Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Novel Horor Indonesia Terbaik dan Terseram

Kompas.com - 22/10/2022, 11:30 WIB
rekomendasi novel horor Photo on Gramedia.com rekomendasi novel horor
Rujukan artikel ini:
Narik Sukmo
Pengarang: Dewie Yulliantika Sofia
|
Editor Rahmad

Apakah kamu suka membaca atau menonton cerita horor? Dunia mistis memang menarik dan tidak ada habisnya untuk dibicarakan. Itulah sebabnya kamu mungkin butuh rekomendasi novel horor Indonesia yang cocok jadi bacaan yang menarik dan menegangkan.

Dari novel tersebut,kamu mungkin bisa memetakan mana hantu yang paling seram dari kisah-kisahnya yang mengerikan. Setiap daerah atau negara tentu memiliki jenis hantu sesuai dengan narasi cerita yang beredar di masyarakat.

Kamu mungkin akan menemukan hantu paling seram di dunia menurut versimu dengan banyak membaca referensi tentang hantu dari kisah-kisah horornya.

Rekomendasi Novel Horor Indonesia

Berikut ini rekomendasi novel horor Indonesia terbaik yang terkenal dengan cerita-cerita seramnya:

1. Narik Sukmo

Novel Narik Sukma yang ditulis Dewie Yulliantika Sofia bercerita tentang kehadiran Kenara Cahyaningrum, siswa yang dulunya suka menari yang memancing dendam pahit yang siap untuk membalas dendam desa (sengaja disamarkan). Kedatangan Kenar itu diundang oleh sahabatnya, Ayu Plastomo.

Pada hari pertama dia tiba di desa Kelawengin, hujan deras sepanjang malam dan guntur. Tak ayal, beberapa warga Desa Kerawangin menatapnya saat melihatnya, yang membuatnya merasa aneh. Kenal juga memimpikan bayangan hitam yang sepertinya menelannya.

Lalu tiba-tiba tubuhnya bergerak dan menari dengan sendirinya. Semua hal aneh ini mulai terlihat ketika Kenar secara tidak sengaja memasuki ruangan terlarang rumah Ayu, di mana mereka secara bergantian datang ke bencana di desa Kelawangin.

Penduduk desa mati secara tidak wajar satu demi satu. Kemudian Kenal mulai menari secara tidak wajar. Semua penduduk desa mengetahui tari Narik Sukumo, tarian kematian pasangan Banyu Jungala Bagwahanta dan Ratimayu yang meninggal 20 tahun lalu.

2. Entrok

Novel Entrok yang ditulis Okky Madasari bercerita tentang Marni, seorang Jawa buta huruf yang masih memuja leluhurnya. Melalui persembahan, ia menemukan dewa-dewanya dan mengungkapkan harapannya. Dia tidak mengenal dewa dari negeri yang jauh.

Dengan caranya sendiri, dia menjaganya tetap hidup. ada dua tokoh penting dalam novel ini, yakni Marni dan Rahayu, dua saudara yang telah menjadi orang asing selama bertahun-tahun.

Bagi Marni, Rahayu tidak berjiwa. Bagi Rahayu, Marni adalah pendosa. Keduanya hidup dalam pikiran mereka sendiri tanpa mencapai titik. Kemudian, suara sepatu tinggi itu terus mengganggu dan menghancurkan jiwa.

Mereka menjadi penguasa massa dan menggunakan kekuasaan sesuka mereka. Entrok adalah rekomendasi novel horor Indonesia yang tepat kamu baca karna menyajikan sebuah kisah mengharukan tentang perjuangan seorang wanita dalam sejarah Indonesia.

Sangat penting membaca buku ini untuk memahami nilai-nilai masyarakat di tengah perubahan.

3.Kisah Tanah Jawa: Jagad Lelembut

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Buku Kisah Tanah Jawa: Jagat Lelembut ini menceritakan perjalanan Tim Kisah Tanah Jawa saat mereka menjelajahi “Jagad Lelembut” sampai lapisan ke-11 (dapat terdiri dari 17 lapisan).

Tidak hanya bahasa, tetapi juga sejarah tanah Jawa “Jagad Lelembut” akan memasukkan gambar penampilan “mereka” atau penampakan hantunya. Ada begitu banyak cerita yang mungkin belum pernah kamu dengar dan bisa menginspirasi kamu.

4. Gong Nyai Gandrung

Novel Gong Nyai Gandrung yang ditulis oleh Sekar Ayu Asmara bercerita tentang pengantin baru bernama Waru dan Kintan. Mereka memulai perjalanan untuk menemukan rumah tempat mereka bisa tinggal bersama.

Pilihannya jatuh pada sebuah rumah di daerah Magelang. Saat mencari villa, mereka menemukan kamar baru yang menimbulkan banyak pertanyaan.

Ada juga paviliun halaman belakang, tidak difoto oleh agen real estate, dan ruang bawah tanah di mana koleksi buku-buku Jawa dan Belanda kuno, lukisan kuda, instrumen gamelan dan gong.

Setelah menemukan gong, Waru dan Kintan mulai mengalami mimpi buruk, terbangun di tengah malam, mendengar gonggongan kuda, melihat sosok dan menghilang. Sejak itulah, kisah horor mereka dimulai dengan cerita yang menegangkan.

5. Gerbang Dialog Danur

Novel Gerbang Dialog Danur adalah versi repackage dari Danur yang dirilis pada tahun 2011. Ini bisa dikatakan buku non fiksi tentang pengalaman penulis Risa Saraswati, yang sejak kecil bisa melihat dan berkomunikasi dengan arwah anak-anak Belanda di rumahnya.

Risa juga berteman dengan roh-roh ini. Novel ini juga menceritakan bagaimana Lisa bertemu dengan roh lain. Mungkin terdengar menakutkan, tetapi membaca buku ini akan menunjukkan sisi lain dari dunia roh.

Itulah sebabnya buku ini jadi rekomendasi novel horor yang menarik namun tetap menegangkan.

Nah, itulah rekomendasi novel horor Indonesia yang bisa bacaan dan masuk list novel yang harus kamu baca. Dalam praktiknya, membaca novel horor memiliki kesan tersendiri yang mungkin tidak akan kamu dapatkan dalam novel genre manapun. Jadi, novel horor mana yang akan kamu baca?

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com