Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 7 Ciri-Ciri Orang Hamil Dilihat dari Raut Wajahnya, Mudah Dikenali dan Ditebak

Kompas.com - 16/01/2023, 16:00 WIB
Ciri-Ciri Orang Hamil dari Raut Wajah Sumber Gambar: Freepik.com Ciri-Ciri Orang Hamil dari Raut Wajah
Rujukan artikel ini:
Buku Pintar Ibu Hamil
Pengarang: Tim Naviri
Penulis Okky Olivia
|
Editor Puteri

Kehamilan menjadi salah satu fase yang paling membahagiakan sekaligus menegangkan bagi para wanita, khususnya bagi mereka yang baru pertama kali mengalaminya.

Pada umumnya, kehamilan bisa dibuktikan dengan alat uji kehamilan alias test pack yang biasanya digunakan sekitar 1 sampai 2 minggu setelah seseorang terlambat datang bulan.

Saat hamil, seorang wanita tentunya akan merasakan beberapa perubahan hormon pada tubuhnya, biasanya ditandai dengan mual atau muntah di pagi hari, berat badan naik secara drastis, malas beraktivitas, dan mengalami perubahan pada raut wajah.

Dalam beberapa kasus, perubahan hormon selama kehamilan memang bisa membuat banyak perubahan pada wajah, dan ini tentunya bisa lebih mudah dikenali oleh orang-orang di sekitarnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada 7 ciri-ciri orang hamil yang bisa dengan mudah terlihat dari perubahan pada raut wajahnya.

7 Ciri-Ciri Orang Hamil Dilihat dari Raut Wajah

1. Jerawat

Tidak hanya muncul saat menstruasi, jerawat biasanya juga menjadi salah satu masalah yang dialami oleh wanita hamil.

Peningkatan hormon pada orang hamil akan membuat produksi minyak jadi makin meningkat dan memicu timbulnya jerawat, dan biasanya butuh waktu sedikit lebih lama untuk menghilangkannya.

Pada wanita hamil, jerawat biasanya muncul di sekitar area wajah seperti dahi, pipi, dagu, dan beberapa area yang sering terkena polusi atau paparan debu.

2. Munculnya Flek Hitam

Flek hitam sebenarnya adalah masalah yang umum pada kulit, tapi ini juga bisa menjadi salah satu ciri untuk bisa mengenali wanita hamil.

Flek hitam di masa kehamilan disebut dengan istilah melasma dan chloasma, biasanya muncul di area wajah seperti dahi, hidung, pipi, dan bibir.

3. Kulit Wajah Memerah

Kemerahan pada kulit wajah juga termasuk ciri-ciri orang hamil yang tentunya bisa dengan mudah terlihat dari luar.

Kondisi ini tentunya terjadi karena perubahan hormon selama kehamilan, biasanya terlihat di bagian pipi, hidung, dagu, dan dahi.

Selain faktor hormon, tubuh wanita hamil biasanya akan menghasilkan lebih banyak darah yang akan melebarkan pembuluh darah, inilah yang akhirnya membuat kulit terlihat memerah.

4. Area Kulit Wajah Membengkak

Ciri-ciri selanjutnya adalah wajah yang bengkak di area wajah, sehingga wanita hamil akan tampak lebih bulat dan tembem, tapi masalah ini akan hilang setelah melahirkan.

Saat hamil, seseorang akan mengalami peningkatan sirkulasi darah di bagian selaput lendir yang akan membuat hidung dan pipi tampak lebih besar dan bengkak.

5. Mata Sembab

Kondisi ini pada umumnya terjadi juga karena adanya pembengkakan pada pembuluh darah, atau karena kelelahan selama masa kehamilan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Ciri ini sebenarnya hanya dialami oleh sebagian wanita hamil, biasanya di masa trimester pertama kehamilan, dan pelan-pelan akan hilang dengan sendirinya.

6. Pembuluh Darah Terlihat

Pada wanita hamil, bagian pembuluh darah kecil atau kapiler akan terlihat lebih jelas dibandingkan saat sebelum hamil.

Kondisi ini disebut dengan istilah spider vein, biasanya terjadi karena adanya perubahan hormon dan peningkatan volume darah di dalam tubuh.

Spider Vein biasanya muncul di area wajah, leher, serta lengan, tapi kondisi ini tidak berbahaya dan akan memudar setelah bayi lahir.

7. Kulit Wajah Lebih Cerah

Tidak selamanya orang hamil akan mengalami masalah pada wajah, karena dalam beberapa kasus, ada wanita hamil yang wajahnya justru terlihat lebih cerah dan berkilau.

Kulit wajah yang terlihat lebih cerah ini terjadi karena adanya peningkatan produksi darah pada tubuh selama masa kehamilan, juga karena produksi kelenjar minyak yang terlalu berlebihan pada bagian wajah.

Itulah beberapa ciri-ciri orang hamil yang bisa dengan mudah dilihat dari raut wajahnya.

Tapi sayangnya, tidak semua tanda-tanda tersebut muncul pada orang hamil atau bahkan dijadikan sebagai tolok ukur kehamilan, jadi akan lebih baik kalau kamu tetap gunakan test pack atau langsung periksa ke dokter ahli.

Seorang wanita tentunya harus memiliki bekal yang cukup saat menghadapi masa kehamilan, terutama bagi wanita yang baru saja menikah dan merasakan kehamilan pertama.

Sebagai rekomendasi, kamu bisa membaca Buku Pintar Ibu Hamil yang ditulis oleh Tim Naviri

Buku ini bisa dijadikan sebagai panduan untuk para wanita yang akan segera menjadi ibu, pembahasannya pun lengkap mulai dari masa sebelum, selama, dan sesudah kehamilan.

Kamu akan belajar bagaimana cara menjaga kesehatan ibu hamil dan janin, contoh pola makan yang sehat, cara memahami pertumbuhan janin, dan cara mengatasi masalah yang biasanya dialami selama kehamilan.

Tidak lupa, tim penulis juga menambahkan beberapa tips penting seperti tips memilih dokter kandungan, tips mengatasi mual, tips mengatasi nyeri pinggang, sampai tips merawat kebugaran dan kesehatan selama kehamilan.

Melalui buku ini, para ibu hamil diharapkan bisa menjalani masa kehamilannya dengan baik dan melahirkan calon buah hati yang sehat.

Buku ini bisa langsung kamu check out melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com