Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Syarat Masuk Jurusan Ilmu Komunikasi Sebelum Memutuskan untuk Daftar Kuliah

Kompas.com - 14/10/2022, 16:00 WIB
Syarat Masuk Jurusan Ilmu Komunikasi Sumber Gambar: Freepik.com Syarat Masuk Jurusan Ilmu Komunikasi
Rujukan artikel ini:
Pengantar Ilmu Komunikasi
Pengarang: Hafied Cangara
|
Editor Almira Rahma Natasya

Salah satu jurusan kuliah yang paling banyak diminati oleh calon mahasiswa baru ialah ilmu komunikasi.

Selain banyak diminati, jurusan ilmu komunikasi juga menjadi program studi yang akan memberikan bekal mumpuni untuk menghadapi dunia kerja.

Banyak sekali soft skill yang akan dikuasai jika kamu memilih untuk kuliah di jurusan ilmu komunikasi, sehingga akan memudahkan jalan untuk meniti karier ketika bekerja nanti.

Ilmu komunikasi sendiri dapat dibilang sebagai induk dari beberapa turunan ilmu lainnya, seperti public relation, periklanan, jurnalistik, penyiaran, desain komunikasi visual, komunikasi pemasaran, hingga performing art communication.

Jurusan ilmu komunikasi akan mengajarkan tentang bagaimana proses komunikasi dapat berjalan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan atau sasaran yang diinginkan.

Di sini, kamu akan mempelajari berbagai jenis ilmu komunikasi secara luas.

Nah, sebelum kamu memutuskan untuk daftar kuliah di jurusan ilmu komunikasi, sebaiknya simak terlebih dahulu syarat untuk masuk jurusan ilmu komunikasi berikut ini.

Syarat Masuk Jurusan Ilmu Komunikasi

Meskipun kamu tidak pandai dalam melakukan public speaking, tapi alangkah lebih baik jika kamu mulai mempelajarinya sekarang juga, sebelum memutuskan untuk kuliah di jurusan ilmu komunikasi.

Pada dasarnya, kemampuan soft skill yang satu ini akan sering dipraktikkan selama menempuh program studi ini.

Di hampir setiap mata kuliah yang ada dalam jurusan ilmu komunikasi, public speaking adalah hal yang pastinya akan dipraktikkan dalam setiap kesempatan.

Public speaking sendiri ialah kemampuan dalam menyampaikan sebuah pesan atau informasi dengan cara yang efektif dan efisien, agar audiens dapat memahami apa yang akan kamu sampaikan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Tidak hanya berbicara secara verbal, public speaking pun membutuhkan gestur tubuh dan mimik wajah yang meyakinkan agar audiens percaya dengan apa yang sedang kamu bicarakan.

Namun, secara umum syarat untuk masuk ke jurusan ilmu komunikasi biasanya hanya memerlukan IPK kumulatif di atas standar tertentu, sesuai dengan kebijakan universitas masing-masing.

Tidak ketinggalan, biasanya juga akan ada beberapa tes atau seleksi yang menyertainya sebagai tahapan yang harus kamu lalui agar bisa diterima di jurusan ini.

Peluang Kerja

Berbicara tentang peluang kerja bagi lulusan ilmu komunikasi, kamu tidak perlu cemas atau khawatir, karena biasanya akan ada banyak bidang pekerjaan yang membutuhkan lulusan ilmu komunikasi di dalamnya, baik sektor swasta maupun nasional.

Apalagi perkembangan zaman dan globalisasi semakin menciptakan inovasi dalam hal komunikasi yang menyebabkan peluang bekerja bagi lulusan ilmu komunikasi terbuka lebar.

Beberapa profesi utama yang kerap menjadi pilihan bagi para lulusan ilmu komunikasi di antaranya adalah hubungan masyarakat atau PR di perusahaan maupun pemerintahan, penyiar radio, wartawan, jurnalis, penulis, bahkan hingga content creator.

Jadi, jangan takut tidak akan mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah nantinya, sebab di era digital yang semakin modern ini, peluang kerja bagi lulusan ilmu komunikasi akan terus ada dan terbuka lebar.

Nah, jika kamu sudah yakin dengan pilihan untuk berkuliah di jurusan ilmu komunikasi, maka buku Pengantar Ilmu Komunikasi yang ditulis oleh Prof. Dr. H. Hafied Cangara, M.Sc. ini bisa dijadikan sebagai acuan yang tepat untuk memulai mempelajari kemampuan dalam berkomunikasi.

Buku ini bisa dijadikan bahan pembelajaran yang tepat bagi mahasiswa ilmu komunikasi, karena pembahasannya fokus dan ringkas dengan gaya bahasa yang ringan dan sederhana, sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh siapa saja.

Jadi, tunggu apa lagi? Bagi kamu calon mahasiswa atau mahasiswa jurusan ilmu komunikasi, segera langsung pesan saja buku ini melalui Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com