Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Drama Korea Sedih yang Menguras Air Mata, Siapkan Tisu Sebelum Menontonnya!

Kompas.com - 19/07/2022, 09:00 WIB
Drama Korea Sedih Sumber Gambar: Freepik.com Drama Korea Sedih
Rujukan artikel ini:
Trik Cepat Kuasai Bahasa Korea
Pengarang: MELIA LEE
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Menonton drama Korea seringkali membuat kita berimajinasi untuk bisa merasakan bagaimana hidup sebagai tokoh utama, apalagi jika drama tersebut menyajikan kisah romantis hingga persahabatan yang berkesan.

Meski begitu, tidak semua cerita yang ada dalam drama Korea akan selalu memiliki kisah yang bahagia.

Terkadang kita juga disajikan dengan cerita-cerita sedih yang menyayat hati, yang ternyata bisa memberikan contoh pada kita tentang bagaimana caranya mengatasi duka dan kesedihan yang terjadi dalam kehidupan.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi drama Korea sedih yang siap membuatmu banjir air mata saat menontonnya.

Rekomendasi Drama Korea Sedih

1. Thirty Nine (2022)

Drama ini mengisahkan tentang persahabatan tulus antara 3 orang wanita yang kini telah berusia 39 tahun, mereka adalah Cha Mi-jo (diperankan oleh Son Ye-jin), Jung Chan-young (diperankan oleh Jeon Mi-jo) , dan Jang Jo-hee (diperankan oleh Kim Ji Hyun.

Sudah begitu banyak hal seru dan menyenangkan yang mereka lakukan di masa muda, yang akhirnya membuat mereka sangat dekat bak saudara kandung.

Sayangnya, salah satu diantara mereka (Jun Chan-young) tiba-tiba saja divonis menderita kanker pankreas dan dinyatakan bahwa hidupnya tidak akan lama lagi.

Kesedihan membayangi ketiga sahabat yang enggan dipisahkan ini, tapi alih-alih terus berlarut dalam kesedihan, mereka justru berinisiatif untuk menjadikan sahabatnya yang sakit ini sebagai orang paling bahagia di dunia.

Ketiganya kembali mengatur rencana untuk melakukan banyak hal yang menyenangkan, mereka ingin mencoba menikmati setiap momen yang ada dalam hidup, karena mereka menyadari bahwa kehidupan manusia tidak ada yang abadi.

2. Move to Heaven (2021)

Drakor ini menceritakan kisah seorang remaja bernama Han Geu Ru (diperankan oleh Tang Joon Sang), yang terlahir dengan syndrome asperger (kesulitan berkomunikasi dan bersosialisasi).

Dalam kesehariannya, Geu Ru biasanya membantu bisnis “Move to Heaven” milik ayahnya, Han Jeong Woo (diperankan oleh Ji Jin-hee), sebuah bisnis jasa pembersih TKP bagi orang-orang yang sudah meninggal.

Ayah dan anak ini setiap harinya bekerja untuk membereskan semua barang-barang peninggalan orang yang sudah tiada, dan menyampaikan pesan terakhir yang belum sempat diutarakan pada keluarga yang ditinggalkan.

Kepergian ayahnya yang sangat mendadak membuat Geu Ru harus hidup sendirian untuk sementara waktu, sampai akhirnya ia dipertemukan dengan Sang Gu, pamannya yang sering bertingkah dingin dan suka berbuat onar sampai harus dijebloskan ke penjara.

Dengan terpaksa, Sang Gu juga berusaha untuk ikut membantu bisnis dan mengelola Move to Heaven bersama Geu Ru, dan disinilah kehidupannya mulai berubah secara perlahan.

Drama ini diangkat dari kisah nyata yang terjadi di Korea Selatan, jadi kamu bisa ikut merasakan betapa berharganya sebuah kehidupan dan pentingnya rasa saling memiliki antar anggota keluarga.

3. Youth of May (2021)

Youth of May adalah serial drama yang berlatar tahun 1980, yakni ketika masa pemberontakan mahasiswa di Gwang Ju, Korea Selatan.

Kisahnya berkutat pada hubungan asmara Hwang Hee Tae (diperankan oleh Lee Do Hyun), seorang mahasiswa kedokteran dan Kim Myung Hee (diperankan oleh Go Min Si), seorang perantau yang bekerja sebagai perawat.

