Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Buku Menulis Makalah Terbaik dan Terlengkap

Kompas.com - 05/12/2022, 10:30 WIB
Rekomendasi Buku Menulis Makalah Photo on Gramedia.com Rekomendasi Buku Menulis Makalah
Rujukan artikel ini:
Teknik Kilat Menulis Makalah Seminar,…
Pengarang: Nugraha Yb
|
Editor Rahmad

Apakah kamu ada tugas makalah yang harus diselesaikan? Tepat sekali, kamu bisa gunakan rekomendasi buku menulis makalah untuk jadi pedoman untuk membuat makalah yang bagus. Bagi mahasiswa dan pelajar pasti sangat perlu panduan menulis makalah ini.

Rekomendasi Buku Menulis Makalah

Berikut ini rekomendasi buku menulis makalah yang bisa kamu jadikan referensi belajar membuat makalah yang baik dan benar:

1. Teknik Kilat Menulis Makalah Seminar, Presentasi, Proposal Skripsi, Tesis dan Disertasi

Buku Teknik Kilat Menulis Makalah Seminar, Presentasi, Proposal Skripsi, Tesis dan Disertasi ini menyajikan cara kilat mengelola pikiran untuk kemudian diterjemahkan ke dalam teks. Yakni berupa susunan huruf, kata, kalimat, paragraf, dan kesatuan wacana, sehingga jadi berbagi makalah.

Antara lain makalah seminar, presentasi, skripsi, bahkan disertasi. Kamu tidak butuh waktu lama untuk bisa mempelajari buku ini. Bagi kamu yang hendak menulis berbagai makalah cukup meluangkan waktu memahami beberapa poin di dalam buku praktis ini.

Selain itu, ada beberapa tambahan untuk tiap pembahasan penulisan agar pembaca dapat mempersiapkan semuanya secara mendasar. Tiap pembahasan dalam buku ini diharapkan bisa membantu pembaca menulis setiap objek tanpa banyak kendala.

Terutama dari segi teknis menulis makalah seminar, presentasi, skripsi, tesis, dan disertasi yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.

2. Panduan Penulisan Karya Ilmiah (Makalah, Review Buku, Skripsi dan Jurnal Ilmiah)

Karya ilmiah termasuk di dalamnya adalah skripsi tesis, disertasi dan makalah lainnya berbeda dengan tulisan lepas biasa. Di dalam penulisan berbagai makalah dan karya ilmiah lain terdapat kaidah-kaidah yang berlaku.

Kaidah-kaidah tersebut dapat dijadikan sebagai pedoman dalam penulisan skripsi dan karya ilmiah lain yang baik dan benar. Melalui karya ilmiah ini, kamu dapat mengungkapkan pikirannya secara sistematis sesuai dengan kaidah-kaidah keilmuan yang benar.

Ini mengacu pada hasil kajian pustaka yang bersumber baik dari publikasi ilmiah dalam bentuk jurnal, artikel, buku teks, makalah, prosiding, atau juga publikasi internet lainnya. Seperti pengamatan lapangan, penelitian historis atau kajian kepustakaan.

Buku Panduan Penulisan Karya Ilmiah (Makalah, Review Buku, Skripsi dan Jurnal Ilmiah) ini dibuat dalam rangka meramu kaidah-kaidah yang berlaku tersebut agar terjadi penyelarasan dalam penulisan skripsi dan karya ilmiah, sehingga mudah dipahami.

3. Menulis Makalah Ilmiah: Sebuah Tinjauan Teoritis dan Praktis

Buku Menulis Makalah Ilmiah: Sebuah Tinjauan Teoretis dan Praktis ini disusun dalam empat bab yang berisi materi tentang menulis makalah ilmiah. Ada materi tentang hakikat karya tulis ilmiah, makalah dan ruang lingkupnya, sistematika makalah ilmiah, dan penggunaan ejaan bahasa Indonesia dalam karya tulis ilmiah.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Penulisan buku ini dilatarbelakangi fenomena masih tingginya kesulitan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah, termasuk menulis makalah. Padahal, menulis ilmiah dalam bentuk makalah adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh mahasiswa selama masa studi.

Oleh sebab itu, buku ini disusun sebagai wadah bagi para pembaca untuk mengasah kemampuan dan keterampilan dalam menulis karya ilmiah,dalam hal ini adalah makalah dengan baik dan benar.

Selain itu, buku ini tidak hanya menyajikan teori-teori, tetapi juga dilengkapi dengan contoh praktis untuk modal dasar dalam menulis makalah ilmiah.

4. Komponen-komponen Karya Tulis Ilmiah

Buku Komponen-komponen Karya Tulis Ilmiah ini juga bisa jadi rekomendasi buku menulis makalah yang kamu gunakan. Berisi tentang karya karya tulis segenap aspek yang membangun karya tulis ilmiah yang bersangkutan cocok untuk yang masih pemula.

Istilah komponen ini sering juga disebut dengan unsur-unsur, bagian-bagian, atau aspek-aspek yang perlu diperhatikan saat membuat karya tulis ilmiah.

5. Karya Tulis Ilmiah : Teori Dan Terapan

Perlu kamu tahu bahwa pemahaman yang baik tentang menulis dan karya tulis ilmiah menentukan kelancaran proses dan kualitas karya tulis ilmiah yang dihasilkan nantinya. Nah, buku ini ditulis berdasarkan bahan menulis karya ilmiah dan metodologi penelitian itu.

Termasuk pengalaman membimbing skripsi, tesis, dan disertasi serta diskusi dengan para akademisi dan pemerhati menulis yang juga turut mewarnai kelahiran buku ini.

Buku Karya Tulis Ilmiah : Teori Dan Terapan ini mengemukakan teori praktis, model atau contoh seperti contoh saran dalam makalah, dan petunjuk teknis tentang menulis dan karya tulis ilmiah lainnya.

Dengan sajian seperti itu, diharapkan buku ini mampu memenuhi kebutuhan dan memantik keinginan pembaca.Terutama untuk menulis karya tulis ilmiah, mempresentasikannya, dan mempublikasikannya.

Menulis karya ilmiah adalah sesuatu proses Oleh sebab itu, jadi berproseslah sedini mungkin, sesering mungkin, dan sesungguh mungkin. Itulah sebabnya, kamu bisa mulai mempelajarinya dengan rekomendasi buku menulis makalah di atas yang bisa didapatkan di gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com