Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Rata-Rata Nilai untuk Masuk Jurusan Psikologi

Kompas.com - 29/04/2022, 14:00 WIB
Rata-rata nilai untuk masuk jurusan psikologi Sumber Gambar: Rawpixel dari Freepik.com Rata-rata nilai untuk masuk jurusan psikologi
Rujukan artikel ini:
Bedah Konsep Inti Materi Utbk…
Pengarang: Tim Tentor Inspiratif
Penulis Lika Purnama
|
Editor Novia Putri Anindhita

Menurut American Psychological Association (APA) dictionary, psikologi adalah disiplin ilmu pengetahuan yang mempelajari pikiran dan perilaku manusia.

Psikologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu psyche yang berarti jiwa, dan logos yang bermakna ilmu.

Secara garis besar, psikologi bisa diartikan sebagai ilmu kejiwaan.

Mulanya, psikologi berkembang dari keilmuan filsafat yang secara khusus membahas tentang kejiwaan serta hubungan antara jasmani dan rohani.

Penelitian psikologi mulai berkembang setelah ilmuwan dari Jerman bernama Wilhelm Wundt melakukan penelitian pertamanya, dan menandai lahirnya psikologi modern sebagai sebuah sains baru.

Di Indonesia sendiri, fakultas psikologi pertama kali didirikan tahun 1960 di Universitas Indonesia, dan menjadi salah satu fakultas psikologi terbaik di Indonesia hingga saat ini.

Meskipun telah berdiri sejak tahun 60-an, namun keilmuan psikologi di Indonesia baru benar-benar populer dan menjadi favorit ketika topik kesehatan mental berkembang dan tidak lagi mendapatkan stigma buruk di masyarakat Indonesia.

Dengan semakin tingginya kesadaran masyarakat akan kondisi kesehatan mental, dan tingginya minat para siswa untuk bisa berkuliah di jurusan psikologi, maka jurusan ini menjadi salah satu dari beberapa yang terkenal sangat sulit dimasuki.

Penasaran rata-rata nilai untuk masuk jurusan psikologi? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Jalur Masuk Jurusan Psikologi

1. SNMPTN

SNMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa dikenal dengan sebutan jalur undangan.

Mengapa disebut jalur undangan? Sebab untuk dapat diterima di perguruan tinggi negeri melalui jalur ini kita tidak akan melewati seleksi dengan test seperti jalur lain.

SNMPTN menggunakan nilai rapor dari semester satu sampai dengan semester lima sebagai bahan seleksi.

Sayangnya, tidak semua siswa dapat menggunakan jalur ini.

Semenjak tahun 2016, pemerintah menerapkan kebijakan seleksi berupa persen di setiap sekolahnya.

Pada tahun 2016 dan 2017, hanya siswa yang masuk daftar 50% teratas dari sekolah dengan akreditasi A yang mendapatkan undangan untuk bisa mendaftar melalui jalur ini.

Sementara itu, presentase ini juga akan berubah menurut kebijakan pemerintah yang berbeda setiap tahunnya.

Misalnya pada tahun 2022 ini, hanya 40% dari siswa terbaik di sekolah dengan akreditasi A yang bisa mengikuti SNMPTN.

Selain mempertimbangan dari nilai rapor, siswa yang mendaftar juga bisa menggunakan sertifikat penghargaan dari prestasi selama bersekolah.

Tak hanya itu, jejak alumni, tingkat akreditasi, dan prestasi non akademik juga menjadi pertimbangan untuk kelulusan seorang siswa di jalur SNMPTN.

2. SBMPTN

SBMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Berbeda dengan SNMPTN yang menggunakan nilai rapor, SBMPTN menggunakan nilai ujian berbasis komputer (UTBK) sebagai penentu seleksi.

Sesuai urutannya, SBMPTN akan diselenggarakan sesudah proses SNMPTN berakhir, sehingga untuk kamu yang tidak beruntung pada jalur SNMPTN dapat mencoba kembali di jalur ini.

Di dalam UTBK terdapat dua jenis tes yang harus dikerjakan, yaitu Tes Kemampuan Akademik (TKA) dan Tes Potensi Skolastik (TPS).

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Nantinya, skor UTBK ini yang dapat kamu gunakan untuk mendaftar di berbagai jurusan dan fakultas Universitas – Universitas Negeri di Indonesia.

