Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Memulai Bisnis Properti dari Awal dengan Modal Kecil dan Menjanjikan

Kompas.com - 28/12/2022, 10:30 WIB
cara bisnis properti Photo by nattanan23 on Pixabay cara bisnis properti
Rujukan artikel ini:
Modal Kecil Ingin Bisnis Properti…
Pengarang: Roby A
|
Editor Rahmad

Tempat tinggal atau rumah merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia dan harus dipenuhi untuk dapat hidup. Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk, maka kebutuhan akan rumah juga semakin meningkat.

Bisnis properti ini juga berkembang pesat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan tanah dan perumahan. Ketika menyadari bahwa bisnis properti sedang berkembang dan menguntungkan, kamu mungkin berpikir untuk mencoba bisnis properti.

Namun, kebanyakan orang berpikir bahwa memulai bisnis real estate membutuhkan banyak modal, yang membuat mereka patah semangat. Padahal, bisnis properti adalah salah satu contoh usaha modal kecil yang bisa dilakukan walaupun tanpa modal sekalipun.

Real estate terdengar seperti sesuatu yang sangat menjanjikan. Itulah sebabnya, banyak orang mencari cara bisnis properti dengan harapan akan mendapat banyak keuntungan darinya.

Namun kenyataannya, bisnis ini rumit. Masalah kecil saja kamu bisa kehilangan banyak. Itulah sebabnya, kamu perlu mengetahui cara bisnis properti dari awal untuk bisa memulainya dengan sukses.

Cara Bisnis Properti

Berikut ini cara bisnis properti yang bisa kamu lakukan dari awal untuk memulainya.

1. Mulailah dengan Properti yang Dimiliki

Semua orang ingin menemukan pemodal yang hebat untuk membantu mereka memulai bisnis real estat yang hebat. Misalnya pembangunan rumah, pembangunan rumah dan lain-lain. Namun, jika kamu tidak seberuntung itu, perdagangan real estate masih bisa dilakukan.

Ketika modal terbatas, cara bisnis properti pertama yang bisa kamu lakukan adalah memulai bisnis dari properti yang kamu miliki. Misalnya, dari rumah, menyewa garasi untuk bisnis, dan sebagainya.

2. Membantu Orang Menjual atau Menyewakan Propertinya

Dengan cara bisnis properti ini, kamu juga dapat membantu orang lain mengiklankan properti mereka dan bertindak sebagai broker. Margin yang ditetapkan pada harga apartemen adalah keuntungan kamu.

Perbanyaklah berkenalan dan belajar berkomunikasi dengan baik agar orang tertarik dengan apa yang kamu tawarkan.

3. Terlibat Dalam Investasi Properti

Sekarang kamu dapat berinvestasi di properti bersama. Ada banyak platform yang menawarkan ruang bagi pemilik properti dan investor.

Sistemnya kurang lebih sama dengan saham tradisional, di mana kamu bisa membeli real estat dengan harga beberapa persen. Kamu bisa mendapat untung dengan menyewakan atau menjual kembali real estat.

4. Buat Layanan Kost

Kamu juga bisa mengambil sisi lain dari bisnis properti seperti administrasi pensiun. Tidak semua pemilik pensiun tahu bagaimana mengelola pensiun dan mereka tidak punya waktu untuk khawatir.

Kamu bisa dengan sukarela menjadi pengelola kost dan menyediakan apa yang dibutuhkan pemiliknya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

5. Bangun Situs Web Properti

Jika kamu merasa nyaman menjadi agen properti, mungkin ingin mencoba tips membangun situs web real estat berikut. Halaman ini mungkin termasuk properti yang kamu tawar dan harganya. Website bisa membuat kamu terlihat lebih profesional.

6. Lihat Tren

Jika kamu ingin membeli properti untuk bisnis atau sebagai agen real estate, lihat tren properti. Lihat fitur apa yang disukai orang. Apakah apartemennya minimalis? Rumah industri? Tren bisa berubah setiap tahun.

7. Periksa Perubahan Harga

Harga real estate meningkat dari waktu ke waktu. Misalnya, harga rumah tahun ini pasti akan berbeda dengan tahun depan.

Selalu perbarui harga secara cermat dengan mengunjungi website real estate atau berita real estate untuk mengetahui persentase kenaikan harga dan faktor penyebabnya.

8. Lihat Lokasi dan Izin

Jika kamu ingin membeli properti untuk tujuan bisnis atau investasi, perhatikan lokasi dan akses ke properti tersebut. Apakah ini strategis? Apakah mudah diakses? Karena akses dan lokasi yang mudah membuat properti mudah digunakan dan dijual kembali.

9. Memahami Hukum

Untuk melakukan cara bisnis properti, kamu tentu perlu memahami undang-undang, terutama yang terkait dengan real estate.

Jika kamu tidak memahami ini, mungkin mengalami masalah di jalan. Cari tahu dari situs web terpercaya atau beli buku tentang kontrak properti dan real estate.

10. Pelajari Analitik

Untuk menjadi pengembang atau flipper (orang yang melakukan real estat setelah properti dijual), kamu perlu memiliki analisis yang tajam, terutama dalam hal properti. Analisis ini bisa disempurnakan dengan rajin membaca berita dan juga membiasakan menjual properti melalui sistem broker.

Buku Modal Kecil Ingin Bisnis Properti yang ditulis Roby A bisa kamu jadikan referensi untuk mengetahui lebih banyak tentang dunia bisnis properti. Ada banyak tips yang bisa kamu peroleh dalam buku ini agar bisa memulai bisnis properti dengan sukses.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com