Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Berbahaya Bagi Tubuh, Ini 6 Jenis Kepiting Laut yang Aman untuk Dimasak dan Dikonsumsi

Kompas.com - 03/12/2022, 13:00 WIB
Jenis Kepiting Laut Sumber Gambar: Freepik.com Jenis Kepiting Laut
Rujukan artikel ini:
Kumpulan Resep Seafood Mantap
Pengarang: Tim Dapur Demedia, Zee…
Penulis Okky Olivia
|
Editor Puteri

Bagi para pecinta seafood, tentunya sudah tidak asing lagi dengan menu olahan kepiting.

Rasa kepiting yang khas dengan daging yang lembut dan dipadukan dengan saus bumbu yang kental tentunya tidak bisa ditolak oleh siapapun.

Meski harganya terbilang cukup mahal, masih banyak orang yang rela merogoh kantong dalam-dalam demi bisa menikmati lezatnya olahan kepiting.

Kepiting sendiri memiliki berbagai macam jenis, mulai dari kepiting hias sampai kepiting laut.

Ada kepiting yang aman dan lezat untuk dimasak serta dikonsumsi, namun ada pula beberapa jenis kepiting yang dikenal beracun dan harus dihindari.

Sebagai panduan, berikut adalah 5 jenis kepiting laut yang aman untuk dimasak dan dikonsumsi, bahkan dikenal memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh.

6 Jenis Kepiting Laut yang Aman Dikonsumsi

1. Kepiting Suji

Kepiting suji atau kepiting laut dikenal memiliki perisai tubuh yang relatif tipis dengan bentuk badan yang agak lonjong dan berbintik-bintik.

Jenis kepiting yang satu ini memiliki tubuh berwarna hijau kemerah-merahan, sementara bobotnya sendiri mencapai 500 gram untuk kepiting jantan dan 350 gram untuk kepiting betina.

Kepiting suji yang hidup di lautan lepas atau di pinggir laut ini dikenal sebagai salah satu jenis kepiting yang aman dan lezat untuk dikonsumsi.

2. Kepiting Bakau

Sebagai negara maritim, kepiting bakau menjadi salah satu jenis kepiting yang sangat mudah ditemukan di berbagai pulau di Indonesia.

Kepiting bakau ini sendiri memiliki ukuran yang cukup besar, yakni sebesar sejengkal tangan manusia bahkan bisa sampai 2 atau 3 kali lipatnya.

Tak hanya mudah ditemukan, kepiting bakau juga memiliki berbagai macam warna mulai dari kepiting bakau ungu, hijau, oranye, dan masih banyak lagi.

3. Kepiting Rajungan

Rajungan juga termasuk jenis kepiting yang paling populer dan paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Ciri kepiting rajungan ini adalah warna cangkangnya yang sedikit biru keputihan dengan bintik-bintik yang mengelilingi seluruh cangkangnya.

Pada bagian capitnya sendiri memiliki bentuk yang lonjong dan kecil, sedangkan untuk rasanya, kepiting rajungan dikenal memiliki tekstur daging yang lembut dan gurih setelah dimasak.

4. Kepiting Soka

Kepiting soka merupakan salah satu jenis kepiting yang memiliki cangkang lunak, sehingga bisa langsung dimasak tanpa harus memisahkan daging dari cangkangnya.

Tidak hanya di Indonesia, kepiting soka juga banyak ditemukan di beberapa wilayah lain seperti di Afrika, Jepang bagian selatan, dan Australia.

Kepiting soka memiliki kandungan protein tinggi dan asam amino seperti omega 3 dan omega 6 sehingga aman dan bergizi untuk dikonsumsi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

5. Kepiting Batu

Kepiting batu atau rock crab dikenal memiliki cangkang halus yang berwarna merah kecokelatan dengan sepasang cakar yang besar.

Dengan capit yang lumayan besar, kepiting batu bisa dengan mudah melepaskan diri dari predator saat di alam bebas.

Kepiting batu ini dikenal memiliki daging yang manis dan lembut, bahkan tak jarang disebut mirip dengan daging lobster, jadi tidak heran kalau kepiting batu ini dibanderol dengan harga yang relatif mahal.

6. Kepiting Kenari

Kepiting kenari atau biasa disebut juga sebagai kepiting kelapa termasuk salah satu jenis kepiting dengan cangkang besar.

Disebut kepiting kelapa karena cangkangnya sering kali digunakan untuk mengupas sabut kelapa.

Berbeda dibandingkan jenis kepiting lainnya, kepiting kenari saat ini sudah cukup langka dan mulai jarang dikonsumsi oleh masyarakat.

Itu dia 6 jenis kepiting yang dikenal aman untuk dikonsumsi manusia dan bahkan dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Sayangnya, masih banyak orang yang berpendapat kalau mengonsumsi seafood bisa menyebabkan kegemukan, padahal pendapat tersebut tidak bisa dibenarkan.

Makanan laut atau seafood justru mengandung sedikit lemak, namun tinggi protein, vitamin, dan mineral yang bisa membantu menjaga berat badan sekaligus berguna bagi kesehatan jantung.

Buat kamu yang membutuhkan rekomendasi masakan seafood selain kepiting, kamu bisa temukan berbagai resepnya dalam buku Kumpulan Resep Seafood Mantap karya Tim Dapur Demedia.

Buku ini berisi lebih dari 200 resep olahan seafood mulai dari udang, kepiting, ikan, dan masih banyak lagi.

Untuk mempermudah dalam proses memasaknya, resep masakan dalam buku ini sudah dikelompokkan berdasarkan jenis masakannya, mulai dari masakan tradisional, western, sampai masakan asia.

Selain itu, kamu juga bisa temukan berbagai resep lainnya dalam buku Seri Teman Makan Nasi: Lauk Telur, Daging, Ayam, dan Seafood Favorit Keluarga karya Indriani.

Tak cuma sayur, ayam, daging, dan seafood juga bisa dijadikan sebagai lauk pendamping nasi yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh.

Dalam buku ini, kamu akan belajar mengolah berbagai macam lauk dengan bahan-bahan yang mudah didapat di sekitar rumah, namun tetap memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Dengan mempelajari resep-resep yang ada dalam buku ini, kamu bisa menghidangkan makanan yang berbeda dari hari ke hari, sehingga tidak terasa monoton dan membosankan.

Buku ini bisa kamu dapatkan melalui Gramedia.com, sementara format e-book bisa kamu akses melalui Gramedia Digital.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com