Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Agar Daging Sapi Cepat Empuk dan Tidak Bau, Yuk Dicoba!

Kompas.com - 22/10/2022, 10:31 WIB
Cara agar Daging Sapi Cepat Empuk dan Tidak Bau Sumber Gambar: Freepik.com Cara agar Daging Sapi Cepat Empuk dan Tidak Bau
Rujukan artikel ini:
Hidangan Daging Sapi Favorit ala…
Pengarang: Mary Winata
|
Editor Ratih Widiastuty

Daging sapi merupakan salah satu bahan makanan yang enak dan bergizi untuk dikonsumsi, asalkan diolah secara tepat dengan pemberian beberapa bumbu sebagai pelengkapnya.

Kuliner dengan bahan utama daging sapi memanglah sangat nikmat terutama jika rasa dan tekstur dagingnya empuk saat digigit dan tidak meninggalkan bau.

Daging sapi sendiri memiliki kandungan protein yang baik untuk kesehatan karena terdapat beberapa manfaat, seperti menguatkan tulang dan gigi, meningkatkan massa otot, menambah asupan vitamin serta mineral dalam tubuh.

Sayangnya, tidak semua orang mengetahui bagaimana cara mengolahnya dengan benar agar daging yang dimasak bisa empuk dan menghasilkan aroma yang sedap.

Berikut cara memasak agar daging sapi cepat empuk dan tidak berbau yang bisa langsung kamu lakukan di rumah.

Cara Agar Daging Sapi Cepat Empuk dan Tidak Bau

1. Bersihkan Daging dengan Benar

Cara agar daging sapi cepat empuk dan tidak bau adalah dengan memperhatikan kebersihannya terlebih dahulu.

Namun, perlu diperhatikan daging sapi tidak dianjurkan dibersihkan menggunakan air mengalir dari keran karena justru bisa menimbulkan aroma amis dan akan ada bakteri yang menempel.

Saat membersihkan daging sapi disarankan untuk membersihkannya dengan tepuk-tepuk menggunakan tisu khusus makanan atau lap bersih.

Jika ingin semakin bersih dan membuat daging empuk dan aroma bau berkurang, bisa diberikan perasan jeruk lalu merebusnya di air mendidih sebanyak dua sampai tiga kali.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi sisa-sia kotoran atau darah yang menempel sehingga daging akan mudah menjadi empuk dan tidak bau.

2. Manfaat Bahan Alami

Mengolah daging sapi sebenarnya gampang-gampang sulit untuk dilakukan, tetapi jika sudah tahu trik dan tipsnya akan mudah untuk memasaknya.

Kamu bisa menggunakan bahan alami yang ada di sekitar kamu seperti nanas dan daun pepaya untuk membuat daging yang kamu masak menjadi empuk dan tidak berbau.

Caranya, sebelum memasak kamu bisa memberikan nanas yang telah dihaluskan ke daging sapi, kemudian diamkan beberapa saat dan jangan terlalu lama agar daging tidak hancur atau terlalu lembek.

Kamu juga bisa mencincang daun pepaya kemudian remas-remas dengan daging yang akan diolah dan diamkan 15-20 menit agar daging benar-benar empuk.

3. Potong Daging Melintang Seratnya

Jika ingin daging sapi cepat empuk, kamu juga perlu memperhatikan proses saat memotong daging, caranya dengan potong melintang dengan seratnya.

Memotong dengan cara seperti ini bisa membantu membuat daging menjadi lebih empuk setelah dimasak sehingga jadi enak juga untuk dimakan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Tambahkan Rempah-Rempah

Ingin daging yang diolah mengeluarkan aroma lezat dan menggugah selera, kamu bisa menambahkan beberapa rempah sebelum memasaknya.

Rempah-rempah yang bisa kamu tambahkan sebelum memasak daging sapi diantaranya bawah putih, bubuk kayu manis, pala, biji lawing, daun jeruk, atau bahan lain sesuai selera.

Menambahkan tempat pada daging bisa meningkatkan cita rasa dan aroma ketika nantinya daging sudah masak dan rasanya pun jadi tidak hambar.

5. Masak dengan Metode yang Tepat

Ketika kamu memiliki anggapan bahwa cara tercepat agar daging yang dimasak menjadi cepat matang dengan memperbesar volume nyala api, itu merupakan anggapan yang salah.

Gunakan api kecil hingga sedang saat memasak agar tekstur daging tidak mudah hancur.

Selain itu, penggunaan api yang pas juga bisa membantu mendapatkan tingkat kematangan yang sesuai dan membuat bumbu lebih meresap pada daging.

Terdapat pula suatu metode yang sudah umum dilakukan untuk memasak daging untuk mendapatkan tekstur lebih empuk dan matang dengan merata.

Caranya masukan daging yang telah dipotong dan dibumbui ke dalam rebus air kurang lebih selama 5 menit, kemudian matikan kompor dan tutup panci dan diamkan selama 30 menit.

Setelah dibiarkan setengah jam, rebus Kembali daging dengan durasi 7 menit dengan kondisi panci masih tertutup.

Langkah ini bisa membantumu mendapatkan daging yang lebih empuk dan anti alot.

Nah, itu merupakan cara agar sapi cepat empuk dan tidak baik yang bisa kamu langsung lakukan saat memasak.

Kalau kesulitan menemukan resep daging sapi yang akan kamu hidangkan di meja makan, kamu bisa mencoba berbagai referensi menu masakan dari buku Hidangan Daging Sapi Favorit ala Chinese Resto karya Mary Winata.

Kamu akan menemukan beragam menu masakan China menggunakan daging sapi yang sudah terkenal dari berbagai belahan dunia yang rasanya lezat dan menggugah selera.

Dapatkan Hidangan Daging Sapi Favorit ala Chinese Resto secara online melalui website Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com