Tips Belajar Investasi Saham Secara Cepat dari Buku Merdeka Finansial dengan Investasi Saham

Kompas.com - 01/06/2022, 16:00 WIB
Buku Merdeka Finansial dengan Investasi Saham Sumber Gambar: Dok. Elex Media Komputindo Buku Merdeka Finansial dengan Investasi Saham
Rujukan artikel ini:
Merdeka Finansial dengan Investasi Saham
Pengarang: Bernadus Wijaya
|
Editor Almira Rahma Natasya

Saat ini, investasi telah menjadi bagian dari gaya hidup anak muda zaman sekarang.

Tidak hanya di kota besar saja, namun investasi telah dikenal di berbagai penjuru tanah air.

Namun sayangnya, masih banyak anak muda yang terjebak dengan investasi bodong.

Hal ini terlihat dari kasus judi online berkedok trading maupun robo trading yang korbannya mencapai triliunan rupiah.

Sungguh hal yang disayangkan di era digital dan keterbukaan informasi saat ini.

Salah satu instrumen investasi legal dan berpotensi menguntungkan serta mudah untuk diakses bagi anak muda adalah saham.

Saat ini, berbagai perusahaan sekuritas telah memberikan berbagai kemudahan, mulai dari proses pembukaan rekening saham online dan cepat, hingga aplikasi online trading saham yang mudah dan user friendly.

Bahkan, saat ini influencer saham pun marak di berbagai sosial media seperti Instagram maupun TikTok.

Namun sayangnya, banyak di antara mereka yang belum memahami mengenai bagaimana memilih saham yang sesuai dengan profil risiko masing-masing, menentukan timing untuk entry dan exit dari suatu saham, serta bagaimana mengatur money management dan juga psikologi ketika melakukan investasi maupun trading saham.

Buku “Merdeka Finansial dengan Investasi Saham” karya Bernadus Wijaya, CEO dari Sucor Sekuritas—The Fastest Growing Securites Company Indonesia di tahun 2021 versi CNBC Indonesia—menjelaskan mengenai modal apa saja yang diperlukan untuk menjadi seorang investor saham yang sukses, yaitu 3M + 1D.

Tips Belajar Investasi agar Menjadi Investor Sukses

1. Mindset

Di dalam buku ini, ditekankan bahwa sebagai seorang investor yang harus menjadi fokus adalah keuntungan jangka panjang dan juga konsisten untuk mendapatkan keuntungan serta harus mau belajar.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jangan sampai generasi muda gampang teriming-imingi keuntungan instan yang banyak ditawarkan oleh investasi bodong.

2. Metode

Dalam hal ini, investor diharapkan bisa mengerti bagaimana memilih metodenya baik secara fundamental, teknikal, maupun secara materiil ekonominya.

Dalam memilih suatu saham tertentu, calon investor bisa belajar analisis fundamental dalam mengetahui kinerja keuangan perusahaan terkait, dan analisis teknikal dari sisi belajar chart pattern harga saham yang membentuk pola tertent, yang dipaparkan juga di buku karya Bernadus Wijaya ini.

3. Money Management

Dalam hal ini adalah bagaimana seorang investor bisa mengatur modalnya untuk diinvestasikan ke beberapa portofolio sesuai dengan profil risiko masing-masing investor.

4. Disiplin

Sebagai seorang investor, modal penting lainnya yang harus dimiliki adalah perencanaan investasi (investment plan) yang sudah diatur sejak awal.

Anda bisa menemukan lebih banyak lagi mengenai strategi bagaimana memilih saham yang sesuai dengan profil risiko masing-masing, menentukan timing untuk entry dan exit dari suatu saham, serta bagaimana mengatur money management, dan juga psikologi ketika melakukan investasi maupun trading saham hanya di buku “Merdeka Finansial dengan Investasi Saham” karya Bernadus Wijaya.

Buku ini bisa Anda dapatkan secara online melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon


Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.