Apa Perbedaan Antara Waterproof dan Water Resistant?

Kompas.com - 28/07/2022, 09:00 WIB
Perbedaan Waterproof dan Water Resistant Sumber Gambar: Pexels.com Perbedaan Waterproof dan Water Resistant
Rujukan artikel ini:
Hujan Bulan Juni - Sepilihan…
Pengarang: Sapardi Djoko Damono
|
Editor Ratih Widiastuty

Bisa dibilang, air mampu merusak atau menurunkan kualitas suatu barang menjadi tidak berfungsi maupun menurunkan fungsi dari benda itu sendiri.

Beberapa benda yang biasanya kerap menjadi rusak ketika air masuk atau menyentuhnya ialah jam tangan, telepon genggam, hingga kamera yang jika terkena air secara berlebihan, akan membuat kualitasnya menjadi menurun atau bahkan tidak dapat digunakan kembali.

Namun, untungnya perkembangan teknologi yang semakin maju dapat memberikan solusi agar mampu tahan terhadap tetesan hingga kedalaman air, yang biasanya akan merusak benda-benda tersebut.

Beberapa istilah yang mungkin saat ini sudah sering kita dengar mengenai teknologi tahan air ini dua di antaranya ialah waterproof dan water resistant, yang kini sudah menjadi fitur dari gawai-gawai canggih yang telah beredar di pasaran.

Kehadiran fitur ini biasanya mampu menjadikan gawai memiliki daya guna yang jauh lebih awet dan tahan lama, karena mampu memperkecil risiko kerusakan yang biasanya disebabkan oleh kehadiran air di dalamnya.

Apalagi, kini fitur gawai yang mampu tahan terhadap air sudah sangat dianggap perlu dan penting di tengah cuaca dan aktivitas yang semakin mengeksplorasi berbagai hal.

Contohnya saja ketika hujan turun, pastinya kita ingin jika ponsel yang dimiliki bisa tahan air agar ketika terkena tetesan hujan, kita tidak perlu merasa cemas atau khawatir ponsel tersebut akan menjadi rusak.

Atau contoh lainnya ialah di saat kita membutuhkan sesi foto di dalam air, maka dibutuhkan kamera yang tahan air agar mampu menghasilkan kualitas foto yang bagus sekaligus tidak merusak performa dari kamera itu sendiri.

Jadi, dapat disimpulkan jika kebutuhan akan fitur tahan air terhadap gawai-gawai canggih saat ini mutlak diperlukan.

Tidak mengherankan sekarang ini sudah ada dua istilah untuk fitur tahan air tersebut, yakni waterproof dan water resistant yang mungkin sekilas kita menganggapnya memiliki arti yang sama, yaitu tahan air.

Namun, ternyata istilah waterproof dan water resistant sendiri mempunyai perbedaan meskipun mempunyai tujuan yang sama, yaitu melindungi gawai dari kehadiran air.

Apa yang membedakan istilah waterproof dan water resistant? Simak jawabannya berikut ini.

Apa Itu Waterproof?

Waterproof adalah tingkat ketahanan terhadap air yang diukur menggunakan satuan Ingress Protection (IP) yang mempunyai dua digit, di mana digit pertama menjelaskan ketahanan terhadap jenis benda yang solid, seperti debu dan pasir, sedangkan digit kedua merupakan standar ketahanan dari material cair seperti air.

Agar lebih memahami satuan Ingress Protection itu sendiri, kita dapat melihatnya melalui tabel berikut ini.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Perbedaan Waterproof dan Water Resistant Perbedaan Waterproof dan Water Resistant

Salah satu contohnya seperti IP66 yang dapat diartikan jika produk tersebut mampu terlindung dari debu 100% dan dapat terlindung dari semburan air bertekanan tinggi, sehingga peluang air untuk masuk sangat kecil, namun tidak akan merusak.

Jadi, tingkatkan dalam waterproof sendiri diukur berdasarkan satuan Ingress Protection (IP) dan biasanya memang sudah dijamin tahan dan kedap akan air, sehingga secara kualitas memang dijamin bagus serta tahan lama.

Apa Itu Water Resistant?

Sedangkan water resistant sendiri dapat diartikan sebagai tingkat ketahanan paling rendah terhadap tekanan air jika dibandingkan dengan waterproof.

Biasanya water resistant tertera pada produk jam tangan konvensional yang berfungsi sedemikian rupa untuk menahan air sulit mempenetrasi, sehingga meningkatkan ketahanan produk pada saat terkena air.

Jadi, water resistant hanya mampu menahan cipratan air ketika hendak mencuci tangan atau saat hujan gerimis turun yang tidak menjamin mampu menahan terpaan air yang jauh lebih deras layaknya waterproof.

Dapat disimpulkan, perbedaan antara waterproof dan water resistant ialah tingkat teknologi dalam ketahanan air, di mana waterproof dapat menjamin tahan air, sedangkan water resistant hanya percikan air yang kecil saja.

Kini, setelah mengetahui perbedaan antara waterproof dan water resistant, mungkin kamu menjadi tertarik untuk membaca buku yang berhubungan dengan air, seperti hujan.

Buku puisi yang sangat melegenda berikut ini, bisa dijadikan pilihan yang tepat untuk dibaca.

Buku Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono merupakan salah satu buku puisi paling legendaris yang ada di Indonesia, karena hampir seluruh penikmat puisi di Tanah Air pastinya tahu mengenai eksistensi buku puisi yang indah ini.

Saking bagus dan mendalamnya kumpulan sajak yang ditulis oleh Sapardi Djoko Damono dalam buku ini, membuat Hujan Bulan Juni diadaptasi menjadi sebuah novel bahkan hingga diangkat ke layar lebar.

Bagi kamu yang ingin menikmati kata-kata indah nan puitis di tengah rintik hujan yang melankolis, maka Hujan Bulan Juni adalah jawabannya.

Buku puisi ini bisa dibeli dan dimiliki dengan cara memesannya melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon


Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.