Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Buku Kedokteran Terbaik yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa Kedokteran

Kompas.com - 09/06/2022, 09:24 WIB
Buku Kedokteran Sumber Gambar: Freepik.com Buku Kedokteran
Rujukan artikel ini:
Anatomi dan Fisiologi Untuk Paramedis
Pengarang: Evelyn Cp, Pearce
|
Editor Ratih Widiastuty

Tiap tahunnya, fakultas kedokteran kerap menjadi fakultas favorit yang banyak diminati oleh para calon mahasiswa yang akan menempuh jenjang perkuliahan.

Oleh karena itu, sebagai mahasiswa kedokteran kamu perlu berbangga diri dan menjalani masa studi dengan baik, karena terdapat banyak orang yang ingin berada di posisi kamu saat ini. Baca selengkapnya terkait Macam-Macam Profesi Kedokteran.

Selain memperoleh materi pembelajaran dari dosen, kamu juga bisa mengembangkan wawasan kamu di bidang kedokteran, dengan membaca buku-buku kedokteran yang membahas mengenai topik yang ingin kamu dalami, seperti salah satunya buku Sobotta Atlas Anatomi Manusia Edisi 24 (4 Volume).

Berikut adalah beberapa rekomendasi buku kedokteran terbaik yang wajib dibaca dan dimiliki oleh mahasiswa-mahasiswa kedokteran.

Rekomendasi Buku Kedokteran Terbaik

1. Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis

Pembelajaran mengenai anatomi dan fisiologi manusia merupakan salah satu mata kuliah dasar yang perlu dikuasai oleh semua mahasiswa kedokteran.

Buku ini bisa menjadi bacaan yang pas untuk menunjang pemahaman kamu dengan uraian tentang susunan tubuh manusia, fungsi, cara kerja, serta hubungan antar bagiannya yang dipaparkan secara mendetail di dalam buku.

Untuk membantu kamu agar tidak merasa bosan, buku setebal 416 halaman ini juga dilengkapi dengan lebih dari 200 gambar yang berfungsi sebagai ilustrasi, sehingga belajar mengenai anatomi dan fisiologi jadi lebih menarik.

Selain itu, gambar-gambar sederhana yang disediakan pun bisa memudahkan kamu dalam memahami materi dengan cara yang lebih menyenangkan.

Pembahasan terkait anatomi dan fisiologi yang dibahas di dalam buku ini, yaitu mencakup kerangka atas, darah, pembuluh-pembuluh darah utama, sistem urinari, sistem kerangka yang meliputi tulang tengkorak serta rangka dada, dan masih banyak lagi.

2. Kamus Lengkap Kedokteran

Dengan semakin berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan saat ini, terdapat banyak istilah-istilah baru yang berasal dari bahasa asing dalam berbagai bidang pendidikan, tak terkecuali kedokteran.

Para dokter serta tenaga medis yang membantu pun dituntut untuk selalu up to date dan bisa memahami istilah-istilah baru yang banyak digunakan sekarang ini.

Oleh karena itulah, penulis berinisiatif untuk menghadirkan sebuah kamus yang bisa digunakan oleh para tenaga kesehatan dan mahasiswa-mahasiswa kedokteran yang berisikan istilah-istilah lengkap dalam dunia kedokteran yang kerap digunakan dalam praktik maupun saat pendidikan.

Kamus edisi terbaru dengan tebal sebanyak 704 halaman ini akan bermanfaat sebagai bekal yang bisa menunjang pembelajaran kamu selama menempuh pendidikan dokter di perkuliahan.

Kamu tidak perlu lagi merasa khawatir jika menemukan istilah-istilah baru yang terdengar asing, karena kamu memiliki pegangan dan bisa dengan mudah menemukan penjelasannya di dalam buku ini.


