Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Ternyata Cara Melacak Lokasi Akun Instagram Seseorang dengan Mudah

Kompas.com - 20/08/2022, 11:31 WIB
Cara Melacak Lokasi Akun Instagram Sumber Gambar: Pexels.com Cara Melacak Lokasi Akun Instagram
Rujukan artikel ini:
#NOFILTER: Cerita Tersembunyi di Balik…
Pengarang: Sarah Frier
|
Editor Ratih Widiastuty

Cara melacak lokasi akun Instagram sepertinya kini perlu diketahui, karena ternyata di media sosial kerap hadir akun-akun yang cukup meresahkan dan meninggalkan komentar berisi hujatan, cacian, bahkah hingga ancaman.

Lokasi orang-orang yang berlindung di sebuah akun anonim ini mesti diketahui, agar ketika diperlukan tindakan hukum kita sudah mengantongi identitas dan lokasi orang tersebut.

Instagram sendiri merupakan salah satu akun media sosial yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan, baik hanya untuk sekedar terhubung dengan teman-teman, mencari inspirasi, bahkan bisa digunakan sebagai media mencari uang pula.

Pada dasarnya setiap pengguna Instagram bisa mengunggah konten berupa foto dan video yang bisa mendapatkan like dan komentar dari akun-akun lainnya.

Tidak jarang pula, banyak komentar-komentar negatif bernada kebencian yang muncul di kolom komentar.

Biasanya, komentar-komentar negatif berisi kebencian ini sering ditujukan untuk akun-akun populer, tapi tidak menutup kemungkinan akun-akun biasa dengan pengikut yang jauh lebih sedikit pun dapat menerimanya.

Oleh karenanya, agar dapat mengambil langkah yang tepat, kita perlu mengetahui lokasi dari akun-akun bodong yang menyerang kita supaya dapat memberikan efek jera.

Namun, bagaimana cara melacak lokasi akun Instagram seseorang dengan mudah? Simak jawabannya berikut ini.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Cara Melacak Lokasi Akun Instagram

  1. Pertama, buka aplikasi Instagram dan cari nama akun yang ingin kamu lacak lokasinya.
  2. Selanjutnya, klik akun tersebut untuk melihat beranda profilnya secara lengkap.
  3. Kemudian, klik gambar titik tiga yang terdapat di kanan atas profil akun Instagram tersebut.
  4. Selanjutnya, pilih opsi “salin URL”.
  5. Terus buka tab baru untuk membuka browser.
  6. Agar IP dapat terlacak, maka gunakan website pihak ketiga “Grabify”.
  7. Tempelkan tautan dan ketuk buat URL.
  8. Langkah ini dilakukan untuk menghasilkan tautan pelacakan IP baru.
  9. Selanjutnya kirim URL tersebut pada akun Instagram yang lokasinya ingin kamu temukan dan jika akun tersebut mengklik link URL yang dikirimkan, kamu dapat langsung menyalin IP address.
  10. Kemudian, buka website IP Tracker dan pilih opsi “IP Tracker Option”.
  11. Akhirnya, kamu akan mendapatkan informasi mengenai IP adress tersebut.

Jadi, boleh dibilang untuk mencari lokasi akun Instagram seseorang, maka kamu membutuhkan situs pihak ketiga agar bisa melakukannya.

Hanya bermodalkan smartphone, jaringan internet, dan mencari informasi di dalamnya, maka kamu akan dengan gampang dapat mencari tahu siapa dan di mana lokasi dari suatu akun Instagram.

Daripada kamu menanggapi komentar kebencian yang merendahkan dan menghina, mungkin kamu juga sedikit bertanya-tanya tentang sejarah atau asal usul dari kemunculan media sosial Instagram.

Untuk menjawab rasa penasaran kamu tersebut, buku #NOFILTER yang ditulis oleh Sarah Frier ini akan mengupas tuntas segala seluk beluk dari kemunculan Instagram.

Buku ini merupakan hasil penelusuran dari Sarah Frier mengenai apa yang benar-benar terjadi di balik Instagram, mulai dari ide awal Kevin Systrom dan Mike Krieger dalam membuat aplikasi yang memudahkan pemakainya untuk menjadi fotografer amatir, hingga ketika kejadian bersejarah saat Mark Zuckerberg mengakusisi perusahaan ini senilai 1 miliar dolar.

Tak bisa dipungkiri, kemunculan Instagram mampu mengubah cara kita dalam menggunakan media sosial agar dapat menjadi lebih kreatif dan inovatif, maka tidak ada salahnya jika kamu mulai membaca buku ini.

Bukunya sendiri dapat langsung kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com