Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelebihan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Ketahui

Kompas.com - 09/06/2022, 11:05 WIB
Kelebihan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Sumber Foto : Pixabay Kelebihan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris
Rujukan artikel ini:
Kursus Singkat Percakapan Bahasa Inggris
Pengarang: N.s Bramadi
|
Editor Ratih Widiastuty

Dewasa ini, jurusan pendidikan pada suatu universitas bisa dibilang cukup diminati oleh banyak orang. Terlebih lagi, bagi mereka yang berkeinginan untuk menjadi seorang guru. Jurusan pendidikan ini cukup banyak, sehingga kita bisa memilih jurusan sesuai dengan bidang ilmu yang kita suka.

Banyaknya jurusan pendidikan pada suatu universitas ini bukan tanpa alasan karena bidang pendidikan itu sangat luas. Mulai dari jurusan pendidikan matematika, sejarah, ekonomi, hingga bahasa. Bahkan, dalam jurusan pendidikan bahasa masih dibagi lagi menjadi beberapa bahasa, seperti bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Perancis, dan lain-lain.

Setiap prodi jurusan pendidikan bahasa memang sudah ada peminatnya masing-masing. Salah satu jurusan pendidikan bahasa yang cukup diminati oleh banyak orang adalah jurusan pendidikan bahasa Inggris. Jurusan ini banyak dipilih karena bahasa Inggris merupakan bahasa yang hampir sering digunakan pada zaman globalisasi ini terutama saat berkomunikasi dengan seseorang dari luar negeri.

Lalu, sebenarnya apa itu jurusan pendidikan bahasa Inggris dan kelebihan dari jurusan pendidikan bahasa Inggris? Untuk mengetahui lebih dalam tentang jurusan pendidikan bahasa Inggris kamu bisa simak artikel ini sampai habis.

Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris

Program studi atau jurusan pendidikan bahasa Inggris merupakan salah satu jurusan yang ada di dalam suatu universitas yang di mana hampir semua mata kuliahnya berisi tentang keguruan bahasa Inggris. Oleh karena itu, program studi ini sangat pas bagi kalian yang memiliki cita-cita sebagai guru.

Dalam jurusan pendidikan bahasa Inggris, biasanya mahasiswa akan mempelajari berbagai macam bentuk tense. Misalnya, simple past tense (membicarakan masa lalu), simple present tense (membicarakan masa sekarang, dan simple future tense (membicarakan masa depan).

Semua tense tersebut merupakan pelajaran dasar yang biasa kita temukan saat menempuh pendidikan Sekolah Dasar (SD) atau Sekolah Menengah Pertama (SMP). Selain itu, bentuk-bentuk kalimat lainnya, seperti expressing intention.

Tidak hanya membuat kalimat saja, tetapi juga ada cara membaca bahasa Inggris yang efektif agar lebih mudah dalam mengucapkan setiap kata dan kalimat bahasa Inggris. Bahasa Inggris akan mudah digunakan, apabila dipraktekkan setiap hari. Nah, di dalam jurusan pendidikan bahasa Inggris, biasanya akan ada beberapa mata kuliah yang mewajibkan mahasiswa untuk menggunakan bahasa Inggris.

Saat ini, universitas yang didalamnya memiliki prodi jurusan pendidikan bahasa Inggris sudah cukup banyak dan sudah mulai tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Selain itu, bukan hanya universitas negeri saja, beberapa universitas swasta juga memiliki jurusan pendidikan bahasa Inggris. Jadi, kamu bisa memilih jurusan pendidikan bahasa Inggris sesuai dengan universitas yang kamu impikan.

Kelebihan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris

Beberapa kelebihan ketika masuk ke program studi pendidikan bahasa Inggris.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

1. Prospek Kerja yang Cukup Luas

Ketika kamu sudah lulus dari pendidikan bahasa Inggris, maka peluang kerjanya cukup luas. Hal ini dapat terjadi karena hampir setiap pekerjaan membutuhkan bahasa Inggris, seperti penerjemah buku, penerjemah film, dan sebagainya.

2. Bisa Mendapatkan Beasiswa

Dewasa ini, hampir setiap mahasiswa dalam bidang akademik, umumnya mengharuskan pelamar beasiswa untuk bisa bahasa Inggris. Oleh karena itu, ketika masuk ke jurusan pendidikan bahasa Inggris, maka kamu sudah memiliki kemampuan dasar bahasa Inggris.

3. Bisa Bekerja di Luar Negeri

Bagi sebagian orang, bekerja di luar negeri merupakan cita-cita, tetapi untuk dapat bekerja di luar negeri pastinya membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Dengan bahasa Inggris itulah, kamu akan mudah berkomunikasi dengan orang lain.

4. Bisa Membuat Kursus Bahasa Inggris

Memiliki usaha pastinya sangat menyenangkan karena kita bisa menjadi pemimpin di usaha yang dibangun. Nah, salah satu usaha yang cocok bagi lulusan pendidikan bahasa Inggris adalah membuat kursus bahasa Inggris. Terlebih lagi, kamu sudah memiliki ilmu mengajar bahasa Inggris.

5. Bisa Digunakan Kapan Saja

Kelebihan yang kelima ketika masuk pendidikan bahasa Inggris adalah ilmu bahasa Inggrisnya bisa digunakan kapan saja dan di mana saja.



Pada dasarnya, setiap jurusan pendidikan bahasa sudah memiliki kelebihannya masing-masing, sehingga kita tidak perlu terlalu jauh untuk membandingkan jurusan pendidikan yang satu dengan yang lainnya.

Setelah membahas apa itu jurusan pendidikan bahasa Inggris dan kelebihan dari jurusan pendidikan bahasa Inggris, apakah kamu tertarik untuk masuk ke jurusan ini?

Apabila ingin masuk ke jurusan ini, sebaiknya berdasarkan keinginan untuk memperdalam ilmunya, bukan hanya ikut-ikutan saja. Dengan keinginan itulah, mempelajari materi dalam jurusan pendidikan bahasa Inggris akan lebih mudah.

Sebelum memutuskan mengambil jurusan Bahasa Inggris, Gramed bisa berlatih melalui Buku Kursus Singkat Percakapan Bahas Inggris.

Buku ini memaparkan secara singkat bagaimana cara melakukan percakapan dalam Bahasa Inggris serta dilengkapi dengan referensi kosa kata yang dapat dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Buku ini bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com. Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com