Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Hanya Bekerja, 6 Kegiatan Ini Juga Termasuk Kegiatan Produktif!

Kompas.com - 17/10/2022, 14:30 WIB
contoh kegiatan produktif Sumber: the digital project manager contoh kegiatan produktif
Rujukan artikel ini:
6 Rahasia Menjadi Pribadi Produktif…
Pengarang: Deni Dee
|
Editor Rahmad

Produktif adalah suatu cara untuk bisa memperoleh hasil yang diinginkan dengan menggunakan sedikit waktu serta usaha di dalamnya. Ketika kita mencoba untuk melakukan hal produktif, maka artinya kita sedang berusaha untuk mencapai suatu tujuan.

Sering kali orang yang produktif malah dianggap orang yang sangat sibuk. Padahal, sibuk dan produktif adalah dua hal yang sangat berbeda.

Seseorang yang produktif adalah orang yang memiliki fokus untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan yang sangat penting dan tidak terlalu berfokus pada kesempurnaan hasilnya.

Sedangkan orang yang sibuk adalah aktivitas yang tidak mempunyai fokus, biasanya menyukai kesempurnaan, dan ingin melakukan segala halnya dengan baik dan benar.

Masih banyak pula orang yang miskonsepsi dengan kata produktif itu sendiri. Banyak orang di luaran sana yang menganggap bahwa produktif adalah bekerja keras secara terus menerus tanpa henti dan tanpa mengenal lelah.

Padahal, contoh kegiatan produktif sangatlah beragam, bukan hanya terkait dengan bekerja saja.

Lalu, apa saja kegiatan produktif yang dimaksud? Simak ulasannya di bawah ini.

Contoh Kegiatan Produktif

1. Melakukan kegiatan olahraga

olahraga olahraga

Olahraga menjadi salah satu kegiatan produktif. Pasalnya, kegiatan olahraga ini bisa membuat tubuh seseorang yang menjalaninya menjadi lebih sehat dan bugar. Kegiatan olahraga tidak harus lama, yang dibutuhkan adalah konsisten.

Adapun jenis olahraga yang dapat kamu lakukan juga tidak harus berat.

Beberapa olahraga ringan seperti lari, senam, atau bersepeda juga bisa membuat badan kamu menjadi lebih bugar. Ketika tubuh kita fit, maka mengerjakan segala kegiatan apapun akan terasa lebih ringan, bukan?

Bahkan, tidak hanya tubuh kita saja yang sehat, tetapi pikiran kita juga akan lebih segar.

2. Menekuni hobi

Menekuni hobi Menekuni hobi

Kegiatan produktif yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah menekuni hobi yang kamu miliki.

Menekuni hobi yang kamu miliki ternyata bisa menjadi salah satu cara untuk kamu beristirahat di tengah pekerjaan yang mungkin membuatmu lelah.

Dengan kamu menekuni hobi, maka pikiranmu akan jauh lebih segar, sehingga setelahnya kamu akan bisa lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan kamu.

3. Mengonsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan sehat Mengonsumsi makanan sehat

Makanan adalah kebutuhan primer bagi setiap makhluk di bumi ini. Siapa yang menyangka kalau ternyata mengonsumsi makanan sehat termasuk ke dalam kegiatan produktif.

Hal ini disebabkan karena makanan sehat memiliki pengaruh yang besar terhadap daya tahan tubuh serta konsentrasi seseorang.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Dengan memiliki daya tahan tubuh yang kuat serta konsentrasi yang baik, maka kamu akan bisa melakukan pekerjaan dengan optimal dan menjalankan berbagai kegiatan dengan baik.

4. Tidur dengan cukup waktu

Tidur dengan cukup waktu Tidur dengan cukup waktu

Tidur dengan cukup waktu juga termasuk ke dalam kegiatan produktif, lho. Ketika ada waktu untuk kamu beristirahat, maka kamu harus menggunakannya dengan sebaik mungkin.

Salah satu cara untuk mengumpulkan energi kamu yang telah terkuras adalah dengan tidur.

Tidur yang cukup bisa membuat tubuh kamu menjadi jauh lebih nyaman untuk melakukan segala aktivitas. Jadi, tidak ada lagi yang namanya ngantuk saat melakukan aktivitas sehari-hari.

5. Me time

Me time Me time

Kegiatan produktif yang selanjutnya adalah melakukan me time. Sebab, dengan melakukan me time, maka kamu dapat beristirahat sejenak dari segala aktivitas yang membuat kamu lelah.

Me time sendiri memiliki beragam aktivitas dan jenisnya yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing, bisa minum teh, menonton film, membaca buku, pergi ke salon, dan masih banyak lagi.

Dengan harapan, jika kamu melakukan aktivitas ini, pikiran kamu akan lebih segar.

6. Melakukan pekerjaan dengan efisien

Melakukan pekerjaan dengan efisien Melakukan pekerjaan dengan efisien

Produktif adalah kegiatan bekerja dengan cara efisien. Artinya, kamu tahu kapan waktu kamu untuk bekerja dan kapan waktu kamu untuk beristirahat. Karena tidak mungkin kamu akan bekerja terus menerus sepanjang waktu. Hal itu malah akan membuat kamu burn out.

Jika kamu sudah mengalami kondisi burn out, untuk mengembalikan situasi kamu ke kondisi awal juga membutuhkan waktu yang lama. Dengan bekerja secara efisien, maka kamu bisa menerapkan work life balance

Itulah beberapa kegiatan yang juga termasuk ke dalam kegiatan produktif. Jika kamu masih enggan melakukan berbagai kegiatan produktif, mungkin kamu harus membaca buku 6 Rahasia Menjadi Pribadi Produktif Tanpa Rasa Malas.

Di buku ini kamu akan mendapatkan pembahasan tentang apa itu malas, apa yang menyebabkan seseorang malas dan apa risiko dari malas. Dibahas pula dalam buku ini tentang bagaimana membangun diri, baik pikiran maupun kepribadian agar menjadi obat dari rasa malas.

Buku ini bisa membantu kamu untuk mengubah rasa malas menjadi produktivitas. Buku ini adalah bagaimana mengubah seseorang dengan pribadi yang malas menjadi lebih produktif.

Buku ini bisa langsung kamu dapat melalui https://www.gramedia.com/

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com