Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Hari Wibu Sedunia? Berikut Rekomendasi Anime untuk Merayakannya

Kompas.com - 12/05/2022, 12:06 WIB
Hari Wibu sedunia Sumber Gambar:Pexels.com Hari Wibu sedunia
Rujukan artikel ini:
Naruto 01
Pengarang: Masashi Kishimoto
|
Editor Ratih Widiastuty

Banyak orang yang bilang jika tanggal 15 Desember merupakan Hari Wibu Sedunia atau bisa juga disebut International Otaku Day hingga Weaboo Day.

Jika ditilik dari segi sejarah, tidak dapat diketahui mengapa tepat pada tanggal tersebut dipilih sebagai Hari Wibu Sedunia.

Bahkan, saking tidak bisa diketahui asal-usulnya, banyak pula para wibu yang tidak mengetahui jika tepat pada tanggal 15 Desember merupakan Hari Wibu Sedunia.

Namun, jika ditelusuri secara lebih mendalam, besar kemungkinan jika Hari Wibu Sedunia ditetapkan oleh komunitas wibu di dunia maya yang pada akhirnya menyebar ke komunitas-komunitas lainnya yang menyebabkan tanggal 15 Desember dirayakan sebagai Hari Wibu Sedunia.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Wibu Sedunia, mulai dari acara cosplay atau menggunakan kostum karakter anime, menonton anime bersama sahabat wibu lainnya, hingga bertukar koleksi anime dengan sesama wibu lainnya, yang bisa menjadi alternatif pilihan untuk merayakan Weaboo Day.

Di antara beberapa pilihan cara untuk merayakan Hari Wibu Sedunia tadi, sepertinya menonton anime bisa menjadi alternatif pilihan yang tepat, karena selain mudah untuk mengaksesnya, menonton anime juga bisa dilakukan di rumah saja untuk memudahkan kamu sebagai wibu dalam merayakan Weaboo Day. Baca selengkapnya cara menjadi wibu.

Namun, anime apa saja yang sekiranya cocok untuk ditonton dalam rangka merayakan Hari Wibu Sedunia?

3 Anime yang Bisa Ditonton di Hari Wibu Sedunia

1. Captain Tsubasa

Siapa yang tidak mengenal anime yang satu ini? Sebab memang Captain Tsubasa adalah salah satu anime yang cukup melegenda.

Bercerita tentang seorang murid sekolah dasar bernama Tsubasa Ozora yang bercita-cita menjadi seorang pemain sepak bola, ia pindah ke kota Nankatsu dan langsung bergabung dengan klub sekolah barunya tersebut.

Meskipun awalnya dianggap sebelah mata oleh lawannya, tapi Tsubasa mampu menunjukkan bakat dan kemampuannya dalam bermain sepak bola, sehingga mampu menjadi tulang punggung bagi klub Nankatsu ketika harus bertarung dengan klub-klub lainnya.

Ceritanya yang ringan dengan tokoh utama yang loveable membuat Captain Tsubasa cocok untuk ditonton ketika Hari Wibu Sedunia.

2. Dragon Ball

Tidak kalah populer dengan Captain Tsubasa, Dragon Ball juga menjadi salah satu anime yang populer dan melegenda di kalangan wibu.

Bercerita mengenai masa kecil Goku yang merupakan seorang anak yang turun dari langit dan dirawat oleh seorang kakek bernama Gohan, namun nahasnya, Gohan tewas ketika Goku berubah menjadi seekor gorila raksasa.

Demi menghidupkan kembali kakek Gohan, Goku pun harus berkelana untuk mencari tujuh buah bola kristal Dragon Ball karena mampu mengabulkan permintaan apapun juga, salah satunya menghidupkan kembali orang yang sudah mati.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Cerita petualangan Goku dalam mencari Dragon Ball mampu menjadi magnet yang mengasyikan untuk ditonton di Hari Wibu Sedunia.

3. Yu Yu Hakusho

Anime yang satu ini berkisah mengenai seorang bocah laki-laki nakal bernama Yusuke Urameshi yang mengalami kecelakaan di usianya yang keempat belas tahun.

Ia pun dinyatakan meninggal dunia, tapi Yusuke memperoleh keringanan dari perwakilan alam baka agar bisa hidup kembali.

Namun, agar bisa mendapatkan keringanan tersebut, Yusuke harus memenuhi syarat yang diberikan, yaitu mengerjakan perintah dari sang penguasa akhirat.

Yusuke harus menyelesaikan berbagai macam misi yang seiring bertambahnya waktu semakin sulit dan susah, sehingga mengharuskannya untuk berlatih ilmu bela diri pada seorang nenek bernama Genkai.

Yu Yu Hakuso mempunyai cerita yang sama serunya dengan Dragon Ball karena memiliki karakter yang menarik.

Bagaimana? Menarik kan anime-anime yang bisa kamu tonton di Hari Wibu Sedunia ini?

Jika kamu lebih suka membaca ketimbang nonton, komik Jepang berikut ini bisa menjadi opsi lainnya dalam merayakan Hari Wibu Sedunia.

Komik Naruto menjadi salah satu manga terkenal dan banyak disukai oleh para wibu, sehingga akan sangat tepat rasanya untuk membaca komik karya Masashi Kishimoto ini ketika Hari Wibu Sedunia.

Kisah tentang seorang bocah laki-laki bernama Naruto yang ingin menjadi seorang Hokage di desa Konohagakure yang boleh dibilang ia sendiri dibenci oleh para warga karena kyubi yang ada di dalam dirinya.

Pada akhirnya, Naruto mencoba untuk membuktikan kepada semua orang jika dirinya mampu untuk menjadi seorang ninja yang hebat agar bisa meraih mimpinya menjadi seorang Hokage.

Komik Naruto dapat kamu beli dan pesan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com