Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tujuan Mindfulness yang Bermanfaat Di Dunia Kerja

Kompas.com - 29/07/2022, 11:30 WIB
tujuan mindfulness Photo by StockSnap on Pixabay tujuan mindfulness
Rujukan artikel ini:
Mindfulness for Success
Pengarang: Tim Wesfix
|
Editor Rahmad

Istilah mindfulness tampaknya sudah mulai populer. Banyak orang yang penasaran karena dipercaya dapat membantu mereka mengatasi stres dan kecemasan. Tujuan mindfulness juga dapat meningkatkan produktivitas di tempat kerja.

Psikolog Marsha Lucas, Ph.D mengungkapkan bahwa mindfulness adalah upaya untuk memusatkan semua perhatian dan menjalani apa yang sedang dilakukan. Dalam dunia kerja, kamu tentu butuh menerapkan mindfulness karena bertujuan baik untuk kinerja dalam jangka panjang.

Tujuan Mindfulness di Dunia Kerja

Mengapa kamu perlu menerapkan mindfulness di tempat kerja? Berikut ini tujuan mindfulness yang baik diterapkan dalam dunia kerja:

1. Mengatasi Multitasking yang Tidak Perlu

Tidak ada masalah bahkan jika beberapa tugas bisa dijalankan pada waktu yang sama. Hal ini lebih populer dikenal sebagai istilah multitasking. Ternyata efek negatif dari multitasking tidak boleh dianggap remeh.

Hal ini karena dampaknya dapat bertahan sepanjang hari, dari pagi hingga sore, dari satu aktivitas ke aktivitas berikutnya. Orang-orang selalu bisa berada di aktivitas mereka yang sibuk.

Untuk alasan ini, orang perlu memahami tujuan dari mindfulness yang sebenarnya dapat memberikan efek yang lebih baik. Ibarat seorang perenang, mindfulness ibarat pelampung yang dapat mencegah orang mengambil risiko tenggelam dalam pikiran dan kesibukannya.

2. Tujuan Mindfulness saat Bekerja bisa Tercapai Jika Dilakukan Secara Rutin

Istilah mindfulness juga dipahami sebagai gaya hidup dengan kesadaran penuh. Kesadaran dan fokusnya hanya pada hari dan tempat yang sedang dialami, tanpa terganggu oleh pikiran masa lalu dan masa depan.

Bukannya berarti kamu tidak merencanakan hari esok, tetapi saat kamu merencanakan sesuatu, fokusnya adalah pada apa yang dapat dilakukan hari ini. Tujuan mindfulness di tempat kerja terasa ketika dipraktekkan secara teratur di tempat kerja.

3. Agar Terbiasa Menghadapi Segala Kondisi

Dalam kehidupan sehari-hari, pasti ada sesuatu yang tiba-tiba menyebabkan stres dan tekanan seperti di tempat kerja. Tugas dan situasi sulit di mana kamu tidak dapat memenuhi harapan dan bisa melelahkan.

Ada beberapa cara orang mengalami stres. Beberapa masih berjuang untuk mengendalikan diri, sementara yang lain dilatih secara mental untuk menjadi lebih kuat.

Perhatian penuh di tempat kerja membantu orang dengan tenang untuk mempertimbangkan masalah. Daripada cepat bereaksi atau membuat keputusan yang terburu-buru. Sikap tenang dapat menjadikannya pribadi yang bijaksana, bahkan di luar pekerjaan sekalipun.

Photo on Pixabay

4. Agar Lebih Baik dalam Memimpin

Semua orang ingin bahagia dengan pekerjaan dan tim mereka. Para pemimpin juga memperkuat tim mereka secara lebih efektif dengan menerapkan prinsip-prinsip mindfulness ini. Pada tingkat konsentrasi dan fokus ini, pengendalian diri akan jauh lebih baik.

Kamu tentu perlu mendengarkan anggota tim. Tetapi bagaimanapun juga, manajer harus membuat keputusan yang meyakinkan. Janganlah selalu mengharapkan verifikasi dari orang lain dan tidak setiap langkah mudah terpengaruh.

5. Bertujuan Melatih Work Life Balance

Setiap orang, termasuk karyawan di tempat kerja, harus unik, misalnya karena nilai-nilai pribadi. Tuntutan pekerjaan, di sisi lain, menawarkan kesempatan untuk lebih mengeksplorasi keterampilan mereka.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Banyak energi dan pikiran yang dicurahkan untuk bekerja. Di sini, sikap mindfulness sangat penting bagi seseorang untuk menyeimbangkan kehidupan dan pekerjaan. Tujuan mindfulness adalah untuk fokus pada pekerjaan di kantor.

Sehingga kamu juga dapat mencapai keseimbangan kehidupan di tempat kerja. Di rumah, fokusnya adalah pada keluarga dan kehidupan pribadi. Kamu juga dapat membagi jam kerja di kantor pusat dari jam keluarga di rumah.

Saat kamu benar-benar sibuk, jangan ragu untuk mengatakan tidak pada agenda yang kurang mendesak. Mindfulness akan melatih kamu untuk hidup lebih balance dan memahami prioritas yang terbaik untuk hidupmu.

6. Agar Bisa Fokus dan Melatih Konsentrasi Lebih Lama

Di era digital ini, harus kita akui bahwa segala sesuatunya jauh lebih sederhana. Semuanya berjalan sangat cepat. Ada banyak efek positif, tetapi bukan tanpa resiko. Misalnya orang yang kurang fokus karena lebih banyak notifikasi.

Sangat menyenangkan ketika segala sesuatunya berjalan dengan baik. Tetapi ketika produktivitas memicu kecemasan dan konsentrasi yang mengganggu, inilah saatnya untuk memperhatikannya.

photo on pixabay

7. Menjalin Komunikasi Jadi Lebih Baik

Ada beberapa orang di perusahaan yang belum berkomunikasi dengan baik. Mungkin tidak apa-apa untuk berbicara, tetapi kamu tidak dapat mendengar orang lain. Saat Anda mendiskusikan sesuatu, fokus dapat dengan mudah menyebar.

Kamu mungkin tidak cukup memperhatikan orang lain. Situasi seperti itu dapat membuat lingkungan kerja menjadi tidak sehat. Oleh karena itu, perhatian di lingkungan kerja membantu meningkatkan komunikasi.

8. Agar Memiliki Problem Solving yang Strategis

Problem Solving atau Pemecahan Masalah adalah keterampilan yang berpengalaman dan dapat dilatih. Selain pengalaman dan pengetahuan tentang topik yang berhubungan dengan masalah, konsentrasi dan sikap tenang juga penting untuk pemecahan masalah.

Dengan berfokus saat ini tanpa mengkhawatirkan apapun, pemecahan masalah menjadi lebih jelas dan lebih strategis. Itu artinya kamu tidak perlu mempertimbangkan banyak hal yang bisa jadi justru tidak berkaitan dengan masalah yang harus segera kamu selesaikan.

Buku Mindfulness For Success yang ditulis Tim Wesfix memberikan pengantar dan panduan yang praktis sekaligus komprehensif mengenai mindfulness. Mindfulness merupakan sebuah kesadaran akan apa yang sedang terjadi dalam diri dan di sekitar kita saat ini.

Sangat cocok untuk dipraktekkan, baik bagi profesional maupun anak-anak muda. Untuk bisa mewujudkan tujuan mindfulness kita tentu memahaminya dengan baik agar bisa dipraktekkan dengan baik pula.

Bukunya sendiri bisa kamu pesan dan membelinya melalui Gramedia.com!

Tunggu apa lagi, langsung saja pesan dan beli bukunya melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com