Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Privilege? Simak Penjelasan dan Jenis-jenisnya Berikut Ini

Kompas.com - 17/09/2022, 12:00 WIB
Apa Itu Privilege Sumber Gambar: Freepik.com Apa Itu Privilege
Rujukan artikel ini:
The Privileged Ones
Pengarang: Mutiarini
|
Editor Ratih Widiastuty

Apa itu privilege? Mungkin sebagian besar dari kita sudah tidak asing lagi dengan kata “privilege” yang kerap terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Privilege sendiri bisa diartikan sebagai hak istimewa sosial yang dimiliki oleh individu atau kelompok yang tidak dimiliki oleh pihak lainnya.

Privilege dapat muncul karena diakibatkan oleh dampak dari stratifikasi sosial yang meliputi perbedaan akses dalam mendapatkan barang dan jasa pada layanan yang sama.

Tidak dapat dipungkiri jika privilege hadir karena berhubungan erat dengan sikap diskriminasi yang sudah turun temurun akibat adanya kesenjangan ekonomi, yang turut serta berpengaruh pada kesenjangan sosial.

Privilege merupakan suatu hak istimewa yang sangat didambakan dan diinginkan oleh semua orang, karena dapat mempermudah siapa saja untuk memperoleh akses akan kebutuhan maupun keperluan hidup yang biasanya sulit dinikmati bagi sekelompok masyarakat.

Privilege bisa diartikan sebagai sebuah keuntungan yang bisa diperoleh melalui beberapa faktor, seperti kelas sosial, jenis kelamin, ras, pendidikan, usia, dan lain sebagainya.

Biasanya, kata privilege sendiri kerap kita gunakan dalam percakapan sehari-hari sebagai bentuk kata untuk menggambarkan keberuntungan dan kemudahan dari sisi kehidupan seseorang yang memilikinya.

Tidak mengherankan memang karena setiap orang mungkin memiliki privilege yang berbeda-beda tergantung faktor atau aspek apa yang mereka miliki.

Apa sesungguhnya yang dimaksud dengan privilege itu sendiri? Dan, jenis-jenis privilege seperti apa yang kerap kita temui dalam kehidupan sehari-hari? Cari tahu jawabannya berikut ini.

Apa Itu Privilege?

Privilege sendiri merupakan sebuah kata dalam bahasa Inggris yang kini sudah disadur ke dalam Bahasa Indonesia menjadi privilese, yang berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mempunyai arti sebagai hak istimewa.

Sedangkan berdasarkan kamus Merriam Webster, privilege ialah hak istimewa yang diberikan sebagai suatu keuntungan, manfaat, atau bantuan khusus untuk beberapa orang.

Bisa ditarik kesimpulan, privilege merupakan sebuah kelebihan yang dimiliki oleh orang kaya dan berkuasa atas orang lain yang ada dalam ruang lingkup masyarakat.

Sementara menurut Cambridge Dictionary, privilege dapat diartikan sebagai keuntungan yang dimiliki oleh sekelompok orang kaya yang berasal dari kelas sosial tinggi, ras atau jenis kelamin tertentu dalam struktur masyarakat yang tidak diperoleh oleh orang yang tidak termasuk ke dalam golongan tersebut.

Jenis-Jenis Privilege

1. Kelas Sosial dan Ekonomi

Pastinya privilege yang satu ini sudah begitu tampak dan terasa di sekitar kita karena tatkala mengetahui status kelas sosial dan ekonomi seseorang, kita sudah tahu keuntungan apa saja yang dimiliki orang tersebut dalam beberapa hal.

Harta dan tahta yang dimiliki orang kaya akan memudahkan mereka dalam urusan finansial, sehingga mereka tidak merasa cemas akan hal-hal seperti makanan, kesehatan, hingga bahkan pendidikan.

Banyak orang kaya yang mendapatkan hak istimewa untuk merasakan kualitas makanan terbaik dengan gizi yang seimbang, fasilitas kesehatan yang lengkap dengan ditangani oleh dokter ternama, hingga mengenyam pendidikan di luar negeri.

Orang-orang kaya ini akan mendapatkan kemudahan dalam menghadapi masalah kehidupan karena status finansial mereka yang mampu membantu urusan tersebut.

2. Ras

Tidak dapat dipungkiri memang jika ras menjadi penentu privilege seseorang, karena sejak zaman dahulu kala ras kulit putih selalu merasa menjadi ras paling superior dan dipuja oleh suku bangsa lainnya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Secara fisik ras kulit putih memang dinilai memiliki kelebihan tersendiri yang mampu membuat mereka diperlakukan lebih baik.

Apalagi mengingat sejarah kelam ras kulit putih yang pernah memperbudak ras kulit hitam, mereka semakin tampak menjadi ras paling kuat dan berkuasa.

Meskipun kini praktik perbudakan sudah tidak ada, tapi privilege yang diterima berdasarkan ras ini masih saja menempel erat dan tidak hilang begitu saja.

3. Gender

Bukanlah hal yang baru jika gender menjadi penentu privilege lainnya yang kerap diterima seseorang.

Contohnya saja masih banyak yang memberikan kemudahan dalam urusan karier di tempat kerja kepada pria daripada wanita, mengingat status gender mereka yang sejak zaman dahulu memang sudah menjadi budaya turun temurun.

Meskipun kini sudah banyak wanita yang mampu menyamai jenjang karier pria, tapi tetap saja ada beberapa privilege yang diterima oleh pria maupun wanita.

Privilege berdasarkan gender memang sudah menjadi sebuah ketentuan tidak tertulis yang sudah ada di muka bumi ini.

4. Penampilan

Terakhir, tidak dapat disangkal, jika penampilan menjadi penentu privilege lainnya, karena biasanya laki-laki maupun perempuan yang mempunyai tampang atau penampilan yang rupawan akan mendapatkan perlakuan yang jauh lebih baik dari orang-orang.

Penampilan yang tampak tampan dan cantik akan memudahkan mereka merebut perhatian orang-orang hanya melalui penampilan mereka.

Tampang yang rupawan biasanya bisa dengan mudah mencuri hati orang-orang agar dapat menjadi jauh lebih ramah.

Privilege yang didapatkan oleh orang-orang good looking ini akan memudahkan mereka dalam beberapa urusan, seperti pelayanan masyarakat, pekerjaan, hingga urusan lainnya.

Berbicara mengenai kata privilege, tidak lengkap rasanya jika tidak membicarakan buku yang juga memiliki kata privilege dalam judulnya.

Buku The Privileged Ones yang dikarang oleh Mutiarini ini merupakan novel young adult yang cocok dibaca oleh siapa pun juga, khususnya anak muda.

Menceritakan tentang Rara, seorang mahasiswi miskin penerima beasiswa yang ditantang untuk membuat kanal YouTube dari tugas kampusnya.

Namun, Rara tidak terlalu percaya diri karena harus berhadapan dengan Diva, mahasiswi kaya raya yang sepertinya mampu mendapatkan segalanya.

Novel ini memperlihatkan privilese kelas sosial dan ekonomi yang dikemas dengan gaya bercerita yang sederhana, sehingga selain terhibur, akan ada banyak makna kehidupan yang dapat diterima.

Kalian bisa mendapatkan buku ini dengan cara memesannya lewat situs Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com