Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Wibu? Cari Tahu Penjelasannya Berikut Ini

Kompas.com - 09/05/2022, 13:00 WIB
Apa itu Wibu Sumber Gambar: pexels.com Apa itu Wibu
Rujukan artikel ini:
Boruto - Naruto Next Generation…
Pengarang: Masashi Kishimoto
|
Editor Almira Rahma Natasya

Mungkin sebagian besar dari kita sudah tidak asing lagi dengan sebutan atau istilah wibu, yang menjurus pada seseorang yang teramat sangat menyukai budaya Jepang, seperti anime, cosplay, hingga video game yang dibuat oleh Negeri Matahari Terbit tersebut.

Tidak mengherankan memang jika negara Jepang selalu mampu menciptakan karya dan budaya yang bisa menghipnotis orang-orang di seluruh dunia, karena memiliki keunikan tersendiri yang membuat sebagian besar orang sampai fanatik memuja budaya Jepang ini.

Orang-orang yang fanatik inilah yang kerap disapa sebagai seorang wibu yang bisa dibilang secara mati-matian sangat mengagumi dan memuja budaya Jepang, hingga memengaruhi kehidupan pribadi mereka.

Namun, apa sebenarnya seorang wibu itu sendiri?

Apa Itu Wibu?

Sebutan wibu sendiri ternyata berasal dari bahasa Inggris, yaitu daru kata “weeaboo” atau “webs” yang berarti seseorang yang sangat memuja atau terobsesi dengan budaya dan kultur Jepang.

Para wibu ini bukanlah masyarakat Jepang itu sendiri, melainkan orang-orang dari luar Jepang yang begitu terobsesi dengan budaya Jepang.

Para wibu ini sudah memasuki taraf adiktif dalam menyukai budaya Jepang hingga mempengaruhi kehidupan pribadi mereka.

Para wibu ini juga rela mengeluarkan kocek yang besar hanya untuk memenuhi hasrat mereka akan hal-hal yang berbau Jepang, mulai dari komik, action figure, video game, hingga kostum cosplay sesuai dengan karakter yang mereka sukai.

Tingkat kecintaan mereka terhadap hal-hal yang berbau Jepang ini juga terlihat ketika mereka sampai berimajinasi mengenai fantasi mereka tentang Jepang.

Orang-orang yang dipanggil wibu ini pun kerap lebih memilih menghabiskan waktu bersosialisasi mereka dengan komunitas yang berisi sekelompok orang yang memiliki minat yang sama terhadap kebudayaan Jepang.

Mereka lebih merasa nyaman ketika bisa berbincang dengan orang yang memiliki kesamaan minat dan hobi, ketimbang orang biasa yang tidak tertarik pada budaya Jepang sama sekali.

Taraf kecintaan mereka terhadap budaya Jepang sudah melewati batas atau bisa dibilang terlalu obsesif.

Ciri-Ciri Seorang Wibu

1. Memakai Produk-Produk Buatan Jepang

Saking suka dan terobsesinya terhadap kebudayaan negara Jepang, seorang wibu biasanya lebih memilih untuk menggunakan produk-produk dari Jepang untuk menunjukkan rasa suka mereka terhadap segala sesuatu yang berbau Jepang.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Bahkan, jika harus mengeluarkan kocek yang jauh lebih besar hanya untuk memakai produk-produk dari Jepang, seorang wibu tidak akan mempermasalahkan hal tersebut.

2. Mengubah Nama Menggunakan Bahasa Jepang

Rasa cinta para wibu ini terhadap kebudayaan negara Jepang tidak hanya ditunjukkan melalui tindakan membeli dan menggunakan produk-produknya saja, tapi juga mengubah nama mereka menggunakan bahasa Jepang agar tampak seperti orang Jepang itu sendiri.

Tidak hanya mengubah, biasanya para wibu ini pun hanya menyematkan nama Jepang di antara nama asli mereka.

Bahkan ada pula yang menuliskan nama tersebut memakai aksara Jepang atau yang biasa disebut dengan hiragana.

3. Meniru Tingkah Laku dan Kebiasaan Orang Jepang

Sudah pasti para wibu ini juga meniru tingkah laku dan kebiasaan orang Jepang untuk lebih menghayati obsesi mereka terhadap kebutuhan Jepang.

Namun, sayangnya tingkah laku dan kebiasaan orang Jepang yang mereka tiru biasanya hanya dilihat dari komik atau anime belaka, sehingga tidak seratus persen valid jika kebiasaan yang mereka tirukan adalah cerminan masyarakat Jepang.

Tentunya masih banyak lagi ciri-ciri wibu lainnya, seperti menggunakan bahasa Jepang dalam interaksi mereka, sangat terobsesi dengan anime, hingga anti sosial.

Kecintaan atau minat seseorang akan suatu hal tidaklah buruk asalkan masih mampu di dalam koridor yang sesuai, sehingga jika ingin menjadi seorang wibu, usahakanlah agar tidak terlalu adiktif akan hal tersebut.

Nah, berbicara soal wibu, tidak lengkap rasanya jika belum memberikan rekomendasi komik yang menarik untuk dibaca, dan komik Boruto dapat menjadi pilihan yang cocok untuk menemani waktu luang kamu.

Sesuai dengan judulnya, komik ini menceritakan tentang anak laki-laki dari Naruto Uzumaki, yaitu Boruto, yang harus menanggung nama besar ayahnya sebagai seorang Hokage.

Setelah perang besar usai, Desa Konohagakure kini sedang dalam masa yang damai dan tenang, tapi Boruto tidak pernah tahu akan ada bencana baru yang harus dihadapi oleh generasinya.

Komik Boruto ini bisa kamu beli dan pesan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com