Baca juga: Gaji Dokter dan Tanggung Jawab Profesi Dokter


3. Kanker: Biografi Suatu Penyakit

Kanker merupakan salah satu penyakit paling mematikan yang pernah ada dan banyak memberikan pengaruh dalam mengubah hidup seseorang, baik bagi pasien maupun orang-orang di sekelilingnya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Karena sebab itulah, riset dan penelitian mengenai penyakit kanker masih terus dilakukan hingga saat ini.

Sebagai calon dokter atau tenaga medis, kamu pun perlu mengakrabkan diri dengan mengetahui apa sebenarnya kanker itu, apa penyebabnya, dan bagaimana cara menyembuhkan serta mencegahnya, yang semua pertanyaan itu bisa kamu temukan jawabannya melalui buku ini.

Ditulis oleh seorang dokter kanker atau yang juga disebut sebagai onkolog, buku ini tidak hanya sekadar buku kedokteran biasa, tetapi juga memadukan antara prosa, sastra, serta memoar di dalamnya.

Hal inilah yang membuat bukunya tidak hanya menarik untuk dibaca oleh mahasiswa kedokteran saja, namun juga banyak diminati oleh masyarakat umum yang ingin mengetahui lebih dalam tentang bagaimana perjuangan seseorang ketika melawan kanker.

4. Penuntun Parasitologi Kedokteran

Selain anatomi dan fisiologi, parasitologi juga merupakan mata kuliah wajib yang perlu dipelajari oleh mahasiswa kedokteran, karena parasit yang terus bermutasi serta dapat membahayakan kualitas hidup manusia.

Parasitologi kedokteran adalah bidang ilmu yang mengkaji secara khusus mengenai parasit serta hubungannya dengan manusia sebagai hospes, dan juga berbagai akibat yang bisa ditimbulkan oleh hubungan tersebut.

Dalam bidang parasitologi kedokteran ini, hal yang paling penting untuk dipelajari dan dikuasai oleh para mahasiswa kedokteran, yaitu terkait Zooparasit atau parasit yang tergolong sebagai hewan.

Untuk memenuhi tuntutan tersebut, penulis menghadirkan buku penuntun parasitologi kedokteran ini yang di dalamnya banyak membahas mengenai Zooparasit, meliputi Protozoologi, Helmintologi, dan Entomologi yang pembahasannya disusun secara lengkap dan juga sistematis.

Agar memudahkan mahasiswa kedokteran dalam memahami materi yang ada di dalam buku, penulis juga menambahkan gambar yang menarik dan sesuai dengan kajian yang sedang dibahas.

5. Anatomi untuk Mahasiswa Kedokteran Gigi

Bisa dikatakan jika buku ini telah menjadi buku pegangan yang wajib dimiliki oleh mahasiswa kedokteran gigi, selama menempuh perkuliahan untuk dapat memahami anatomi gigi manusia dengan baik.

Di edisi keempat yang merupakan edisi terbaru ini, terdapat penulis-penulis baru yang turut andil dalam menguraikan seluruh aspek anatomi dalam praktik kedokteran gigi yang paling mutakhir.

Selain itu, edisi ini juga telah ditata ulang sehingga dapat mencakup keempat bidang anatomi utama yang harus dikuasai oleh mahasiswa kedokteran gigi, meliputi anatomi perkembangan, sistem saraf pusat, thoraks, dan kepala serta leher.

Untuk membantu para mahasiswa kedokteran gigi dalam memahami struktur anatomi yang kompleks ini, buku ini juga dilengkapi dengan lebih dari 300 gambar berwarna yang disertai dengan keterangan yang mudah untuk dimengerti.

Pembahasan mengenai struktur dan fungsi anatomi yang dikaitkan dalam praktik klinis, merupakan materi baru yang ditambahkan di dalam edisi keempat buku ini yang akan jarang kamu temukan di buku-buku anatomi gigi lainnya.

Kamu bisa mendapatkan kelima rekomendasi buku kedokteran ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com