Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Buku Self Improvement Terbaik untuk Tambah Wawasan dan Sudut Pandang Baru

Kompas.com - 30/09/2022, 13:01 WIB
Buku Self Improvement Terbaik Freepik Buku Self Improvement Terbaik
Rujukan artikel ini:
How To Win Friends And…
Pengarang: Dale Carniage
|
Editor Almira Rahma Natasya

Istilah yang mengatakan buku adalah gudangnya ilmu memang terasa tidak berlebihan, sebab pada kenyataannya buku memang mampu memberikan wawasan dan sudut pandang yang luas.

Biasanya, buku yang lebih banyak menawarkan ilmu terdapat pada buku-buku nonfiksi yang bisa membantu kehidupan umat manusia.

Di antara begitu banyaknya pilihan, pengembangan diri atau self-improvement menjadi jenis yang paling banyak dicari karena mampu menyelesaikan permasalahan di dalam diri.

Melalui buku pengembangan diri, kita diajak untuk memahami bagaimana cara berdamai dengan diri sendiri untuk dapat menikmati hidup yang jauh lebih berkualitas.

Maka dari itu, beberapa pilihan buku nonfiksi terlaris dan terpopuler berikut ini dapat kamu jadikan bahan bacaan, yang tentunya akan menambah wawasan serta sudut pandang baru dalam menjalani hidup.

Rekomendasi Buku Self Improvement Terbaik untuk Tambah Wawasan

1. How to Win Friends and Influence People – Dale Carnegie

Merupakan salah satu buku nonfiksi klasik yang gaungnya sudah terdengar di seantero dunia, buku ini wajib dibaca oleh siapa saja yang ingin mengetahui cara menjalin relasi antar sesama manusia.

Carnegie menjadi pelopor yang mempunyai ide dan gagasan mengenai relasi manusia melalui pengalaman, wawancara, dan penelitian yang dilakukan untuk menemukan cara-cara dalam membangun hubungan yang ditulis dalam buku ini.

Buku ini akan sangat membantu dalam memahami relasi antar manusia, yang meskipun sudah ditulis puluhan tahun yang lalu, tapi isinya masih terasa relevan dan bermanfaat sampai sekarang.

Pemahaman-pemahaman yang dipaparkan oleh Carnegie dibuat menarik dan seringan mungkin, agar pembaca bisa memahami setiap aspek yang disampaikan tentang bagaimana cara yang mudah dan efektif dalam menjalin hubungan dengan orang lain.

2. Atomic Habits – James Clear

Jika kamu membutuhkan buku yang mampu menolong membangun kebiasaan baik, maka Atomic Habits dapat dijadikan pilihan, karena di sini James Clear akan memaparkan pemahaman sekaligus cara untuk membangun kebiasaan baik dari langkah-langkah kecil yang ternyata mampu memberikan dampak yang besar.

Atomic Habits secara utuh menjelaskan dan mengarahkan pembaca untuk dapat memulai serta mempertahankan kebiasaan-kebiasaan positif, mulai dari mencegah dan menghentikan kebiasaan-kebiasaan negatif.

James Clear akan memberikan teori dan kaidah yang menolong dalam menjalankan kebiasaan kecil yang dapat membantu kualitas hidup di masa yang akan datang.

Atomic Habits akan mempermudah pembaca untuk menjalankan kebiasaan-kebiasaan positif yang mungkin sebelum membaca buku ini terasa sulit untuk dilakukan.

Melalui penelitian, pengalaman pribadi, dan pembelajaran, Clear berhasil mengolah teori mengenai kebiasaan yang dapat mempermudah kehidupan.

3. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat – Mark Manson

Kehadiran buku Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat sudah sangat populer di kalangan pembaca, sebagai salah satu buku self-improvement yang berani mengutarakan gagasan-gagasan tentang bagaimana seharusnya kita menjalani kehidupan tanpa perlu mendengarkan pendapat orang lain.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Berdasarkan pengalaman pribadinya, Manson menghadirkan kontradiksi yang kerap muncul dalam buku-buku pengembangan diri, di mana pendapatnya sendiri cukup kontroversial, tapi memang begitulah seharusnya kita menjalani kehidupan, yang bodo amat terhadap beberapa hal.

Manson menyajikan buku ini secara lugas, apa adanya, dan ceplas-ceplos tanpa berusaha menutupi apa pun dari para pembacanya.

Pengalaman hidup Manson yang keras, sulit, dan penuh tantangan, nyatanya mampu membuka mata dan pikirannya untuk hidup apa adanya seperti yang dituangkan dalam buku bestseller ini.

4. Berani Tidak Disukai – Ichiro Kishimi & Fumitake Koga

Bagi kamu yang ingin mendapatkan wawasan dan pemahaman dari sudut pandang filsafat dan psikologi, maka buku ini adalah jawabannya.

Kishimi dan Koga mampu mengemas pembahasan yang dirasa sulit ini ke dalam bentuk yang ringan dan menyenangkan, di mana kamu akan menemukan pembahasan teori psikologi Alfred Adler.

Teori dan pembahasan yang ada di dalamnya akan membantu pembaca dalam menjalani kehidupan yang lebih bebas dan bahagia.

Menariknya, semua gagasan yang ada ditulis dalam format percakapan antara seorang filsuf dan pemuda yang menghadirkan diskusi seru dan sengit, dalam bagaimana seharusnya kita menjalani kehidupan terlepas dari masa lalu maupun masa depan.

5. Kitab Bahasa Tubuh – Allan & Barbara Pease

Buku nonfiksi terakhir yang dapat kamu jadikan sumber wawasan dan pengetahuan baru akan bentuk komunikasi selain bahasa verbal ialah Kitab Bahasa Tubuh.

Di sini kamu akan mempelajari ternyata bentuk komunikasi dalam bahasa tubuh dapat kita baca dan pahami sebagai gestur yang menyampaikan pesan melalui alam bawah sadar manusia.

Membaca buku ini akan membuat kamu semakin memahami bagaimana cara membentuk hubungan melalui bentuk komunikasi yang tidak melulu disampaikan secara verbal.

Setiap pembahasan turut disertai pula dengan gambar serta ilustrasi yang akan semakin memudahkan pembaca, untuk dapat memahami arti atau makna dari setiap gerakan tubuh yang menyampaikan pesan.

Online Book Fair 13 Gramedia.com Online Book Fair 13 Gramedia.com

Seluruh buku nonfiksi ini bisa segera kamu dapatkan dengan harga spesial di Gramedia.com, karena saat ini tengah berlangsung Online Book Fair yang sudah berlangsung sejak tanggal 27 September sampai 2 Oktober 2022 yang menawarkan diskon hingga 90% untuk buku-buku terbaik pilihan.

Tidak hanya itu, Online Book Fair juga menawarkan beragam promo lainnya, mulai dari diskon buku yang melimpah, flash sale, diskon berlangganan Premium Package Gramedia Digital, special price paket kuliah dan produk non buku lainnya, hingga bonus kuota dari by.U.

Yuk, segera serbu semua promo menarik ini dan borong seluruh wishlist buku kamu sekarang juga hanya di Gramedia.com!

Cek semua promo menariknya di promo.gramedia.com/online-book-fair-13!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com