Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membanggakan, Ini 9 Pakaian Adat Indonesia yang Mendunia

Kompas.com - 13/12/2022, 10:30 WIB
Pakaian Adat Indonesia yang Mendunia Photo by Deddy_Sunarto on Pixabay Pakaian Adat Indonesia yang Mendunia
Rujukan artikel ini:
Ensiklopedia Negeriku: Pakaian Adat
Pengarang: Dian K & Agnes…
|
Editor Rahmad

Ada beberapa pakaian adat Indonesia yang mendunia dan mengharumkan nama bangsa dengan prestasinya. Hal membagakan ini tentu bisa jadi pemicu kita untuk terus menjaga nilai budaya ini sebagai identitas bangsa.

Pakaian Adat Indonesia yang Mendunia

Berikut ini beberapa pakaian adat Indonesia yang mendunia dan terkenal hingga mancanegara:

1. Pakaian Adat Bali

Bali merupakan primadona pariwisata Indonesia yang juga kaya akan keindahan alam, seni dan budaya yang unik termasuk pakaian tradisionalnya.

Perwakilan Indonesia tampil memukau dengan busana adat Bali di Miss Grand International 2021. Sophia Rogan merupakan perwakilan Indonesia di Miss Grand International 2021. Ini membuat pakaian Adat bali terkenal hingga mancanegara.

2. Pakaian Adat dari Jawa Tengah

Jawa Tengah memiliki kekayaan budaya yang dapat dilihat dari berbagai pakaian adatnya. Surjan dan Jawi Jangkep adalah contoh baju adat pria yang sering dipakai tidak hanya oleh orang Indonesia tetapi juga oleh orang asing yang telah mencobanya.

Bahkan blanko sudah digunakan oleh tokoh terkenal dunia yaitu Bill Gates. Ini tentu jadi tanda pakaian adat indonesia sudah dikenal hingga mancanegara.

3. Pakaian Adat Aceh

Di Aceh pakaian adat disebut Ulee Balang. Dulu, kostum ini hanya dikenakan oleh para bangsawan. Karena bahannya mewah dan memiliki bordiran emas serta aksesoris berupa logam mulia asli.

Skema warna yang bagus. Selain itu, pakaian dilengkapi sarung untuk pria dan wanita. Ulee Balang sendiri untuk laki-laki, Linto Baro dan Daro Baro untuk perempuan. Saat ini, menurut adat Aceh, pakaian adat dikenakan pada upacara pernikahan pengantin wanita.

4. Busana Adat Lampung

Penduduk Lampung saat ini bersifat heterogen dan terdiri dari berbagai kelas sosial. Namun, masih banyak yang asli dari Lampung. Dalam konteks ini, pakaian adat masih awet. Itu masih digunakan untuk acara-acara penting seperti pernikahan tradisional.

Pakaian tradisional berwarna putih dengan lengan panjang. Di bawahnya ada celana hitam panjang. Biasanya memakai sarung tumpal bersulam emas agar terlihat mewah. Selain itu, mereka juga menggunakan kain berhias ringgit agar tampilannya semakin elegan.

5. Pakaian Adat Sumatera Selatan

Mengingat kejayaan Sriwijaya di masa lampau, busana adat provinsi ini juga mewujudkan keagungan kerajaan tersebut. Layaknya raja dan ratu, pakaian adat mereka cukup mewah dan cukup menawan.

Berdasarkan warna merah, pakaian adat digunakan dalam pernikahan adat. Kesan mewah terlihat dari interior pakaian serta riasan dan aksesorisnya. Tidak hanya itu, pakaiannya juga memberikan gambaran tentang kehebatan bangsanya.

Pada tahun 2017, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel berpartisipasi dalam Pameran International Tourism-Börse Berlin (ITB) yang diadakan di Masse, Jerman pada tanggal 8-12 Maret 2017 untuk menampilkan budaya lokal.

Salah satu yang dipamerkan adalah Duta Pariwisata Sumsel Ratih Anggraini dan finalis Puteri Sumsel 2014 Novi Triyastuti, busana adat Sumsel. Ini membuat pakaian adat Indonesia yang mendunia dari Sumatera selatan.

6. Pakaian Adat Bengkulu

Masih ada sedikit percampuran dengan Melayu, sehingga pakaian adatnya masih memiliki nuansa Melayu. Bordir emas dan mahkota yang sempurna. Pakaiannya disebut Melayu Bengkulu.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Baju adat ini hanya dikenakan saat pesta pernikahan. Untuk wanita, busananya adalah baju kuning dengan koin emas yang dihiasi kain beludru. Celana pria dengan sarung, jaket hitam, sepatu dan topi.

7. Pakaian Adat Betawi

Orang Betawi berdomisili di DKI Jakarta, sehingga pakaian adat mereka juga memiliki baju Betawi yang khas. Busana yang dikenakan pada saat pesta pernikahan disebut Care Haji dan Care None Pengantin Chine. Anak laki-laki mengenakan terusan dari beludru halus.

Selain itu, ia juga memakai topi Alpie-alias dan mokasin di kakinya. Pengantin wanita mengenakan pakaian adat betawi dengan gaya Cina yang terbuat dari satin halus. Roknya bergaya putri duyung gelap. Selain itu, gunakan sanggul untuk tampilan yang lebih elegan.

8. Busana Adat Yogyakarta

Busana daerah ini dikenal karena sering dikenakan dalam berbagai acara formal seperti pernikahan.

Pakaian adat disebut dodotan dengan kain dodotan sepanjang 5 meter berlambang lambang raja.

Sementara itu, ia berbaikan dengan Paes Ageng, seorang perempuan berkening hitam dengan hiasan emas. sedangkan pengantin pria mengenakan Ukel Ngore, Cunduk Mentul dan Kuluk.

Cukup rumit sebenarnya, namun setiap busana yang dikenakan kedua mempelai memiliki filosofinya masing-masing. Selain itu, dalam pakaian adat sehari-hari, blangkon biasanya digunakan untuk pria dan sanggul untuk wanita.

9. Pakaian Adat Lampung

Pakaian adat Lampung biasanya dikenakan untuk acara-acara penting seperti pernikahan atau untuk menyambut tamu. Baju adat Lampung yang khas ini berwarna putih dan berlengan panjang.

Saat kedua mempelai mengenakan busana adat ini, mereka juga mengenakan kain berhias ringgit yang membuat tampilan semakin anggun.

Buku Ensiklopedia Negeriku: Pakaian Adat yang ditulis Dian K dan Agnes Bemoe cocok untuk referensi belajar anak-anak mengenal pakaian adat Indonesia. Ini juga bisa jadi cara menjaga dan melestarikan budaya dengan mengenalkan pakaian adat di Indonesia sejak kecil.

Selain itu, lebih membanggakan lagi jika ada pakaian adat Indonesia yang sudah mendunia. Ini adalah berkat dari upaya menjaga dan melestarikan pakaian adat agar tetap populer dengan segala nilai budayanya.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com