Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Agar Tidak Di Ghosting Untuk Mempersiapkan Relationship yang Ideal

Kompas.com - 11/08/2022, 15:30 WIB
cara agar tidak di ghosting pixabay cara agar tidak di ghosting
Rujukan artikel ini:
REALationship from CYBERspace
Pengarang: Hendy Suprapto ,Vonny Thay,…
|
Editor Rahmad

Ghosting adalah fenomena menyakitkan untuk para pejuang asmara. Bayangkan bahwa kamu sudah jatuh cinta dan berharap mencapai relationship goals yang kamu impikan. Cinta tak berbalas tiba-tiba menghilang tanpa jejak.

Ketika dibiarkan tanpa kejernihan, pikiran tidak lagi bingung, tetapi pecah dan berserakan. Apakah ada cara untuk menjaga gebetan agar tidak ghosting? Dalam praktiknya kamu memang perlu waspada dan memahami cara agar tidak di ghosting gebetan.

Kenapa Gebetan Meng-Ghosting Kita?

Ghosting sangat umum terjadi di fase PDKT, dan ada banyak alasan mengapa seseorang mungkin tega meninggalkan calon pasangannya. Daripada mengakhiri hubungan dengan tatap muka dan menghadapi semua konsekuensinya, pelaku ghosting lebih memilih untuk cepat-cepat menghindar.

Mereka lebih memilih menarik diri tanpa klarifikasi. Tidak jarang mereka memutuskan kontak melalui semua saluran komunikasi, sehingga sulit untuk menjalin kontak kembali. menurutnya ini adalah cara terbaik untuk mengungkapkan bahwa mereka sudah tidak lagi tertarik padamu dan merasa hubungan kalian tidak akan berhasil kedepannya.

Apapun alasan untuk menghilang secara diam-diam, ghosting dapat menyebabkan luka secara psikologis pada orang yang ditinggalkannya.

Cara Agar Tidak Di Ghosting Gebetan

Berikut ini cara yang bisa lakukan agar tidak di ghosting dan mempersiapkan diri agar tidak terlalu berharap pada cowok yang memiliki tanda-tanda ingin menghosting kamu:

1. Hindari Tarik Ulur Saat PDKT

Selama PDKT Sikap jual mahal mungkin merupakan cara paling penting untuk menggaet gebetan selama PDKT. Tapi hati-hati jangan terlalu sibuk dengan cara ini. Ingatlah bahwa kesan pertama itu penting.

Faktanya, tim peneliti dari Israel dan New York mengatakan bahwa mempertahankan sikap mahal sebenarnya dapat membuat kamu terlihat tidak menarik untuk waktu yang lama dan tidak dianggap serius saat membangun hubungan.

Gebetan mungkin ingin usahanya dihargai dan disukai olehmu. Sikap tidak berperasaan dan acuh juga membuatmu terkesan meremehkannya. Dia mungkin berpikir kamu adalah orang yang membosankan.

Atau terlalu mengontrol dan dia akan tersinggung untuk waktu yang lama. Tunjukkan bahwa kamu adalah orang yang terbuka dengan kehidupan yang menarik dan bahagia. Misalnya dengan sesekali memberikan kejutan atau hadiah kecil.

Namun disisi lain, ia juga bisa tampil misterius dengan menghindari membuka diri terlalu cepat atau mengungkap semua kisah hidupnya sekaligus. Buat dia selalu menarik minatnya terhadapmu dengan terus-menerus memprovokasi mereka untuk berinisiatif mengenal kamu lebih baik.

2. Tidak terlalu Banyak PDKT Lewat Chat

Tidak memilih PDKT lewat chat adalah cara yang sangat efektif untuk menghindari dari pelaku ghosting. Kamu bisa menghabiskan banyak waktu dengan bertemu dan ngobrol dengan gebetan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Karena ghosting biasanya merupakan hasil dari kesalahpahaman yang tidak diobati. Dengan membaca bahasa tubuh dan cara berbicara satu sama lain ketika kamu sedang berbicara tatap muka, setidaknya kamu dapat mengetahui apakah gebetan benar-benar cocok atau tertarik satu sama lain.

Kecocokan dan minat yang tulus tidak selalu tercermin hanya dengan mengobrol di chat. Coba urutkan topik mana yang menurut Anda lebih menarik untuk dibicarakan dalam obrolan dan topik obrolan mana yang menurut Anda lebih cocok untuk dibicarakan secara tatap muka.

Dengan begitu, waktu yang Anda habiskan bersamanya di dunia maya dan dunia nyata akan selalu hangat, seru, dan tidak pernah membosankan.

3. Amati Gerak-geriknya

Jika kamu berada dalam hubungan intim atau jangka panjang, pasti bisa menebak seperti apa kehidupan sehari-hari hubunganmu. Seperti kebiasaannya saat mengobrol atau semangatnya saat membicarakan hal-hal tertentu.

Jika dia mulai enggan, bahkan jika kamu telah menggunakan segala cara untuk memikatnya, maka kemungkinan gebetan akan ghosting.

Tapi kamu seharusnya tidak tersinggung. Ghosting kadang-kadang bisa menjadi berkat yang nyata. Mungkin kamu hanya terhindar dari calon pacar yang tidak baik untukmu di masa depan.

4. Coba Komunikasi

Jika kamu sudah melihat tanda-tanda ketidakseriusan gebetan, coba komunikasi dengannya. Ungkapkan kegelisahanmu dan nyatakan apa yang jadi masalah dalam masa pendekatan kalian.

Hal ini tentu wajar dan normal kamu tanyakan jika kalian memang benar-benar sudah merasa cocok dan ingin melanjutkan hubungan. Dari cara itulah kamu mungkin bisa menemukan orang baru dan berniat untuk benar-benar menjalin hubungan yang serius.

Dalam praktiknya banyak juga orang yang tidak berhasil hubungannya lewat dating apps ini. Baik itu di ghosting atau memang benar-benar tidak serius dari awal.

5. Jangan Terlalu Overthinking dan Hindari Sikap Posesif Saat PDKT

Tanamkan dalam pikiranmu bahwa kamu hanya dalam fase pengenalan. Sebaiknya kamu juga tidak terlalu berekspektasi dengan gebetan dengan menuntutnya jadi pasangan yang sempurna. Jika kamu sudah merasa cocok dengannya, coba tegaskan hubungan kalian.

Jika dia sudah memiliki tanda ghosting maka jangan terlalu berharap dengan hubungan kalian dan segera move on!

Buku Relationship From Cyberspace akan sangat berguna untuk memahami cara-cara pendekatan dengan gebetan. Terutama kamu yang mencari pasangan lewat dating apps. Saat ini sudah banyak orang yang menggunakan aplikasi dating online.

Maka buku ini akan membantu kamu melakukan cara agar tidak di ghosting oleh gebetan. Terutama membangun komunikasi yang baik di dating apps ini dan membawa hubunganmu dari cyber menjadi real. Buku ini sendiri bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com