Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Buku yang Membahas Tentang Contoh Rumusan Masalah

Kompas.com - 01/12/2022, 16:30 WIB
rekomendasi buku untuk mempelajari rumusan masalah Sumber: pixabay rekomendasi buku untuk mempelajari rumusan masalah
Rujukan artikel ini:
Metodologi Penelitian
Pengarang: Ade Ismayani
|
Editor Rahmad

Saat menempuh pendidikan, biasanya kita akan diberikan tugas untuk membuat sebuah makalah. Biasanya, tema dalam makalah tersebut sudah ditentukan oleh pihak pendidik. Sebuah makalah yang baik, diikuti dengan isi dari makalah yang lengkap dan sesuai dengan tema.

Beragam hal yang termasuk ke dalam tema akan dibahas di dalam makalah tersebut, biasanya bisa dalam bentuk pertanyaan atau disebut dengan istilah rumusan masalah.

Untuk jenjang pendidikan perguruan tinggi, kegiatan penelitian dan membuat makalah menjadi salah satu fase yang harus dilewati sebelum nantinya para mahasiswa ini dinyatakan lulus dari perguruan tinggi.

Itu merupakan bentuk pertanggungjawaban dari kegiatan penelitian yang dilakukan, kamu akan diminta untuk menuliskannya ke dalam bentuk laporan. Biasanya, berisi mulai dari latar belakang penelitian, contoh rumusan masalah, hasil temuan di lapangan, sampai kepada kesimpulan.

Untuk kamu yang sedang menulis makalah atau sedang bingung dalam membuat rumusan masalah, maka berikut ini rekomendasi buku metode penelitian yang di dalamnya juga membahas tentang contoh rumusan masalah.

Rekomendasi Buku yang Membahas Contoh Rumusan Masalah

1. Metodologi Penelitian

Penelitian adalah salah satu cara untuk bisa mendapatkan ilmu pengetahuan yang harus didasari oleh proses berpikir ilmiah yang dituangkan ke dalam metode ilmiah. Penelitian yang dilakukan menggunakan suatu metode ilmiah mengandung dua unsur penting, yaitu pengamatan (observasi) dan penalaran (reason).

Metode ilmiah sendiri didasari oleh pemikiran bahwa jika suatu pernyataan ingin diterima sebagai suatu kebenaran, maka harus bisa diuji kebenarannya secara empiris. Jadi, ketepatan dalam metode penelitian menjadi sangat penting, terutama dalam membuat rumusan masalah.

Buku Metodologi Penelitian karya Ade Ismayani menyediakan pengetahuan mengenai metode penelitian dan di dalamnya juga dikemukakan beberapa aplikasi, serta beberapa contoh termasuk contoh rumusan masalah.

Buku ini bisa digunakan oleh para mahasiswa yang sedang mempelajari metodologi penelitian, mahasiswa tingkat akhir, atau para peneliti mudah.

2. Metodologi Penelitian : Lengkap, Praktis, Dan Mudah Dipahami

Buku karya V. Wiratna Sujarweni adalah buku yang menjadi bagian dari pengayaan literatur dalam mengenal metodologi penelitian termasuk contoh rumusan masalah di dalamnya, yang sudah banyak ditulis.

Buku ini ditulis berdasarkan literatur yang luas yang akan dipaparkan ke dalam beberapa bab. Melalui buku ini, penulis berharap bisa menjadi tuntutan bagi mahasiswa ataupun peneliti yang menghendaki adanya buku panduan penelitian yang lengkap, praktis, dan juga mudah untuk dipahami.

Buku ini juga didesain untuk mudah dipahami oleh siapa saja yang memerlukn pengetahuan tentang metodologi penelitian serta contoh rumusan masalah di dalamnya.

3. Belajar Mudah Metodologi Penelitian

Metodologi penelitian merupakan salah satu cara atau metode yang digunakan untuk melakukan sebuah penelitian. Metodologi penelitian ini berisikan sekumpulan peraturan, kegiatan, serta prosedur yang digunakan untuk menyelesaikan sebuah rumusan masalah atau penelitian pada suatu objek tertentu.

Buku ini terbagi ke dalam 8 bab, yaitu:

Bab 1 - Dasar-dasar Penelitian

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Bab 2 - Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif

Bab 3 - Unsur-Unsur Dasar Penelitian

Bab 4 - Unsur Penelitian Kualitatif

Bab 5 - Unsur Penelitian Kuantitatif

Bab 6 - Penelitian Pendidikan: Penelitian Tindakan Kelas

Bab 7 - Perancangan Penelitian Kesehatan

Bab 8 - Pelaksanaan dan Pelaporan Penelitian

4. Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis Dan Aplikatif

Kesadaran akan pentingnya dalam memahami metodologi penelitian atau research methods, menjadikan bidang ilmu akan menjadi semakin banyak peminatnya. Hasil riset pada sektor apapun juga dibutuhkan sebagai dasar untuk membuat keputusan oleh para pengambil keputusan untuk bisa menetapkan strategi atau langkah yang diperlukan.

Buku ini menjelaskan mengenai ilmu pengetahuan, perbedaan penelitian antara kualitatif dan kuantitatif, jenis-jenis penelitian, contoh rumusan masalah, serta pembahasan lainnya yang berhubungan dengan metodologi penelitian. Buku ini juga menyertakan contoh proposal usulan penelitian.

5. Menulis Ilmiah: Metode Penelitian Kualitatif

Buku edisi kedua penulisan ilmiah metodologi penelitian kualitatif ini adalah kelanjutan dari buku Penulisan Ilmiah Kualitatif dengan rajutan metodologi dan metode riset. Disertai juga hal teknis lainnya yang mendukung.

Buku edisi kedua ini mengembangkan pembahasan mengenai bentuk riset kualitatif serta proses penulisannya. Pengenalan riset kualitatif, serta topiknya. Menulis naratif tradisi kualitatif dan struktur naratif sebagai core dari penulisan kualitatif itu sendiri. disertai juga bagian-bagian yang penting dalam penulisan kualitatif beserta contoh.

Itulah 5 rekomendasi buku tentang metodologi penelitian, yang didalamnya dilengkapi juga dengan contoh rumusan masalah yang bisa menjadi panduan atau referensi kamu untuk memahami cara membuat rumusan masalah.

Semua buku-buku di atas, bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com