Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Pendakian Gunung Tertinggi di Indonesia, Kamu Sudah Pernah?

Kompas.com - 14/09/2022, 11:30 WIB
rekomendasi pendakian gunung tertinggi di Indonesia Sumber: superlive.id rekomendasi pendakian gunung tertinggi di Indonesia
Rujukan artikel ini:
Selayang Pandang Gunung Api dan…
Pengarang: Riki Irfan
|
Editor Rahmad

Indonesia dikenal dengan negara yang mempunyai banyak gunung. Selain itu, Indonesia juga diketahui sebagai negara ketiga yang mempunyai gunung berapi terbanyak di dunia.

Berdasarkan pada data Magma Indonesia, saat ini jumlah gunung berapi yang aktif di Indonesia mencapai 127 gunung. Berbagai gunung tersebut tersebar dari provinsi Aceh hingga Papua.

Bahkan, salah satu gunung di Indonesia termasuk ke dalam daftar 7 gunung tertinggi di dunia. Sederet gunung di Indonesia juga mampu menarik minat para pecinta alam dan para pendaki untuk berkunjung.

Bagi sebagian orang, mendaki gunung ataupun mendaki gunung tertinggi di Indonesia adalah kegiatan yang menantang sekaligus menyenangkan. Jadi, sangat tidak heran kalau banyak orang yang merasa tertantang atau berlomba-lomba untuk mendaki gunung tertinggi di Indonesia.

Mengutip situs Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, gunung tertinggi di Indonesia telah membawa tanah air sebagai salah satu destinasi sport tourism yang banyak digandrungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Berikut ini adalah daftar gunung tertinggi di Indonesia yang bisa menjadi rekomendasi untuk pendakian. Apa saja itu?

Gunung Tertinggi di Indonesia yang Menjadi Destinasi Pendakian

rekomendasi pendakian gunung tertinggi di Indonesia rekomendasi pendakian gunung tertinggi di Indonesia

1. Puncak Jaya

Gunung Puncak Jaya adalah gunung tertinggi di Indonesia yang memiliki ketinggian 4.888 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung yang terletak di Papua ini menjadi bagian dari pegunungan barisan Sudirman yang dikenal dengan sebutan Jaya Wijaya.

Dikutip dari The 7 Summits Indonesia, bahwa gunung tertinggi di Indonesia adalah sebuah gunung karang dengan salju abadi yang luasnya semakin menyusut seiring dengan adanya pemanasan global.

Puncak Jaya atau dikenal juga dengan Carstensz Pyramid juga dinobatkan sebagai salah satu World Seven Summit. Jalur pendakian untuk mencapai puncak gunung tertinggi di Indonesia ini ada dua, yaitu dari Ilaga dan Sugapa. Pesona gunung ini berhasil menarik para pendaki.

2. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci adalah gunung tertinggi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatera. Gunung ini memiliki ketinggian 3.805 mdpl. Letaknya berada di dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, gunung berapi ini adalah gunung yang masih aktif.

Jalur pendakian untuk mencapai gunung Kerinci hanya satu, yaitu dari Desa Kersik Tuo dekat dengan Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi. Gunung ini juga menjadi salah satu situs warisan dunia untuk Tropical Rainforest Heritage of Sumatra.

3. Gunung Rinjani

Gunung tertinggi di Indonesia ini terletak di gugusan kepulauan Sunda kecil yang bernama Gunung Rinjani. Gunung ini memiliki ketinggian 3.726 mdpl yang menjadi gunung tertinggi di Indonesia kedua yang masih aktif.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Lokasi gunung ini berada di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, gunung Rinjani mempunyai banyak daya tariknya sendiri, sehingga menjadi incaran bagi para pendaki. Salah satunya adalah danau kaldera yang ada di puncaknya.

Selain itu, gunung ini memiliki Segara Anak yang ada di ketinggian 2.003 mdpl. Suhu harian pada air permukaan Danau Segara Anak adalah berkisar 20-22 derajat celcius. Yang menjadikannya juga salah satu danau panas vulkanik terbesar di dunia.

4. Gunung Semeru

Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di Indonesia yang terletak di Pulau Jawa. Gunung ini memiliki ketinggian 3.676 mdpl, letaknya di Jawa Timur di antara wilayah Kabupaten Malang dan Lumajang.

Gunung ini dikenal juga dengan nama Gunung Mahameru dan berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Karakteristik dari medannya bervariasi, mulai dari padang savana, hutan cemara, rumput, sampai danau di ketinggian.

Gunung Semeru menjadi salah satu gunung yang menjadi favorit para pendaki dan biasanya ramai didaki pada saat musim liburan.

5. Gunung Latimojong

Gunung tertinggi di Indonesia selanjutnya adalah gunung yang terletak di Pulau Sulawesi. Puncak tertingginya bernama Rante Mario yang memiliki ketinggian 3.430 mdpl.

Gunung ini bukan gunung berapi, tapi jajaran pegunungan dengan beberapa puncak. Gunung ini tepatnya berada di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Normalnya, akses rute pendakian berawal dari Desa Karangan.

Sedangkan puncak tertinggi keduanya adalah Nenek Mori dan juga menjadi puncak kedua tertinggi di Pulau Sulawesi.

Itulah beberapa gunung tertinggi di Indonesia yang biasa dijadikan pendakian oleh para pendaki atau pecinta alam. Untuk kamu yang tertarik tentang gunung tertinggi beserta gunung api, kamu bisa membaca buku Selayang Pandang Gunung Api dan Energi Panas Bumi. Buku ini tersusun atas 9 bab yang dimulai dari definisi gunung api, hubungan tektonisme dan vulkanisme dengan panas bumi.

Tidak hanya seputar pegunungan, buku ini juga membahas parameter penunjang panas bumi. Sehingga bisa menambah wawasan tentang panas bumi dan potensinya yang harus dikembangkan untuk kepentingan masyarakat Indonesia.

Buku ini bisa segera kamu dapatkan di https://www.gramedia.com/

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com