Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Novel tentang Sejarah untuk Bangkitkan Rasa Nasionalisme

Kompas.com - 24/04/2022, 09:12 WIB
Novel tentang sejarah Sumber Gambar: Freepik.com Novel tentang sejarah
Rujukan artikel ini:
Duel Para Elang - Pertempuran…
Pengarang: Nino Oktorino
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Terbentuknya suatu negara memang tidak bisa dipisahkan dari berbagai peristiwa yang terjadi pada masa lampau.

Peristiwa-peristiwa tersebut akan terekam jelas dalam ingatan sebuah bangsa dan kisah heroiknya akan terus diceritakan dari generasi ke generasi.

Tidak bisa dipungkiri bahwa sejarah tidak selalu menceritakan soal kebaikan, karena ada beberapa peristiwa sejarah kelam yang kisahnya masih tabu untuk diceritakan sampai hari ini.

Namun tetap saja, sejarah adalah bagian tak terpisahkan dari perjalanan hidup suatu bangsa, dan keberadaannya juga tidak bisa digantikan sampai kapan pun.

Sejarah sejatinya adalah sebuah ilmu dan pengalaman yang sangat penting, untuk dijadikan sebagai pengingat dan pedoman para anak muda, agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Dengan memahami sejarah, kita akan lebih menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan negara kita.

Sebagai generasi muda, kita bisa mengetahui dan mempelajari sejarah dengan cara yang menyenangkan, misalnya saja dengan membaca novel-novel sejarah.

Berbagai novel ini tentunya akan lebih mudah memantik rasa ingin tahu dan membuat kita penasaran, bagaimana dan peristiwa apa saja yang terjadi pada masa itu?

Untuk mengulik dan memahaminya lebih dalam lagi, berikut ini beberapa rekomendasi novel tentang sejarah yang menarik untuk kamu baca.

Rekomendasi Novel Tentang Sejarah Indonesia

1. Duel Para Elang: Pertempuran Udara di Atas Hindia Belanda – Nino Oktorino

Saat Indonesia masih diduduki Belanda, kekaisaran Dai Nippon (Jepang) menjadi salah satu pihak yang paling gigih untuk ikut menguasai wilayah Indonesia.

Kekayaan alam dan kesuburan tanah yang dimiliki Indonesia adalah alasan terbesar mengapa Jepang akhirnya memutuskan untuk merebut Indonesia dari tangan Belanda secara paksa.

Sekitar tahun 1941-1942, langit Indonesia pernah menjadi saksi dan arena terjadinya pertempuran udara paling sengit dalam sejarah, yang ternyata menjadi penentuan arah perjalanan Indonesia selanjutnya.

Buku ini akan banyak mengisahkan jalannya pertempuran udara yang melibatkan Jepang, Belanda, Indonesia, bahkan Amerika Serikat yang akhirnya berbuntut panjang pada perang Asia Timur Raya.

2. ORIDA: Oeang Republik Indonesia Daerah 1947 – 1949 – Michell Suharli, Suwito Harsono

Sejarah mencatat bahwa Indonesia pernah mengalami masalah dengan sistem keuangan yang terjadi pada tahun 1947 sampai 1949, yakni saat masa ORIDA (Oeang Republik Indonesia Daerah).

Saat itu, mata uang yang dipakai oleh orang Medan, berbeda dengan mata uang yang dipakai oleh orang Surabaya, dan permasalahan ini terjadi di banyak daerah di Indonesia.

Permasalahan ini tentunya menjadi salah satu warisan perjalanan sejarah Indonesia.

Melalui buku ini, para generasi muda akan lebih mengenal sejarah mata uang yang pernah digunakan di beberapa daerah di Indonesia.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Mempertahankan Republik Doorstoot Naar Djokja 1948 – Wawan K. Joehanda

Buku ini akan membeberkan bagaimana perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan ibukota Yogyakarta saat terjadinya Agresi Militer Belanda 2.

Kamu akan mengetahui bagaimana perdebatan dan perbedaan pendapat yang sempat terjadi di tubuh TNI dan Politisi, sehingga akhirnya membuat Jenderal Sudirman lebih memilih untuk bergerilya di hutan-hutan Jawa.

Selain itu, kamu juga akan mengetahui peran sentral Sri Sultan Hamengkubuwono IX saat menjadi penghubung antara TNI dan Politisi, sehingga kedua pihak ini bisa bersatu kembali untuk mempertahankan kedaulatan Republik yang saat itu baru berusia tiga tahun.

4. Hikayat Majapahit – Nino Oktorino

Dari banyaknya sumber yang didapatkan dari serat-serat kuno, Nino Oktorino berusaha untuk merekonstruksi dan menulis kembali tentang suatu masa di mana Nusantara memiliki sebuah kerajaan yang besar dan kuat, yakni Majapahit.

Tidak hanya di Nusantara saja, Kerajaan Majapahit juga berhasil menjadi kerajaan yang disegani di berbagai wilayah Asia seperti Cina.

Buku ini berisi dokumentasi mengenai kisah para penguasa Majapahit, sekaligus juga peran rakyat Majapahit yang berhasil membuat kerajaan ini makmur dan bertahan selama kurang lebih 39 tahun, sebelum akhirnya runtuh setelah diserang oleh Kesultanan Demak.

5. Korps Marsose dan Perang Belanda di Aceh – Prasetyo Ramadhan

Perang Belanda di Aceh yang terjadi selama lebih dari 30 tahun ternyata sangat menguras kas Belanda dan berhasil menjadi salah satu perang terlama dan tersulit dalam sejarah.

Sejak agresinya yang pertama di tahun 1873, rakyat Aceh telah membuktikan bahwa mereka tidak sudi menggadaikan tanah airnya, dan siap untuk berjuang sampai titik darah penghabisan.

Hal ini membuat Aceh menjadi satu-satunya daerah di Nusantara yang paling sulit untuk ditaklukkan.

Di masa-masa yang penuh frustasi, Belanda akhirnya memutuskan untuk membentuk unit pasukan khusus yang dinamakan Marechaussee atau Korps Marsose, yang bertujuan untuk mengatasi perlawanan gerilya para pejuang Aceh.

Korps Marsose ini dibentuk untuk menjadi pejuang dengan kemampuan di atas rata-rata, yang berani bertempur dari jarak dekat, rela menyusuri hutan di pedalaman Aceh, dan mengatur strategi licik untuk menangkap para pejuang Aceh yang tidak pernah sudi untuk diajak berkompromi.

Memahami sejarah Indonesia memang tidak mudah, negara ini memiliki sejarah yang panjang dan berliku, serta menyimpan begitu banyak kisah yang mungkin tidak semuanya bisa diceritakan di muka publik.

Tapi lewat novel-novel ini, para generasi muda setidaknya bisa membaca dan membayangkan bagaimana kehidupan yang terjadi pada masa itu.

Membaca novel sejarah juga tentunya bisa membantu membangkitkan rasa Nasionalisme yang sepertinya masih sulit ditemukan di dalam diri rakyat Indonesia saat ini.

Untuk menemukan lebih banyak novel yang membahas mengenai sejarah, kamu bisa membelinya melalui Gramedia.com, atau bisa juga dengan mengakses versi e-booknya di Gramedia Digital.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com