Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa sih Bahaya Tidur Setelah Makan? Ini Dampak Negatif yang akan Kamu Dapatkan

Kompas.com - 29/11/2021, 18:00 WIB
Sumber Gambar : Freepik.com
Rujukan artikel ini:
50 Tips Sehat Menangkal Penyakit…
Pengarang: Prof.Dr.dr.Anies, M.Kes, PKK
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Apakah kamu pernah mengalami food coma atau merasa sangat mengantuk setelah selesai makan?

Ternyata hal ini dipengaruhi oleh banyak hal, bisa karena terlalu banyak makan dalam porsi yang besar, atau karena adanya perubahan sirkulasi darah yang ada di dalam tubuh.

Aliran darah ke bagian usus kecil biasanya akan meningkat drastis setelah makan, saat darah sedang dipompa ke usus untuk mendorong pencernaan, aliran darah yang ada di otak akan menurun dan akhirnya memunculkan rasa kantuk yang berlebihan.

Perlu diketahui bahwa kebiasaan tidur setelah makan ini berbahaya dan akan berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Bahaya Tidur Setelah Makan

1. Membahayakan Kesehatan Tubuh

Tidur setelah makan akan mengakibatkan adanya penumpukan lemak di dalam perut yang bisa mengganggu metabolisme gula dan menyebabkan penyakit diabetes mellitus atau gula darah.

Selain itu, kebiasaan tidur setelah makan ini juga akan membuat asam lambung yang ada di perut naik ke kerongkongan yang menyebabkan rasa mulas, mual, dada atau perut terasa nyeri, dan masih banyak dampak negatif lainnya.

Ada satu lagi penyakit yang mungkin masih agak asing di telinga, yaitu penyakit Gastroesophageal Reflux Disease atau biasa disebut GERD.

Memiliki kebiasaan tidur setelah makan akan menyebabkan katup yang ada di antara perut dan kerongkongan tidak bisa menutup dengan sempurna, yang mengakibatkan asam lambung kembali ke tenggorokan dan menyebabkan kerusakan pada selaput lendir.

2. Menurunkan Kualitas Tidur

Orang yang terbiasa tidur setelah makan biasanya akan mengalami kesulitan tidur di malam hari, padahal malam hari adalah waktu yang paling tepat untuk tidur setelah menjalani banyak aktivitas di siang harinya.

Sulit tidur ini biasanya dipengaruhi oleh kondisi perut yang tidak nyaman, yang membuat seseorang sulit untuk memejamkan mata dan berujung pada insomnia.

Makan yang terlalu banyak sebelum tidur juga bisa menimbulkan gangguan lain seperti sleep apnea, yaitu kondisi dimana nafas berhenti selama beberapa saat, yang akhirnya mengakibatkan otak kamu tidak bisa mendapatkan pasokan oksigen yang cukup. Baca selengkapnya Cara Tidur yang Berkualitas.

3. Kelebihan Berat Badan atau Obesitas

Saat kamu langsung tidur setelah selesai makan, tubuh kamu tidak akan punya waktu untuk mencerna makanan dan membakar kalori.

Kalori yang menumpuk ini sedikit demi sedikit akan berubah menjadi lemak yang tersimpan di dalam tubuh.

Lemak-lemak yang tersimpan di dalam tubuh ini menjadi faktor terbesar yang mengakibatkan seseorang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Usahakan untuk menunggu antara 2 sampai 3 jam sebelum tidur, karena dalam rentang waktu ini memungkinkan organ pencernaan sudah berhasil memproses asupan makanan ke usus kecil dan tidak berdampak pada pengaturan berat badan.

Kebiasaan langsung tidur setelah selesai makan ini harus sebisa mungkin kamu hindari sebelum banyak penyakit datang menyerang tubuh.

Kamu juga bisa melakukan beberapa cara yang bisa membantu mencegah dan mengurangi rasa kantuk yang berlebihan setelah selesai makan. Baca juga selengkapnya Tips Mengecilkan Perut.

Tips Mencegah Rasa Kantuk Setelah Makan

1. Mengonsumsi Makanan Sehat

Mencoba mengonsumsi makanan sehat bisa menjadi salah satu cara yang ampuh untuk menghindari kebiasaan buruk ini.

Cobalah untuk mengurangi makanan yang banyak mengandung gula, lemak, dan karbohidrat, serta jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih.

2. Jangan Langsung Berbaring Setelah Makan

Cara lain yang bisa membantu adalah dengan mencoba untuk tidak berbaring setelah selesai makan.

Kamu bisa coba untuk kembali produktif dan melakukan banyak aktivitas yang mampu membunuh rasa kantuk yang berlebihan, bisa dengan membaca buku, membersihkan rumah, belajar memasak, dan masih banyak kegiatan lain yang bisa kamu lakukan.

3. Rutin Olahraga

Lakukan olahraga yang ringan setiap habis makan minimal 20 sampai 30 menit per hari, aktivitas ini akan membantu kamu terhindar dari kebiasaan buruk tidur setelah makan dan membuat tubuh kamu menjadi lebih sehat.

Ada banyak sekali jenis olahraga yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan kebiasaan buruk ini, beberapa diantaranya bisa kamu bisa temukan dalam buku 50 Tips Sehat Menangkal Penyakit dengan Olahraga karya Prof.Dr.dr.Anies, M.Kes, PKK.

Buku ini juga akan membantu kamu menangkal dan mencegah munculnya penyakit-penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan buruk tidur setelah makan.

Buku ini cocok dibaca segala usia sebagai upaya untuk mengoptimalkan kondisi kesehatanmu.

Selain olahraga, ada banyak aktivitas lain yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa kantuk setelah makan dan membuat hari-hari kamu menjadi lebih produktif.

Kamu bisa menemukannya dalam buku 11 Ritual Tetap Aktif & Produktif: Buku Panduan Terancam Eksis karya Pratiwi A.

Buku ini akan membantu kamu untuk menjadi individu yang lebih produktif tapi tetap bisa mengatur waktu dengan baik, dan bisa membagi kapan waktu untuk beraktivitas dan kapan waktu untuk beristirahat.

Kedua buku ini bisa kamu temukan dan kamu pesan melalui online di Gramedia.com atau kamu juga bisa membeli versi e-booknya di Gramedia Digital.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com