Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membicarakan Rekayasa Terencana di Dunia Digital bersama Karya Chang Kang-Myeong di Festival Ruang Tengah 2022

Kompas.com - 28/07/2022, 12:17 WIB
Pasukan Buzzer Dok Gramedia Pustaka Utama Pasukan Buzzer
Rujukan artikel ini:
Pasukan Buzzer
Pengarang: Chang Kang-myoung
|
Editor Ratih Widiastuty

Festival literasi Ruang Tengah masih menggelar berbagai sesi menarik bagi para pembaca.

Pada sesi yang bertajuk “Buzzer: Apa, Siapa, Untuk Apa” yang akan diselenggarakan siang ini, pukul 14.00-15.00 WIB, Gramedia Pustaka Utama bekerja sama dengan LTI Korea mengundang Chang Kang-myoung, penulis peraih penghargaan dari Korea dengan novelnya yang berjudul Pasukan Buzzer.

Dipandu Pangeran Siahaan, acara yang diselenggarakan secara daring ini akan memberikan wawasan kepada pembaca di Indonesia tentang dunia buzzer internet di Korea.


Baca juga: Novel Import Best Seller


Kekuatan Buzzer dalam Menggiring Opini Publik

“Selaras dengan novelnya, Chang Kang-myoung banyak menjelaskan bagaimana seorang buzzer bisa merekayasa tokoh.

Mereka menciptakan ‘orang’ dengan identitas tertentu di dunia maya yang seolah benar-benar ada di dunia nyata. Padahal aslinya tidak jelas sebenarnya siapa orang itu,” jelas Juliana Tan, editor fiksi Gramedia Pustaka Utama.

Dalam bukunya yang berjudul Pasukan Buzzer atau Comments Army, Chang Kang-myoung menuliskan cerita tentang Tim Aleph yang bekerja sebagai jasa penyedia promosi dan endorsement di internet.

Mereka bertugas menyebarkan komentar negatif di media sosial dan web pada produk target. Namun, suatu hari Tim Aleph mendapat tawaran uang yang sangat besar untuk melakukan hal-hal yang tampaknya sepele di internet.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Siapa sangka “tugas” itu ternyata menyeret ketiga pemuda ini dalam permainan politik berbahaya dengan nyawa sebagai taruhannya.


Profil Chang Kang-myoung, Sang Penulis Novel Pasukan Buzzer

Chang Kang-myoung memulai kariernya sebagai penulis setelah mendapatkan Penghargaan Sastra Hankyoreh untuk novelnya yang berjudul The Bleached pada tahun 2011.

Tahun-tahun selanjutnya, ia sering menyabet berbagai penghargaan lain dari tulisannya. Tak heran jika dalam novel Pasukan Buzzer ini dia sangat pawai membawakan cerita interogatif sehingga disukai para pembaca.

“Selain menguak perbedaan tim buzzer Korea dan negara lain, Chang Kang-myoung juga akan membagikan tips-tips bagaimana cara mengenali antara kebenaran fakta dan cerita ciptaan buzzer yang ditujukan untuk menggiring opini publik.

Pemaparan Chang Kang-myoung akan bermanfaat sebagai bekal kita di era internet yang sangat luar biasa ini,” tambah Juliana Tan.

Festival literasi Ruang Tengah masih akan digelar secara daring sampai dengan Minggu, 31 Juli 2022 mendatang.

Lewat acara ini, para pembaca dan pegiat literasi Indonesia diharapkan dapat menggali banyak wawasan dari para penulis Asia yang hadir di festival ini.

Informasi mengenai tiket dan program promosi buku-buku yang diperbincangkan dapat diakses melalui tautan https://promo.gramedia.com/ruang-tengah-membacaasia/.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com