Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali 6 Tandanya Untuk Mengetahui Jika Pasanganmu Mengalami Trust Issue!

Kompas.com - 06/10/2022, 15:30 WIB
tanda pasangan mengalami trust issue Sumber: lifestyle.kompas.com tanda pasangan mengalami trust issue
Rujukan artikel ini:
REINVENTING YOUR LIFE: Solusi untuk…
Pengarang: Jeffrey E. Young, Ph.D.…
|
Editor Rahmad

Trust issue atau masalah kepercayaan merupakan sebuah kondisi dimana seseorang merasa sulit untuk percaya kepada orang lain. Trust issue biasanya bisa terjadi kepada keluarga, teman, bahkan juga pada pasangan.

Hal ini biasanya adalah sebuah bentuk trauma terhadap masa lalu yang pernah dialami sebelumnya. Misalnya saja, masa kecil yang merasa tidak bahagia dan pernah dibohongi atau dikhianati oleh seseorang.

Kepercayaan adalah sebuah hal yang penting dalam menjalin suatu hubungan apalagi dalam rumah tangga. Apabila tidak ada rasa percaya, maka sebuah hubungan yang dijalin dengan pasangan akan mudah goyah.

Berikut ini adalah tanda-tanda jika pasangan kamu memiliki trust issue. Kenali tanda-tandanya.

Tanda-tanda Pasangan Memiliki Trust Issue

tanda pasangan mengalami trust issue tanda pasangan mengalami trust issue

1. Selalu memeriksa ponsel milikmu

Melihat ponsel milik pasangan sebetulnya bukanlah hal yang salah. Bahkan kebanyakan pasangan suami istri saling mengetahui kata kunci ponsel masing-masing pasangannya. Akan tetapi, bila pasangan kamu terlalu sering memeriksa ponsel milikmu, bisa jadi ia memiliki trust issue kepada kamu.

Kalau pasangan kamu selalu memeriksa ponsel milikmu, bisa jadi ia tidak mempercayai kamu. Apalagi, kalau ia memeriksanya secara diam-diam, lalu kamu memergokinya. Biasanya, pasangan akan melihat atau memeriksa kamu sering berinteraksi dengan siapa. Apakah kamu berselingkuh atau berkomunikasi Kembali dengan mantan kamu.

2. Pasangan selalu bertanya banyak hal

Biasanya, pada saat pasangan pulang dari suatu tempat atau pulang bekerja, maka kamu diberikan banyak pertanyaan oleh pasangan kamu. Pertanyaan yang ditanyakan biasanya kamu pergi dari mana dan dengan siapa.

Hal itu bisa menjadi hal yang wajar karena bentuk rasa kepedulian. Akan tetapi, akan menjadi hal yang tidak wajar jika pasangan kamu bertanya seperti sedang melakukan interogasi terhadap dirimu. Lalu, setiap jawaban yang kamu berikan selalu ditanyakan lagi, mungkin pasangan amu mulai memiliki trust issue kepada kamu.

3. Selalu memastikan kebenaran atas perkataanmu pada orang sekitar

Apabila pasangan kamu selalu menanyakan kepada teman terdekatmu, mengenai kebenaran dari jawaban yang kamu utarakan, seperti benarkah kamu bersama teman yang kamu sebutkan. Maka bisa jadi, pasangan kamu sedang mengalami trust issue kepada kamu.

Kamu memberi tahu kepada pasangan kamu bahwa kamu akan pergi bersama dengan siapa dan pergi ke mana, lalu pasangan kamu tidak percaya, dan ia biasanya akan memastikan sendiri bahwa kamu tidak berbohong. Itu berarti memang pasangan kamu memiliki trust issue pada kamu.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Selalu periksa keuangan kamu

Memiliki sifat saling terbuka terhadap masalah keuangan terhadap pasangan adalah sebuah hal yang sangat normal. Bahkan, dalam sebuah kehidupan pernikahan, justru sangat dianjurkan untuk membuat suatu anggaran keuangan secara bersama-sama.

Akan tetapi, berbeda hal jika pasangan kamu selalu memeriksakan saldo kamu dan selalu bertanya mengenai untuk apa saja uang yang kamu gunakan, mungkin ia memang sedang curiga kepada kamu dan memiliki trust issue kepadamu.

5. Menjaga jarak kepadamu

Merasa curiga dan tidak percaya akan membuat seseorang menjauh dari kamu. Begitu pula dengan pasangan. Apabila pasangan kamu menjaga jarak terhadap kamu, maka kamu harus waspada, mungkin dia sudah kehilangan kepercayaan kepada kamu. Termasuk juga dalam berhubungan intim, pasangan kamu pasti akan menolak ajakan kamu.

6. Kamu merasa selalu dikontrol pasangan

Di beberapa kasus, trust issue dapat berdampak kepada hal yang lebih luas lagi. Pasangan kamu bisa saja mengontrol kamu dengan membatasi siapa saja yang boleh kamu temui atau kemana saja kamu pergi. Hal ini terjadi karena pasangan kamu berarti tidak cukup percaya dengan dirimu an ia selalu merasa curiga jika kamu bisa melakukan selingkuh.

Nah, itulah beberapa tanda pasangan kamu memiliki trust issue. Jika kamu merasakan beberapa tanda di atas dalam hubungan kamu, maka sebaiknya segera komunikasingan dengan pasangan dan cari jalan keluarnya bersama.

Atau jika kamu merasakan sendiri mengenai hal yang kamu lakukan dengan pasanganmu adalah sebuah tanda trust issue di dalam diri kamu, kamu bisa membaca buku REINVENTING YOUR LIFE: Solusi untuk Mengubah Tindakan Negatif dan Merasa Lebih Baik.

Jika kamu sering merasa cemas akan suatu hal, merasa tidak bahagia, merasa hubungan yang tidak memuaskan, kurang percaya diri. Itu adalah masalah yang sebetulnya dapat diselesaikan dengan mengubah jenis pesan yang dihayatinya.

Nah, buku inilah yang akan menunjukkan kepada kamu cara menghentikan siklus yang membuat kamu merasakan hal yang tidak bahagia.

Buku ini bisa kamu langsung pesan melalui https://www.gramedia.com/

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com