Selain itu, untuk mengikuti pendaftaran SBMPTN ini kamu perlu menyiapkan uang pendaftaran yang berkisar antara Rp200.000 - Rp300.000.

3. Jalur Lainnya

Selain jalur SNMPTN dan SBMPTN yang merupakan seleksi serentak seluruh perguruan tinggi negeri di Indonesia, masih ada tersisa satu jalur lain yang bisa dicoba sebagai kesempatan terakhir.

Jalur ini biasa disebut jalur mandiri yang memiliki penyebutan istilah masing-masing di setiap universitasnya.

Misalkan di Universitas Indonesia terdapat SIMAK UI, dan di UGM terdapat UTUL.

Dalam contoh kasus UI dan UGM ini, peserta diwajibkan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp300.000 dengan dua pilihan jurusan dan akan dikenai biaya tambahan jika memilih lebih dari dua.

Proses seleksinya menggunakan nilai UTBK SBMPTN dan bisa pula menggunakan memilih jalur tes tertulis yang disesuaikan dengan standar universitas masing-masing.

Perbedaan mendasar jalur ini dan jalur sebelumnya adalah pada biaya pendidikan.

Selain membayar uang kuliah tunggal setiap semester, mahasiswa yang mendaftar pada jalur ini juga diwajibkan membayar uang pangkal yang jumlahnya sangat bervariasi, dari belasan, hingga ratusan juta rupiah.

Rata-Rata Nilai untuk Masuk Jurusan Psikologi

1. SNMPTN

Banyak yang bilang bahwa proses seleksi SNMPTN bagaikan undian berhadiah.

Tidak begitu jelas apa yang menyebabkan seseorang bisa terpilih untuk lolos di jurusan tertentu, sebab proses seleksinya tertutup dan sangat rahasia.

Pemilihan universitas yang dituju juga perlu mempertimbangkan prestasi akademik, sepak terjang alumni dari sekolah kamu, dan juga prestasi non akademik yang mungkin dapat menunjang.

Selain itu, satu-satunya hal yang bisa kita persiapkan adalah nilai rapor dengan rata-rata yang selalu naik setiap tahunnya.

Ini akan menunjukan bahwa kamu merupakan sosok yang konsisten dan memiliki minat belajar tinggi.

2. SBMPTN

Berikut adalah rata-rata nilai UTBK jurusan psikologi di berbagai universitas:

  1. Universitas Gajah Mada: 730
  2. Universitas Negeri Yogyakarta: 691
  3. Universitas Indonesia: 684
  4. Universitas Diponegoro: 682
  5. Universitas Negeri Semarang: 670
  6. Universitas Brawijaya: 668
  7. Universitas Padjajaran: 664
  8. Universitas Airlangga: 636
  9. Universitas Negeri Jakarta: 627
  10. Universitas Pendidikan Indonesia: 621
  11. Universitas Negeri Surabaya: 611
  12. Universitas Negeri Malang: 599
  13. Universitas Udayana: 594
  14. UIN Sunan Kalijaga: 594
  15. Universitas Sumatera Utara: 583

Itulah rata-rata nilai untuk masuk jurusan psikologi.

Untuk kamu pejuang UTBK yang sedang bersiap menghadapi tes sebentar lagi, buku Bedah Konsep Inti Materi UTBK Saintek 2022 dan Bedah Konsep Inti Materi UTBK Soshum 2022 akan menjadi teman terbaik untuk kamu belajar.

Di dalam buku setebal 912 halaman ini, akan ada banyak sekali materi yang dapat kamu pelajari.

Mulai dari Tes Potensi Skolastik, soal-soal TKA Soshum, sampai Tes Kemampuan Sains dan Teknologi yang akan dibahas secara lengkap, beserta contoh soal dan jawaban lengkap dengan pembahasan.

Selain itu, dalam buku ini juga berisi tips dan trik soal HOTS, soal-soal tryout UTBK, paket soal pemantapan, bedah materi setiap subjeknya, dan juga disertai aplikasi android yang lengkap dengan simulasinya.

Yuk, segera dapatkan buku Bedah Konsep Inti Materi UTBK Saintek 2022 dan Bedah Konsep Inti Materi UTBK Soshum 2022 hanya di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Selamat belajar!

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com