Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Manfaat Jeruk Bali yang Baik untuk Kesehatan

Kompas.com - 16/09/2022, 10:00 WIB
Manfaat Jeruk Bali Sumber Gambar: Freepik.com Manfaat Jeruk Bali
Rujukan artikel ini:
9 Tanaman Buah Di Pekarangan…
Pengarang: Wijaya
|
Editor Almira Rahma Natasya

Manfaat jeruk bali mungkin belum diketahui oleh banyak orang, karena popularitas buah yang satu ini masih kalah dengan buah-buahan lainnya seperti apel, stroberi, mangga, hingga anggur.

Meskipun memiliki ukuran buah yang jauh lebih besar ketimbang buah jeruk biasa, tapi dari segi rasa, jeruk bali cenderung mempunyai rasa yang sedikit asam.

Tidak hanya itu, jeruk bali juga memiliki kulit buah yang tebal, daging berwarna putih, dan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, rasa buahnya cenderung asam.

Meskipun buah yang satu ini dapat dikonsumsi secara langsung, tapi beberapa orang juga kerap mengolah jeruk bali menjadi rujak yang bercita rasa asam dan segar, sehingga cocok dimakan pada siang bolong.

Fakta menarik lainnya dari buah dengan ukuran yang besar ini ialah meskipun disebut dengan nama jeruk bali, tapi pada kenyataannya buah ini tidak berasal dari Pulau Bali.

Buah yang memiliki nama latin citrus maxima ini tersebar di hampir seluruh bagian Asia Tenggara dengan nama yang berbeda-beda.

Jeruk bali juga merupakan jeruk terbesar dengan mampu mencapai berat hingga 2 kilogram dengan diameter hingga 25 sentimeter.

Tidak hanya daging buahnya saja yang bisa dikonsumsi, kulit jeruk bali pun dapat diolah menjadi manisan buah, dan biasanya kulitnya juga bisa dibuat mainan anak-anak berupa mobil-mobilan.

Kandungan yang terdapat dalam jeruk bali juga sangat baik untuk kesehatan, seperti antioksidan dan serat yang mampu membuat siapa saja yang mengonsumsinya menjadi kenyang, tapi tidak meningkatkan berat badan secara signifikan.

Jeruk bali memiliki nutrisi yang sangat besar dan baik untuk kesehatan tubuh, apalagi jika dikonsumsi setiap hari.

Manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari jeruk bali untuk kesehatan tubuh?

Manfaat Jeruk Bali untuk Kesehatan Tubuh

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Jeruk bali mengandung vitamin C dan antioksidan yang berfungsi baik untuk menjaga serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Daya tahan tubuh yang kuat akan menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit, contohnya seperti flu dan diare.

Antioksidan yang terkandung dalam jeruk bali juga bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel yang biasanya terjadi akibat paparan radikal bebas.

Apabila tidak dikontrol, radikal bebas bisa menyebabkan penyakit kronis suatu saat nanti, sehingga dengan mengonsumsi asupan yang kaya antioksidan mampu menangkal dampak dari radikal bebas.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Mengonsumsi jeruk bali juga ternyata dapat menurunkan risiko penyakit jantung, karena kandungan vitamin C yang ada di dalamnya mampu menjaga kesehatan jantung.

Tidak hanya itu, antioksidan yang terkandung dalam jeruk bali juga mampu melancarkan peredaran darah yang membantu kinerja jantung.

Dengan mengonsumsi jeruk bali secara teratur, maka hasil yang optimal pun bisa didapatkan karena secara efektif mampu mengurangi kolesterol jahat di dalam tubuh.

Kolesterol jahat itulah yang biasanya menjadi penyebab dari penyakit jantung.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Menurunkan Berat Badan

Siapa yang mengira jika dalam ukuran buah jeruk bali yang besar memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan agar terhindar dari obesitas.

Senyawa isothiocyanate yang ada dalam jeruk bali berguna untuk membantu menurunkan berat badan.

Kandungan serat dan protein yang tinggi dalam jeruk bali juga akan membantu kamu merasa kenyang dengan jauh lebih cepat.

Jumlah kalori yang ada dalam jeruk bali juga tergolong rendah, sehingga tidak perlu khawatir jika berat badan akan naik asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Penyakit kanker memang telah dikenal oleh banyak orang sebagai penyakit yang mematikan, maka tidak heran banyak penelitian yang mencari cara untuk menurunkan risiko terkena penyakit ini.

Jeruk bali ternyata mampu menurunkan risiko terkena penyakit kanker karena mengandung senyawa flavonoid.

Mengonsumsi jeruk bali secara rutin bisa dijadikan cara yang tepat dalam memulai gaya hidup sehat agar bisa menurunkan risiko terkena penyakit kanker.

Kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh dalam jeruk bali terbukti efektif menangkal berbagai macam penyakit.

5. Melancarkan Saluran Pencernaan

Jeruk bali dikenal sebagai salah satu buah yang kaya akan serat yang memang dapat membantu menjaga kesehatan dan melancarkan saluran pencernaan.

Mengonsumsi jeruk bali bisa memenuhi kebutuhan serat yang tubuh kamu butuhkan untuk melancarkan saluran pencernaan.

Serat yang ada dalam jeruk bali dapat menjadi sumber makanan untuk bakteri baik yang ada dalam usus.

Jadi, tidak perlu diragukan lagi jika jeruk bali memang memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan sistem pencernaan tubuh.

Manfaat yang bisa didapatkan dari buah jeruk bali ternyata luar biasa banyak dan baik bagi kesehatan tubuh, sehingga tidak ada salahnya untuk dijadikan menu makanan yang bisa dikonsumsi secara rutin.

Namun, jika kamu ingin mencoba memenuhi kebutuhan serat sehari-hari dengan cara menanam tanaman buah sendiri di rumah, maka buku 9 Tanaman Buah di Pekarangan Rajin Berbuah dapat dipakai sebagai sumber ilmu dan wawasan yang membantu.

Kesembilan tanaman buah yang dapat kamu tanam di pekarangan rumah, antara lain mangga, belimbing manis, jambu air, jambu biji, jeruk, lengkeng, nangka mini, rambutan, dan sirsak.

Buku ini dapat memberikan gambaran untuk memilih buah yang cocok untuk ditanam di pekarangan dengan memerhatikan kondisi ketinggian tempat tinggal dan syarat tumbuhnya.

Jika sudah tidak sabar lagi untuk menanam tanaman buah, langsung saja pesan bukunya melalui situs Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com