh.

5. Mengatur Pembentukan Sel Darah Merah

Vitamin B12 yang terkandung dalam cumi-cumi juga bermanfaat untuk menjaga fungsi otak, saraf, serta berperan dalam pembentukan sel darah merah.

Sedangkan Vitamin B6 memiliki manfaat untuk membantu tubuh dalam menyimpan energi, protein, serta karbohidrat.

Selain itu, kandungan-kandungan vitamin tersebut juga bisa membantu pergerakan hemoglobin (zat yang membawa oksigen ke seluruh tubuh).

6. Menjaga Keseimbangan Cairan

Cumi-cumi mengandung natrium yang bisa membantu menjaga fungsi saraf serta mempengaruhi kontraksi serta relaksasi pada otot.

Kandungan natrium ini juga dapat membantu tubuh supaya tetap berfungsi dengan normal, sehingga volume cairan dan darah masih dalam jumlah yang normal.

Tapi kamu juga tetap perlu berhati-hati karena terlalu banyak asupan natrium bisa memicu adanya tekanan darah tinggi.

Itulah beberapa manfaat cumi-cumi bagi kesehatan tubuh yang perlu kamu pahami.

Meskipun kaya akan nutrisi, kamu harus tetap mengontrol diri dan jangan terlalu banyak mengonsumsi cumi-cumi karena akan berdampak buruk bagi kesehatan, terutama bagi kamu yang alergi dengan makanan laut.

Selain cumi-cumi, masih ada banyak makanan laut yang ternyata juga memiliki khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Bagi kamu yang tertarik untuk menghidangkan menu seafood selain cumi-cumi, kamu bisa temukan rekomendasi resepnya dalam buku Kumpulan Resep Seafood Mantap yang ditulis oleh Dapur Demedia.

Buku ini berisi lebih dari 200 resep olahan seafood yang bernutrisi tinggi, mulai dari kepiting, ikan, udang, dan masih banyak lagi.

Tak hanya berisi resep, buku ini juga akan membagi jenis masakannya menjadi beberapa kategori, yakni masakan tradisional, western, dan masakan Asia.

Kalau masih terasa kurang, kamu juga bisa temukan berbagai resep seafood lainnya dalam buku Seri Teman Makan Nasi: Lauk Telur, Daging, Ayam, dan Seafood Favorit Keluarga karya Indriani.

Buku ini akan membahas beberapa jenis makanan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti ayam, daging, dan juga seafood.

Mempelajari berbagai resep dalam buku ini akan membuatmu semakin kreatif dalam menyajikan makanan, sehingga menu makananmu tidak akan monoton atau membosankan.

Kalau tertarik, kamu bisa dapatkan buku ini di Gramedia.com, dan versi e-booknya melalui Gramedia Digital.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com