Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Jenis Bahan Crepe, Ini Perbedaan dan Ciri Khasnya

Kompas.com - 10/01/2023, 12:30 WIB
Jenis Bahan Crepe Photo by AlexanderStein on Pixabay Jenis Bahan Crepe
Rujukan artikel ini:
Anti-Stress: Kain Nusantara
Pengarang: Yulianto Qin
|
Editor Rahmad

Jenis bahan crepe atau krep adalah kain yang biasa digunakan untuk membuat pakaian wanita seperti jubah mandi, atasan rok, dan selendang. Meski terbuat dari bahan PE atau serat sintetis, tetapi jenis bahan ini semakin banyak dicari.

Salah satu ciri paling populer dari jenis bahan crepe ini adalah teksturnya yang kasar seperti kulit jeruk atau pasir. Jika dilihat teksturnya memang terlihat kasar. Bisa jadi nama crepe berasal dari lekukan "crepe" atau merupakan nama kain murni yang sudah digunakan sejak lama.

Di Indonesia, orang awam mengenalnya dengan sebutan Crepe atau Diamond krep. Yakni kain dengan tekstur kasar, seperti butiran pasir atau permukaan kulit jeruk.

Jenis Bahan Crepe

Berikut ini jenis bahan crepe yang bisa kamu temukan di pasaran dengan karakteristik yang berbeda-beda:

1. Kain Krep Gelembung atau Buble Crepe

Buble Crepe adalah jenis bahan crepe dengan tekstur kasar terbesar. Ini benar-benar terlihat seperti kulit jeruk jika dibandingkan dengan tekstur kain ini. Bahan bubble sangat lentur dan akan melar saat ditarik.

Sehingga umumnya kain ini direkomendasikan untuk bahan hijab instan. Selain itu bahan ini juga tidak licin dan cukup adem sehingga sering juga digunakan pada handuk mandi, tunik dan rok.

2. Diamond Italiano

Diamond Italiano adalah kain yang biasa digunakan untuk jilbab dan gamis. Salah satu jilbab trendi yang terbuat dari bahan ini adalah "Pashmina Diamond Italiano".

Kain ini memiliki tekstur kasar dan padat seperti pasir dan sedikit lentur. Kain ini juga cukup tebal, agak kaku dan tidak transparan.

3. Bahan Diamond Georgette

Bahan diamond georgette juga termasuk dalam jenis kain crepe karena juga bertekstur seperti pasir. Namun struktur pasir dari material diamond georgette lebih kecil dan halus.

Kain Diamond Georgette juga tidak setebal Diamond Italiano, sehingga bahan ini sering digunakan pada syal dengan double layer atau kain ganda. Seperti selendang segi empat atau selendang syari.

4. Bahan Moscrepe

Bahan moscrepe memiliki tekstur yang hampir mirip dengan diamond crepe yaitu teksturnya yang kecil padat seperti butiran pasir. Namun kain moscrepe ini lebih lentur dibandingkan dengan kain diamond Italiano.

Kain ini lebih sering digunakan dalam bahan gamis daripada bahan hijab karena sifatnya yang tidak tembus pandang atau tidak nerawang.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

5. Arabia Crepe

Kain ini sama dengan moscrepe, ada yang mengatakan arabian crepe adalah moscrepe, tapi kualitasnya lebih bagus. Memang benar kain ini memiliki tekstur dan ketebalan yang mirip dengan moscrepe, namun lebih lembut saat disentuh.

6. Crezia Crepe

Crezia crepe adalah kain yang sangat fleksibel dalam jenis kain crepe yang dapat ditarik secara vertikal maupun horizontal dan kain akan kembali seperti semula.

Kain ini hampir seperti Diamond Georgette, ringan, halus dan sedikit terpengaruh, tetapi tidak setipis Diamond Georgette dan banyak digunakan untuk gamis selendang dan atasan.

7. Wolly Crepe

Diantara beberapa jenis bahan crepe, ini merupakan kain krep yang paling tebal, namun memiliki tekstur pasir yang halus dan tidak terasa pas di tangan.

8. Bahan Barbie Crepe

Barbie Crepe merupakan kain dari keluarga crepe yang teksturnya sama persis dengan wollycrepe, namun lebih halus dan kualitasnya lebih tinggi. Harganya sedikit lebih mahal dari wollycrepe.

9. Crepe Baby Doll

Kain ini adalah jenis bahan crepe yang berkualitas tinggi dengan kain yang tipis dan transparan, tetapi tidak setipis kain sifon atau crepe georgette. Kain ini juga memiliki tekstur yang berpasir, jadi kita bisa menambahkan kain ini ke dalam keluarga crepe.

Kain ini juga memiliki karakter yang sangat mengalir dan sejuk sehingga sering digunakan untuk hijab syari double layer. Meski tipis, kain ini tidak elastis seperti jenis crepe lainnya dan sering digunakan untuk hijab dan gamis atau sebagai variasi pakaian.

Buku Anti-Stress: Kain Nusantara yang ditulis Yulianto Qin bisa jadi referensi mengenal lebih banyak bahan kain yang ada di Indonesia. Termasuk jenis bahan crepe yang sekarang mungkin sudah banyak kamu temui sebagai bahan kain pakaian sehari-hari.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com