Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Melulu Karena Gengsi, Ini 5 Alasan Kenapa Banyak Artis Menggunakan iPhone

Kompas.com - 04/08/2022, 09:00 WIB
Kenapa Artis Pakai iPhone Sumber Gambar: unsplash.com Kenapa Artis Pakai iPhone
Rujukan artikel ini:
The Four: DNA Rahasia Amazon,…
Pengarang: Scott Galloway
|
Editor Ratih Widiastuty

Saat ini ponsel jadi alat komunikasi yang penting bagi manusia, bahkan jenisnya pun beragam tergantung pada kebutuhan tiap penggunanya.

Sejauh ini, sistem operasi pada ponsel paling populer adalah Android dan Apple’s iOS dengan spesifikasi masing-masing yang berbeda.

Sistem operasi Android dikembangkan oleh Google (GOOGL) yang banyak digunakan oleh perangkat seluler bermerek seperti Samsung, Xiaomi, Nokia, Sony, dan lain sebagainya.

Sedangkan sistem operasi Apple’s iOS dikembangkan oleh Apple Inc. dan hanya digunakan oleh perusahaan untuk memberdayakan perusahaan perangkat seluler mereka, seperti iPhone dan iPad.

Di Indonesia, mayoritas masyarakat masih menggunakan ponsel Android dibandingkan iPhone karena harganya yang dinilai jauh lebih murah dengan spesifikasi hampir sama.

Meski begitu, sejumlah orang terutama artis juga masih banyak yang memilih menggunakan iPhone karena alasan spesifikasi yang dinilai lebih mumpuni.

Harga iPhone terbilang mahal bagi sebagian kalangan, bahkan memiliki merek ponsel tersebut bisa jadi ajang pamer status sosial.

Namun, tak melulu karena gengsi, penggunaan iPhone begitu pula bagi kalangan artis memiliki alasan tertentu, lho.

5 Alasan Kenapa Banyak Artis Menggunakan iPhone

1. Daya Tahan yang Lebih Awet

Bagi pengguna ponsel yang dari awal memakai produk Apple, pasti akan merasa enggan untuk ganti ke Android karena berbagai alasan, seperti tampilan yang lebih mudah diakses hingga daya tahan yang dinilai lebih awet.

iPhone kerap jadi pilihan bagi orang yang tidak suka ganti ponsel dalam jangka waktu lama, sebab dalam satu seri biasanya dapat terus mendapat update iOS hingga 5 tahun ke depan.

Hal itu berbanding terbalik dengan Android, yakni tidak semua perangkat dapat menerima update software hingga akhirnya pengguna disarankan untuk membeli ponsel dengan sistem operasi terbaru yang lebih mumpuni.

2. Kualitas Kamera Lebih Nyata

Di era digital saat ini, kamera jadi salah satu alat penting yang digunakan untuk memaksimalkan sejumlah pekerjaan atau mengabadikan foto bersama.

Maka, tak heran jika iPhone yang telah eksis sejak 15 tahun lalu ini makin diminati banyak orang, terutama karena alasan kualitas kamera lebih baik dibandingkan Android.

Meski banyak ukuran megapixel ponsel besutan Apple ini tidak lebih besar dari Android, hasil foto terbaik justru lebih sering didapatkan dari iPhone.

3. Tampilan Lebih Sederhana dan Mudah

Produk iPhone memiliki tampilan pengguna atau user interface yang lebih sederhana dan mudah dibandingkan Android.

Aplikasi-aplikasi dalam iPhone selalu ditempatkan di menu utama tanpa harus menekan tombol tambahan lain, sehingga tidak membuat pengguna kebingungan untuk mencari aplikasi yang diinginkan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Selain itu, iPhone punya fitur yang membuat pengguna dapat lebih praktis mengoperasikan ponsel yakni dengan menggunakan Siri, asisten pribadi dalam sistem iOS.

Siri mampu memahami pertanyaan yang diucapkan tanpa harus mengetiknya langsung dengan mengucapkan kalimat awal “Hey Siri, (pertanyaan atau tugas yang ingin kamu cari)”.

4. Minim Bloatware yang Menguras Memori Penyimpanan

Bloatware merupakan aplikasi bawaan yang ditanamkan pada ponsel oleh pihak manufaktur, biasanya akan langsung ter-install pada ponsel Android dan ada beberapa aplikasi bahkan tidak bisa di-uninstall.

Sedangkan di iPhone, sistem iOS memberikan pilihan kepada penggunanya untuk uninstall aplikasi bawaan yang tidak diinginkan agar kapasitas penyimpanan tidak cepat penuh.

5. Sistem Keamanan Terpercaya

Dibandingkan Android, iPhone dinilai lebih memiliki perlindungan keamanan terpercaya yang optimal.

Apple sebagai perusahaan produsen iPhone memiliki pengawasan ketat dalam memilah aplikasi-aplikasi dalam App Store sehingga penyebaran malware pada ponsel dapat diminimalisir.

Selain itu, setiap produk Apple mulai dari iPhone, Mac, iPad, hingga Apple Watch dapat terintegrasi dengan baik, seperti melalui fitur pengiriman AirDrop yang dapat membentuk ekosistem digitalnya sendiri.

Seperti layaknya istilah “ada harga, ada rupa”, kehadiran iPhone bisa jadi daya tarik bahkan bagi kalangan artis untuk menggunakannya.

Meski begitu, pada dasarnya antara iPhone dan Android memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing tergantung pada kebutuhan tiap orang.

Nah, untuk lebih memahami latar belakang perkembangan iPhone dan Android, kamu bisa membaca buku The Four: DNS Rahasia Amazon, Apple, Facebook, dan Google.

Lewat buku tersebut, kamu akan dibawa pada ragam cerita tentang strategi empat perusahaan teknologi terbesar di dunia, di antaranya Apple dan Google sebagai dua raksasa teknologi yang mengembangkan revolusi digital, salah satunya lewat sistem operasi pada ponsel rancangan mereka, yakni iOS dan Android.

Buku karya Scott Galloway tersebut juga dapat memberikan pencerahan tentang mengapa banyak orang, mulai dari masyarakat biasa hingga kalangan artis lebih banyak menggunakan iPhone dibandingkan Android.

Selain itu, buku ini juga dapat membuatmu mempelajari strategi kesuksesan empat perusahaan teknologi terbesar di dunia tersebut dalam mengembangkan dunia digital.

Bagi kamu yang tertarik pada perkembangan digital seperti kemajuan teknologi pada ponsel, buku The Four: DNS Rahasia Amazon, Apple, Facebook, dan Google cocok untuk dimiliki sebagai referensi.

Dapatkan dengan mudah di toko buku Gramedia atau pesan secara online melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com