Jamur Ternyata Bukanlah Jenis Sayuran, Melainkan Cendawan yang Memiliki Berbagai Macam Jenis

Kompas.com - 20/09/2022, 14:04 WIB
Sayuran yang Tergolong Cendawan Sumber Gambar: Pexels.com Sayuran yang Tergolong Cendawan
Rujukan artikel ini:
TIRAM: Menabur Jamur, Menuai Rupiah
Pengarang: Warisno, S.PKP & Kres…
|
Editor Novia Putri Anindhita

Selama ini, mungkin sebagian besar dari kita telah salah menyangka jika jamur masuk ke dalam kategori sayuran.

Namun, pada kenyataannya, jamur ternyata tidaklah masuk ke dalam kelompok sayuran maupun buah, melainkan merupakan kategori fungi.

Meskipun demikian, Departemen Pertanian Amerika Serikat masih memasukkan jamur ke dalam kategori sayuran, mengingat kandungan nutrisi yang ada di dalamnya menyerupai kandungan nutrisi yang terdapat pada jenis sayuran lainnya.

Jamur merupakan sumber potasium, vitamin, serat, dan kalsium yang menyehatkan tubuh.

Jamur sendiri mempunyai segudang manfaat yang baik untuk tubuh kita, seperti mencegah penyakit jantung dan diabetes, sehingga dapat dijadikan menu makanan sehari-hari yang menyehatkan.

Harga jamur pun tergolong masih ramah di kantong tergantung jenisnya dan pengolahannya pun sangat mudah, maka tidak mengherankan jika banyak yang menjadikan jamur sebagai bahan masakan favorit untuk dikonsumsi.

Meskipun memiliki berbagai macam jenis, tapi tidak semua jenis jamur dapat kita konsumsi, karena terdapat pula yang mengandung racun dan akan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Namun, untungnya terdapat pula beberapa jenis jamur yang bisa diolah menjadi hidangan yang lezat dengan khasiat yang pastinya baik bagi tubuh.

Apa saja jenis jamur yang dapat dikonsumsi? Berikut beberapa jenis jamur yang dapat kamu masak dan konsumsi sebagai sumber nutrisi yang melengkapi menu makanan sehari-hari.

Jenis Jamur yang Dapat Dikonsumsi

1. Jamur Tiram

Sayuran yang Tergolong Cendawan Sayuran yang Tergolong Cendawan

Mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia sudah merasa tidak asing lagi dengan jenis jamur yang satu ini, karena jamur tiram menjadi pilihan banyak orang untuk dapat diolah menjadi berbagai hidangan yang lezat.

Jamur tiram sendiri mudah sekali ditemukan di pasar dengan harga yang relatif terjangkau, sehingga banyak masyarakat Indonesia memilih jamur ini untuk dikonsumsi.

Disebut sebagai jamur tiram karena memang bentuk jamurnya yang seperti cangkang tiram mutiara.

Jamur ini mempunyai bentuk melebar dan besar dengan warna putih yang agak kusam, sementara bagian bawahnya sendiri memiliki serat yang halus, sehingga ketika sudah dimasak teksturnya akan menyerupai daging ayam.

2. Jamur Kuping

Sayuran yang Tergolong Cendawan Sayuran yang Tergolong Cendawan

Jamur kuping merupakan jamur liar yang dapat dikonsumsi dan mungkin kita kerap menemukannya di beberapa hidangan, seperti sup, tumisan, atau capcay.

Kebanyakan orang menyukai jamur kuping karena mempunyai rasa dan tekstur yang unik ketika sudah masuk ke dalam mulut.

Memiliki warna hitam kecokelatan, jamur kuping biasanya tumbuh di pepohonan dengan bentuk melebar dan sedikit keriting, tapi tak memiliki tudung atau payung seperti fungi lainnya.

Jika sudah dimasak, biasanya jamur kuping menjadi kenyal dan renyah yang berkhasiat untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Jamur Champignon

Sayuran yang Tergolong Cendawan Sayuran yang Tergolong Cendawan

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jamur champignon atau yang lebih dikenal dengan jamur kancing ini juga dapat diolah menjadi berbagai hidangan yang lezat, seperti saus steak, tumisan, hingga sup krim.

Jamur champignon pun memiliki rasa yang cukup gurih dan lezat ketika dimasak.

Memiliki bentuk bulat dengan warna putih yang disertai noda kecokelatan dan mempunyai ukuran yang tidak terlalu besar.

Jamur champignon juga sangat mudah ditemukan di mana pun sehingga tidak sulit untuk menemukannya.

4. Jamur Enoki

Sayuran yang Tergolong Cendawan Sayuran yang Tergolong Cendawan

Jamur enoki biasanya kerap dipakai dalam berbagai menu hidangan Asia dan mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

Biasanya jamur enoki dijadikan bahan pendamping dalam menu berkuah atau dapat pula digoreng krispi.

Aromanya cenderung mirip buah dengan rasa yang agak manis dan teksturnya kenyal serta lembut saat dikunyah.

Jamur enoki memiliki ukuran memanjang dengan batang tipis yang disertai bentuk kepala yang kecil.

5. Jamur Shitake

Sayuran yang Tergolong Cendawan Sayuran yang Tergolong Cendawan

Jamur shitake merupakan salah satu jenis jamur yang dapat dikonsumsi dan sudah sangat terkenal di seluruh dunia.

Selain diolah menjadi makanan, jamur shitake pun kerap digunakan sebagai bahan obat-obatan yang berkhasiat untuk kesehatan.

Jamur shitake memiliki bentuk bagian atas yang melebar dan bulat.

Jamur shitake pun mempunyai segudang manfaat, seperti mengontrol kolesterol, meningkatkan imunitas tubuh, membantu melancarkan peredaran darah, dan menjadi antioksidan.

Kelima jenis fungi ini bisa kamu jadikan pilihan bahan masakan yang pastinya selain memiliki rasa yang lezat, khasiatnya pun tidak kalah bermanfaat untuk tubuh.

Melihat pasar serta peluang bisnis yang ditawarkan oleh jamur tiram, maka buku Tiram: Menabur Jamur, Menuai Rupiah bisa dijadikan bahan belajar yang menambah wawasan.

Buku ini membahas beragam persoalan seputar jamur tiran secara lengkap, mulai dari syarat tumbuh hingga analisis usaha taninya dibahas dengan sangat rinci di sini.

Yuk, tunggu apa lagi? Segera pesan dan beli bukunya di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon


Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.