Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Membuat Lagu untuk Pemula

Kompas.com - 15/12/2022, 12:00 WIB
 Cara Membuat Lagu Sumber Gambar: Pexels.com Cara Membuat Lagu
Rujukan artikel ini:
Guitar Guide Mahir Bermain Gitar…
Pengarang: Frangky Hernusa
|
Editor Ratih Widiastuty

Cara membuat lagu untuk pemula tentunya akan memudahkan orang-orang dalam menciptakan sebuah karya musik yang tidak hanya sekadar enak di telinga, tapi juga memiliki makna dan lirik yang mendalam.

Lagu sendiri adalah media yang tidak hanya dapat menghibur lewat musik dan lirik, tapi juga biasanya mampu terkoneksi dengan pendengar karena ikatan emosi yang terasa relate.

Apalagi saat ini sudah mudah sekali untuk bisa belajar dalam membuat lagu melalui akses media sosial dan dunia maya yang banyak memberikan informasi dan wawasan untuk melakukannya.

Menciptakan sebuah lagu juga dibutuhkan rasa dan emosi yang kuat di dalamnya agar alunan musik dan lirik yang tercipta tidak hanya enak didengar, tapi juga mampu mencuri hati para pendengarnya.

Namun, sebelum membuat sebuah lagu, kita harus memahami terlebih dahulu apa itu melodi dan lirik agar keduanya dapat menciptakan harmoni yang mampu memanjakan telinga dan perasaan.

Keduanya tidak bisa dipisahkan dalam proses kreatif membuat lagu karena melodi dan lirik adalah kunci utama dalam menciptakan alunan musik yang memikat.

Bukan hanya karena suara dan teknik bernyanyi saja yang bisa membuat sebuah lagu menjadi bagus dan enak didengar, proses dan cara membuatnya pun tak luput menjadi faktor penentu yang menjadikannya disukai banyak orang.

Maka dari itu, tentukan dan cari inspirasi yang memicu untuk menciptakan sebuah lagu, baik ketika tengah di toilet, sebelum tidur, atau bahkan saat melamun sekali pun.

Lalu, apa langkah selanjutnya yang bisa dilakukan dalam proses kreatif penciptaan sebuah lagu? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

Cara Membuat Lagu

1. Menentukan Jenis Lagu

Ketika inspirasi lagu sudah didapatkan, kini saatnya untuk menentukan jenis lagu seperti apa yang ingin dibuat.

Beberapa jenis lagu seperti romansa, inspirasi, galau, atau bahkan kegembiraan bisa dipilih sebagai alternatif dalam menciptakan sebuah lagu.

Biasanya tidak akan sulit untuk menentukan jenis lagu apa yang dipilih karena jika sudah mendapatkan inspirasi, maka sudah tahu arah dari lagu yang akan diciptakan.

Menentukan jenis lagu ini pun merupakan proses yang penting dalam menentukan hasil akhir dari lagu yang dibuat.

2. Menentukan Genre Lagu

Jika mood lagu sudah didapatkan, maka langkah selanjutnya adalah menentukan aliran musik seperti apa yang ingin dimasukkan ke dalam lagu tersebut.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Alangkah jauh lebih baik jika genre lagu disesuaikan dengan mood lagunya sendiri agar keduanya dapat sinkron menciptakan emosi dan rasa di dalamnya.

Contohnya jenis lagu galau akan cocok dengan genre pop, romansa dengan genre RnB, atau suka cita dengan genre dangdut.

Hal ini penting sekali untuk dipikirkan agar lagu yang diciptakan bisa memiliki jiwa untuk dirasakan oleh pendengar.

3. Membuat Lirik Lagu

Membuat lirik lagu juga menjadi hal yang krusial dalam proses kreatif menciptakan sebuah lagu, karena lirik yang dalam bisa menyalurkan rasa dan makna pada pendengar.

Carilah kata-kata yang indah, sederhana, dan mudah diresapi agar pendengar dapat menerimanya dengan telinga terbuka.

4. Menentukan Nada Dasar

Tahap selanjutnya adalah menentukan kunci dan nada dasar sebagai patokan range nada agar bisa menentukan seberapa tinggi nada vokal yang bisa dicapai oleh penyanyi saat menyanyikannya.

Biasanya kunci dasar G dipilih untuk vokal perempuan, sementara kunci dasar C dipilih untuk vokal laki-laki.

5. Membuat Nada Lagu

Langkah terakhir yang dilakukan adalah membuat nada lagu, mulai dari intro, middle, dan outro.

Hal ini tentunya bersifat teknis dan mungkin dibutuhkan pengetahuan dasar tentang nada untuk melakukannya.

Maka dari itu, kamu bisa mempelajarinya dalam buku Guitar Guide: Mahir Bermain Gitar Tanpa Kursus yang akan memandu kamu dalam belajar bermain gitar agar bisa lebih memahami nada untuk memperkuat insting dalam membuat lagu.

Banyak sekali hal yang bisa kamu pelajari secara otodidak melalui buku ini, seperti belajar melodi, penggunaan chord pada lagu, macam-macam chord, tips memilih gitar, tips merawat gitar, tips mudah bermain gitar, tips mencari chord, dan lain-lain.

Yuk, langsung order bukunya di Gramedia.com.

Selain itu, dapatkan gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com