Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Ciri-Ciri Orang yang Menggunakan Suntik Putih? Simak Penjelasannya dan Ketahui Efek Sampingnya pada Tubuh

Kompas.com - 29/08/2022, 18:00 WIB
Ciri Orang yang Menggunakan Suntik Putih Sumber Gambar: Freepik.com Ciri Orang yang Menggunakan Suntik Putih
Rujukan artikel ini:
The Little Book of Skin…
Pengarang: Charlotte Cho
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Beberapa tahun kebelakang, banyak orang yang sudah mengetahui kalau ada metode tertentu yang bisa membuat kulit menjadi lebih cepat putih secara instan.

Metode tersebut kini lebih dikenal secara luas dengan nama suntik putih.

Suntik putih banyak dijadikan alternatif untuk membuat perempuan terlihat lebih cantik, karena tidak bisa dipungkiri, masih banyak pihak yang berpendapat kalau perempuan yang cantik adalah mereka yang memiliki kulit putih dan bersih.

Bahkan tidak jarang, ada beberapa orang yang menjadikan kulit putih sebagai standar kecantikan, padahal definisi cantik tidak bisa dinilai hanya dari warna kulitnya saja.

Jadi jangan heran kalau kamu melihat banyak perempuan yang berlomba-lomba untuk bisa mendapatkan kulit yang putih, salah satunya dengan menggunakan cara yang instan seperti suntik putih.

Lantas, kandungan bahan apa saja yang biasanya digunakan dalam metode suntik putih dan bagaimana ciri-ciri orang yang menggunakan suntik putih? Kamu bisa simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Kandungan Bahan untuk Suntik Putih

Metode suntik putih merupakan cara instan yang bisa memutihkan kulit dalam waktu yang relatif cepat, yakni dengan menyuntikkan cairan kombinasi dari larutan vitamin C, glutathione, kolagen, dan beberapa bahan lainnya.

Ketiga bahan utama ini tentunya memiliki manfaat yang berbeda-beda, yakni:

1. Vitamin C

Vitamin C yang kaya antioksidan bisa membantu menjaga kesehatan kulit secara optimal, sekaligus juga bisa melembutkan kulit dan mengurangi kerutan yang ada pada kulit.

2. Glutathione

Zat antioksidan yang biasanya digunakan sebagai penangkal radikal bebas yang bisa membantu menghambat produksi melanin di dalam tubuh, zat ini akan menghambat kadar melanin yang berwarna gelap supaya kulit tetap terlihat putih dan cerah.

3. Kolagen

Kolagen sangat berguna untuk menjaga tingkat elastisitas pada kulit, sehingga kulit bisa terlihat lebih kencang dan kenyal, tentunya juga bisa membantu memutihkan kulit dalam waktu yang relatif cepat.

Ketiga kombinasi cairan tersebut nantinya akan masuk ke dalam jaringan kulit, kemudian memecah dan menghalangi produksi melanin yang ada di dalam kulit.

Dalam pengerjaannya, ketiga cairan ini biasanya akan disuntikkan secara lambat (kurang lebih 5 menit), di beberapa bagian tubuh seperti lipatan lengan atau punggung tangan.

Ciri-Ciri Orang yang Menggunakan Suntik Putih

1. Terjadi Perbedaan Warna Kulit dalam Waktu Singkat

Suntik putih tentu akan memberikan hasil yang relatif lebih cepat dibandingkan saat kamu menggunakan produk kecantikan dengan bahan-bahan alami.

Dalam kurun waktu seminggu, kamu sudah bisa melihat perbedaan yang signifikan dibanding sebelum melakukan suntik putih.

Bagi orang yang memiliki pigmen kulit yang berwarna putih, mereka akan lebih mudah untuk mengembalikan kecerahan kulitnya dibandingkan dengan mereka yang memiliki pigmen kulit berwarna gelap.

2. Kulit Bisa Menjadi Lebih Sensitif dari Biasanya

Orang-orang yang menggunakan suntik putih biasanya memiliki kulit yang jauh lebih sensitif, tentunya karena terlalu banyak zat yang disuntikkan ke dalam kulit.

Kebanyakan dari mereka harus lebih menjaga keamanan kulit dari polusi maupun radiasi sinar matahari yang ternyata bisa membuat kulit jadi mudah perih dan infeksi.

