Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Siswa Lulusan SMK Bisa Masuk Akmil? Temukan Jawabannya di Sini!

Kompas.com - 06/09/2022, 14:00 WIB
Apakah Lulusan SMK Bisa Masuk Akmil Sumber Gambar: instagram.com/akmil.id Apakah Lulusan SMK Bisa Masuk Akmil
Rujukan artikel ini:
Kupas Tuntas Tes TNI/POLRI
Pengarang: Mohammad Jauhar, S.Pd.
Penulis Okky Olivia
|
Editor Novia Putri Anindhita

Menjelang pembukaan pendaftaran Akademi Militer (Akmil), masih banyak orang yang menanyakan terkait dengan persyaratan apa saja yang harus dipenuhi, sebab hal ini penting supaya para calon pendaftar bisa mempersiapkannya terlebih dahulu.

Pendaftaran taruna akmil ini akan dilakukan secara online melalui laman resmi penerimaan prajurit TNI, yaitu melalui laman http://rekrutmen-tni.mil.id, sesuai dengan batas waktu pendaftaran yang telah ditentukan.

Namun khusus untuk TNI AD (Angkatan Darat), para calon pendaftar juga bisa mendatangi tempat pendaftaran secara offline dengan membawa seluruh berkas-berkas yang diminta.

Meski syarat dan ketentuannya sudah jelas, ternyata masih ada sebagian orang yang bertanya-tanya, sebenarnya siapa saja yang bisa mendaftar Akmil? Apakah hanya siswa lulusan sekolah tertentu dengan nilai tertentu?

Apa para siswa lulusan SMK juga mendapat kesempatan yang sama untuk mendaftar Akmil? Yuk, ketahui jawabannya berikut ini.

Apakah Lulusan SMK Bisa Masuk Akmil?

Menurut peraturan yang telah ditetapkan, para siswa yang ingin mendaftar ke Akademi Militer (Akmil), harus memiliki pengetahuan dasar yang sifatnya umum.

Berbeda dengan SMA, para siswa lulusan SMK biasanya lebih banyak mempelajari soal pelajaran kejuruan dan hanya fokus pada satu keahlian saja, misalnya teknik mesin, akuntansi, administrasi perkantoran, dan lain sebagainya.

Jadi bisa disimpulkan bahwa siswa lulusan SMK tidak bisa mendaftar untuk masuk ke akmil karena dianggap tidak memenuhi syarat atau peraturan yang sudah ada.

Khusus untuk lulusan SMK sendiri, mereka bisa mencoba untuk mendaftar di sekolah kedinasan lain yang nantinya bisa disesuaikan dengan jurusan yang telah mereka pilih.

Syarat Masuk Akmil yang Perlu Dipersiapkan

Jika kamu tertarik untuk masuk ke akademi militer, kamu tentu harus mengetahui syarat-syarat apa saja yang perlu dipersiapkan, tentunya juga dilengkapi dengan berkas-berkas administrasi yang lengkap dan sesuai.

1. Persyaratan Umum

  1. Pendaftar merupakan warga negara Indonesia (WNI).
  2. Memiliki iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Memiliki rasa kesetiaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang memiliki dasar negara Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia.
  4. Tidak pernah sekalipun melakukan tindak kriminalitas, dibuktikan dengan surat resmi dari Kepolisian Republik Indonesia.
  5. Calon pendaftar berusia minimal 17 tahun dan maksimal 22 tahun.
  6. Sehat secara jasmani dan rohani.
  7. Tidak pernah mengalami permasalahan di bidang keprajuritan dan tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan dengan putusan pengadilan.

2. Persyaratan Lain yang Harus Dipersiapkan

  1. Wanita dan pria minimal memiliki ijazah SMA/MA, dan bukan anggota maupun mantan anggota prajurit.
  2. Memiliki tinggi badan minimal 160 cm khusus untuk pria, dan minimal 155 cm khusus untuk wanita.
  3. Belum pernah menikah dan menyanggupi untuk tidak menikah selama proses pendidikan masih berjalan.
  4. Memberikan kesanggupan untuk menjalani Ikatan Dinas Pertama selama 10 tahun.
  5. Pendaftar harus bersedia ditempatkan di seluruh wilayah yang ada di Indonesia.
  6. Mampu mengikuti berbagai pemeriksaan dan pengujian yang diselenggarakan oleh panitia, ada beberapa tes yang harus kamu jalani seperti:
  • Tes kelengkapan administrasi
  • Tes kesehatan
  • Tes jasmani
  • Tes litpers
  • Tes psikologi
  • Tes akademik

3. Persyaratan Tambahan

Persyaratan ini harus dipenuhi guna melengkapi persyaratan pendaftaran akmil, diantaranya seperti:

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

  1. Memiliki surat persetujuan dari orang tua/wali, supaya tidak akan melakukan intervensi kepada pihak panitia, terutama terkait dengan biaya sekolah akmil yang memang gratis dan tidak dipungut biaya sepeserpun.
  2. Tidak memiliki tato dan tindik, kecuali berdasarkan ketentuan adat.
  3. Bersedia memenuhi persyaratan bebas KKN.
  4. Memiliki kartu BPJS.

Setelah membaca beberapa persyaratan diatas, kamu tentu bisa ikut menilai apakah para siswa lulusan SMK ini diperbolehkan untuk mendaftar akmil atau tidak.

Nah, bagi kamu para lulusan SMA yang sedang mempersiapkan diri untuk menjadi taruna akmil, kamu perlu menyadari bahwa tidak hanya fisik, kamu juga membutuhkan kekuatan pikiran dan pengetahuan yang luas.

Tes akademik menjadi salah satu syarat masuk yang harus dipenuhi, jadi untuk bisa mendapatkan nilai yang baik, kamu harus sering-sering berlatih soal dan membaca banyak rangkuman materi.

Salah satu buku yang bisa memberikan pengetahuan lebih mengenai tes militer adalah buku Kupas Tuntas Tes TNI/POLRI karya Mohammad Jauhar, S.Pd.

Tidak hanya saat bertempur, memahami berbagai jenis tes juga membutuhkan taktik dan strategi yang sangat matang, jadi kehadiran buku ini bisa menjadi salah satu alternatif terbaik.

Buku ini akan memberikan banyak informasi seputar tes TNI dan Polri, persyaratan yang harus dipenuhi, cara menghadapi seleksi administrasi, dan tips lolos tes kesehatan.

Tidak hanya itu, kamu juga menyajikan beberapa rahasia untuk bisa lolos tes fisik sehingga kamu bisa mempersiapkan diri sebelum benar-benar terjun.

Dari segi akademik, buku ini dipenuhi oleh soal-soal latihan dan pembahasan TPA/Psikotes, yang soal-soalnya banyak diambil dari soal tes tahun lalu yang dianggap akurat untuk dijadikan acuan soal tahun ini.

Bagi kamu yang ingin mengenal buku ini lebih dalam, kamu bisa membelinya melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau