Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Bunga Bangkai yang Paling Dikenal di Indonesia

Kompas.com - 22/10/2022, 12:00 WIB
Bunga Bangkai Kecil Sumber Gambar: goodnewsfromindonesia Bunga Bangkai Kecil
Rujukan artikel ini:
Ensiklopedia Anak Hebat : Tumbuhan
Pengarang: Jang Myung S
|
Editor Ratih Widiastuty

Sebagian besar masyarakat Indonesia pastinya sudah tidak merasa asing lagi dengan bunga bangkai.

Proses tumbuh bunga ini bisa dikatakan sangat langka dan usia hidupnya pun terbilang sangat singkat.

Bunga bangkai memiliki nama latin Amorphophallus merupakan jenis tumbuhan yang masuk ke dalam kelas talas-talasan (Aracea) yang mampu mengeluarkan bau busuk yang khas, khususnya di saat bunganya mekar.

Namun, sepertinya, masih banyak yang salah kaprah menganggap bunga bangkai merupakan bunga Raflesia Arnoldii yang pada kenyataannya kedua bunga tersebut adalah dua jenis tumbuhan yang berbeda.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bunga bangkai merupakan jenis tumbuhan yang masuk ke dalam keluarga talas-talasan.

Sementara bunga Raflesia Arnoldii sendiri ialah merupakan golongan tumbuhan parasit dari marga Raflesiaceae.

Berbanding terbalik dengan bunga bangkai, bunga Raflesia Arnoldii hidup dengan menyerap nutrisi tanaman lain yang menjadi inangnya.

Bunga bangkai sendiri ternyata memiliki berbagai macam jenis sehingga keberagaman hayati yang dimiliki Indonesia tergolong sangat banyak.

Bahkan bunga bangkai termasuk ke dalam tumbuhan yang dilindungi karena langka dan lamanya tanaman ini untuk dapat tumbuh dan berkembang memperlihatkan bunganya yang mekar mengeluarkan aroma yang tajam.

Apa saja jenis bunga bangkai yang ada di Indonesia? Berikut jenis-jenis bunga bangkai yang dapat kamu ketahui keberadaannya.

Jenis-jenis Bunga Bangkai

1. Amorphophallus Titanium

Bunga Bangkai Kecil Bunga Bangkai Kecil

Amorphophallus titanium adalah tumbuhan asli Indonesia yang merupakan flora endemik Sumatra yang keberadaannya hanya dapat ditemukan di hutan-hutan Sumatra saja.

Amorphophallus titanium pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuwan Italia bernama Odoardo Beccari pada tahun 1878 di Lembah Anai, Sumatra Barat.

Akibat ukurannya yang teramat sangat besar, Amorphophallus titanium kerap disebut sebagai “bunga bangkai raksasa”.

Saking besarnya, bahkan umbi dari Amorphophallus titanium dapat mencapai berat hingga 117 kilogram.

2. Amorphophallus Gigas

Bunga Bangkai Kecil Bunga Bangkai Kecil

Amorphophallus gigas adalah salah satu jenis bunga bangkai yang mempunyai ukuran raksasa dengan bonggol bunga yang dapat mencapai berat 70 kilogram serta tinggi hingga 4 meter.

Amorphophallus gigas sendiri adalah salah satu fauna endemik yang ada di Sumatra dan keberadaannya sangatlah langka.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Namun, sayangnya, popularitas dari Amorphophallus gigas masih kurang terdengar jika dibandingkan dengan Amorphophallus titanium yang gaungnya jauh lebih terkenal.

Terlepas dari itu, Amorphophallus gigas adalah bukti nyata keberagaman hayati yang dimiliki Indonesia dan haruslah dilestarikan.

3. Amorphophallus Campanulatus

Bunga Bangkai Kecil Bunga Bangkai Kecil

Amorphophallus campanulatus atau yang lebih dikenal dengan suweg ini mempunyai umbi yang dapat dikonsumsi dan mempunyai manfaat yang luar biasa banyak.

Umbi suweg dapat dijadikan bahan pangan alternatif pengganti tepung terigu. Kandungan serat pangan serta karbohidrat pada umbi suweg tergolong tinggi.

Selain itu, suweg sendiri masih berkerabat dengan bunga bangkai raksasa yang ternyata dapat diolah dan dimanfaatkan.

Siapa yang menyangka jika salah satu jenis bunga bangkai pada nyatanya dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan yang memiliki kandungan yang baik untuk tubuh.

4. Amorphophallus Oncophyllus

Bunga Bangkai Kecil Bunga Bangkai Kecil

Amorphophallus oncophyllus atau yang lebih dikenal dengan porang adalah salah satu jenis bunga bangkai asli Indonesia yang banyak ditemukan secara liar di hutan-hutan pulau Jawa.

Porang sendiri merupakan tanaman yang memiliki umbi di dalam tanah.

Bagian paling penting dalam porang ialah batang umbinya yang terdapat di dalam tanah.

Kandungan glukomanan yang terdapat dalam umbi porang mempunyai serat yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

Semoga setelah membaca penjelasan ini, kamu sudah tidak salah lagi dalam membedakan bunga bangkai dan bunga Raflesia arnoldii agar tidak salah paham lagi.

Akan jauh lebih baik jika kita mampu mengenalkan anak-anak pada salah satu makhluk hidup ciptaan Tuhan ini melalui buku Ensiklopedia Anak Hebat: Tumbuhan yang akan mengajarkan si Kecil dengan beragam ilmu yang bermanfaat tentang tumbuhan.

Buku ini ditulis oleh Jang Myung-suk, seorang doktor dari Universitas Tokyo, konsentrasi Teknologi pemeliharaan lingkungan hidup, yang menghimpun uraian dari berbagai hasil mengenai tumbuhan.

Selain isinya yang memang berisi wawasan, kualitas bukunya pun tidak kalah bagus karena kertasnya sendiri merupakan jenis kertas hard yang tidak akan mudah robek, sehingga aman untuk dibaca oleh anak-anak.

Ayo segera perkenalkan anak-anak dengan tumbuhan dan order bukunya lewat situs Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com