3. Mengalami Ketergantungan

Orang-orang yang menggunakan suntik putih biasanya akan mengalami ketergantungan yang membuatnya harus terus melakukan suntik secara berkala sesuai jadwal yang ditentukan, hal ini supaya kulit tidak kembali menghitam dan kusam.

Meskipun dinilai efektif dan bisa memutihkan kulit dalam waktu sekejap, ada beberapa efek samping yang akan terjadi jika kamu menggunakan suntik putih dalam dosis yang berlebihan secara terus menerus.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Efek Samping Suntik Putih Bagi Tubuh

1. Permasalahan pada Kulit

Penggunaan dosis zat dalam suntik putih yang terlalu tinggi bisa menimbulkan efek samping seperti luka, peradangan, iritasi, hingga hiperpigmentasi pada kulit.

Beberapa orang juga mengalami reaksi alergi dan iritasi pada kulit yang diikuti dengan gejala seperti kulit kemerahan, melepuh, sampai pembengkakan terutama pada area kulit yang disuntikkan cairan.

2. Terasa Nyeri pada Area Kulit yang Disuntik

Suntik putih secara berlebihan akan membuat kulit nyeri dan memar terutama pada area kulit yang disuntik, bahkan dalam beberapa kasus juga ada yang sampai mengalami pendarahan hingga jaringan parut.

3. Kerusakan Sel Kulit

Terlalu banyak bahan kimia yang masuk melalui suntik putih sebenarnya bisa menyebabkan kerusakan melanin pada kulit.

Melanin merupakan pigmen pemberi warna pada kulit yang berfungsi melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari, jika melanin ini rusak, kulit akan sangat beresiko terkena infeksi yang parah.

4. Gangguan Metabolisme pada Tubuh

Jika dosisnya berlebihan, zat yang ada dalam cairan suntik putih bisa mengendap di dalam tubuh, dan bisa menyebabkan gangguan metabolisme pada tubuh.

Pasalnya, dosis suntik putih biasanya menggunakan sekitar 1000 sampai 1800 mg vitamin C, padahal tubuh orang dewasa saja hanya memerlukan sekitar 40 mg vitamin C setiap harinya.

5. Gangguan Kesehatan pada Tubuh

Penggunaan zat glutathione dalam dosis yang besar secara berkepanjangan juga bisa menimbulkan efek samping pada kesehatan, misalnya seperti sakit kepala, mual, kram pada perut, diare, masalah pernapasan, gangguan pada mata, dan masih banyak lagi.

Khusus untuk suntik putih yang beberapa diantaranya juga menggunakan kandungan tranexamic acid, akan beresiko terkena keracunan saraf maupun kelainan pada fungsi organ ginjal.

Itu dia beberapa bahaya serta efek samping bagi para pengguna suntik putih, terutama mereka yang menggunakannya secara berlebihan.

Pada dasarnya, menjaga dan mensyukuri warna kulit yang sudah kita miliki sejak lahir adalah cara terbaik yang bisa kita lakukan, dibandingkan harus memaksakan diri yang nantinya malah berdampak tidak baik pada kesehatan.

Selain penggunaan suntik putih, sebenarnya masih ada cara lain yang jauh lebih aman untuk membuat kulit terlihat lebih cerah dan terawat, salah satunya dengan menggunakan berbagai produk kecantikan kulit atau skincare.

Bagi kamu yang ingin memiliki kulit cantik, cerah, dan ideal, kamu bisa intip rahasianya dalam buku The Little Book of Skin Care - Rahasia Kecantikan Korea untuk Kulit Sehat dan Bercahaya yang ditulis oleh Charlotte Cho.

Di negeri ginseng Korea, kulit yang sehat dan bercahanya juga dijadikan sebagai salah satu bentuk kecantikan yang ideal.

Dalam buku ini, kamu akan dipandu untuk melakukan 10 langkah perawatan kulit ala orang Korea, yang bisa membuat kulit kamu menjadi lebih cantik dan bercahaya, tentunya dengan cara yang aman dan baik bagi tubuh.

Selain itu, buku ini juga akan membagikan berbagai tips untuk merawat kulit, produk-produk skincare yang cocok berdasarkan kondisi kulit, serta wawancara khusus dengan ahli kecantikan yang sudah biasa menangani masalah ini.

Melalui buku ini, kamu akan dimudahkan untuk bisa memiliki kulit yang cerah dan bersinar, yang tentunya akan semakin mempercantik penampilan kamu sehari-hari.

Buku ini bisa kamu beli dan dapatkan melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com