Sejak pertemuan pertama, mereka berdua sudah memiliki keyakinan bahwa mereka ditakdirkan untuk hidup bersama, walau cinta mereka sebenarnya tidak bisa dijalani dengan mudah.

Kekacauan yang terjadi di Gwang ju mau tidak mau juga menjadi ujian yang sulit bagi mereka, yang pada akhirnya nanti akan memunculkan serangkaian kejadian yang buruk dalam hidup mereka.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Hi, Bye Mama! (2020)

Mengisahkan tentang Cha Yu Ri (diperankan oleh Kim Tae-hee), seorang perempuan hamil yang meninggal dunia akibat kecelakaan mobil.

Sampai di rumah sakit, Cha Yu Ri memohon kepada suaminya, Cho Gang-hwa (diperankan oleh Lee Kyu-hyung) untuk menyelamatkan nyawa anak mereka yang masih ada di dalam kandungan.

Cho Gang-hwa yang merupakan seorang dokter ahli bedah menuruti permintaan sang istri, namun ia terus merasa bersalah sepanjang hidupnya karena tidak bisa menyelamatkan nyawa istrinya sendiri.

Cho Gang-hwa hidup seorang diri membesarkan anaknya, Seo-woo, sampai akhirnya ia memutuskan untuk menikahi seorang perawat di tempatnya bekerja, bernama Oh Min Jung (diperankan oleh Go Bo-gyeol).

Setelah kepergiannya, Cha Yu Ri menjadi hantu gentayangan selama 5 tahun, sebelum akhirnya ia diberikan kesempatan untuk bisa hidup kembali menjadi manusia selama 49 hari, namun ia harus mengambil posisi Mi-jeong sebagai istri Cho Gang-hwa.

Drama ini kemudian berlanjut dengan mengisahkan perjalanan Cha Yu Ri selama 49 hari menjadi manusia, ia berusaha untuk melakukan berbagai hal yang belum sempat ia lakukan semasa hidupnya.

5. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo

Mengisahkan tentang Go Ha Jin (diperankan oleh IU) pada abad 21 yang masuk ke dalam tubuh seorang wanita bernama Hae Soo saat terjadinya gerhana matahari total.

Hae Soo merupakan putri seorang pejabat tinggi di Dinasti Goryeo yang tinggal di lingkungan istana, dengan sifatnya yang baik hati dan ceria, Go Ha Jin mampu memikat banyak pangeran, termasuk pangeran ke-4, Wang So (diperankan oleh Lee Joon Gi) dan pangeran ke-8, Wang Wook (diperankan oleh Kang Ha Neul).

Menjadi idola dari para pangeran membuat Hae Soo cukup bimbang, dan sering dibuat tidak nyaman dengan kondisi kehidupannya.

Sampai pada suatu hari, Hae Soo harus dihadapkan dengan berbagai macam konflik yang ternyata akan berimbas terhadap perebutan kekuasaan, para pangeran dalam lingkungan istana akan saling berupaya untuk tetap hidup demi bisa menjadi raja berikutnya.

Itu dia beberapa rekomendasi drama Korea yang menyajikan kisah sedih dan akan membuatmu menangis haru, jadi jangan lupa untuk menyiapkan tisu sebelum menontonnya. Temukan pula Rekomendasi Film Korea Sedih disini!

Selain untuk mengisi waktu selama akhir pekan, menonton drama Korea juga bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin lebih mengenal dan mempelajari bahasa Korea.

Percakapan yang diucapkan setiap tokoh dalam drama Korea bisa membantumu mengetahui seperti apa pengucapan kosakata bahasa Korea yang baik dan benar.

Selain menonton drama Korea, buku-buku latihan berbahasa Korea juga bisa menjadi media pembelajaran lain, contohnya seperti buku Trik Cepat Kuasai Bahasa Korea yang ditulis oleh Melia Lee.

Buku ini disusun sedemikian rupa agar lebih mudah digunakan oleh para pemula yang ingin belajar bahasa Korea yang menjadi salah satu bahasa paling diminati oleh orang-orang di belahan dunia.

Ada 4 bagian yang akan dibahas dalam buku ini, yakni dasar-dasar bahasa Korea, tata bahasa, kosakata, dan percakapan dalam bahasa Korea.

Dengan mempelajari 4 bagian tersebut dengan benar, bukan tidak mungkin kamu akan lebih cepat dan lebih mudah dalam menguasai bahasa Korea, dan bisa lebih percaya diri saat harus mengucapkannya di depan publik.

Buku ini bisa kamu dapatkan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com