Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Toko Online Paling Besar dan Terpopuler di Indonesia Tahun 2022

Kompas.com - 18/04/2022, 09:00 WIB
Toko online paling besar di Indonesia Sumber Gambar: freepik.com Toko online paling besar di Indonesia
Rujukan artikel ini:
Marketplacepedia
Pengarang: Desy Wijaya
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Perkembangan teknologi dan internet saat ini telah banyak memberikan berbagai kemudahan bagi kehidupan masyarakat modern.

Tidak hanya dari sektor teknologi, perkembangan yang pesat ini juga terjadi dalam sektor ekonomi.

Di Indonesia sendiri, sektor ekonomi saat ini meningkat akibat munculnya berbagai macam aplikasi belanja online yang biasa disebut dengan e-commerce atau marketplace, yang bisa memudahkan masyarakat dalam berbelanja.

Menurut laporan riset dari “The state of e-commerce app marketing 2022”, Indonesia menjadi salah satu negara dengan angka belanja digital terbesar di urutan nomor tiga setelah Brazil dan India.

Hal ini ikut dipengaruhi dengan kenaikan jumlah pemasangan aplikasi ponsel android yang naik sebesar 70% pada periode Januari 2020 sampai Juli 2022.

Angka pertumbuhan pengguna marketplace ini juga terus meningkat pesat di masa pandemi, karena aktivitas masyarakat yang lebih banyak dihabiskan di dalam rumah.

Lalu, sebenarnya marketplace apa yang paling besar dan paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Daftar Toko Online Terbesar dan Terpopuler Tahun 2022

1. Tokopedia

Urutan pertama marketplace dengan pengguna terbesar di Indonesia ini diduduki oleh aplikasi asli Indonesia, yaitu Tokopedia yang berhasil mengumpulkan kurang lebih 147 juta pengguna pada kuartal 2 tahun 2022.

Aplikasi yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison ini memperoleh jumlah kenaikan pengguna secara drastis, karena dianggap memiliki berbagai strategi marketing yang bagus dan mampu memikat banyak orang.

Beragamnya pilihan produk yang tersedia, adanya berbagai fitur yang memudahkan penggunanya dalam berbelanja, dan strateginya mengundang bintang-bintang populer dari Korea Selatan yang tengah digandrungi masyarakat, menjadi beberapa alasan yang berhasil mendongkrak popularitas aplikasi ini.

2. Shopee

Urutan kedua diduduki oleh pesaing terberat Tokopedia, yaitu Shopee yang merupakan sebuah marketplace asli Singapura.

Sebagai platform belanja online yang sangat populer, Shopee tercatat memiliki jumlah kunjungan sebanyak 127 juta pada kuartal pertama tahun 2022.

Walaupun peringkatnya masih kalah dibandingkan Tokopedia, tapi Shopee tetap menjadi salah satu marketplace yang sangat diperhitungkan oleh masyarakat, karena harganya yang terjangkau, dan pilihan promonya yang sangat memanjakan para penggunanya.

3. Bukalapak

Perusahaan lawas yang berdiri tahun 2010 ini masih mampu bertahan dan menjadi salah satu marketplace terbesar di Indonesia.

Bukalapak ini lebih fokus pada penjualan produk UMKM di Indonesia.

Sejak tahun 2017 sampai tahun ini, Bukalapak sudah berhasil memiliki mitra usaha yang bertujuan untuk mendigitalisasi banyak warung kecil di seluruh Indonesia, yaitu sebanyak 56 persen.

Saat ini, Bukalapak terus berusaha menggandeng banyak pihak swasta maupun pemerintahan untuk semakin mengembangkan bisnisnya.

Meskipun tidak sepopuler Tokopedia atau Shopee, Bukalapak tetap menjadi aplikasi yang bisa diperhitungkan jika kamu tertarik untuk berjualan online.

4. Lazada

Posisi selanjutnya diduduki oleh salah satu marketplace milik perusahaan Alibaba Group, yaitu Lazada yang didirikan tahun 2011 lalu.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Sampai tahun 2022, Lazada Indonesia sudah mengalami pertumbuhan sebesar 2,4 kali lipat dibandingkan saat awal pandemi pada tahun 2019.

Hal ini membuktikan bahwa Lazada masih memiliki banyak peminat dan masih populer di kalangan masyarakat.

Tidak hanya di Indonesia saja, Lazada juga sudah mulai merambah ke berbagai negara di Asia Tenggara, mulai dari Singapura, Filipina, Vietnam, Malaysia, dan Thailand.

5. Blibli

Posisi kelima diduduki oleh Blibli.com yang merupakan salah satu anak perusahaan milik Djarum Group.

Marketplace yang pernah menjadi sponsor utama PBSI (Persatuan Bulutangis Seluruh Indonesia) ini ternyata masih sangat populer di kalangan masyarakat, dengan jumlah pengunjung sebanyak 18,4 juta orang pada awal tahun 2022.

Bahkan saat akhir tahun 2021, Blibli berhasil memperoleh lebih dari 19 juta pengunjung, yaitu pada 12 Desember yang bertepatan dengan Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional.

Menurut survei para konsumen, alasan utama mereka memilih Blibli adalah karena reputasinya yang baik, produknya yang otentik, dan berbagai pilihan promonya yang menarik.

Itulah lima besar marketplace yang terbesar dan terpopuler di Indonesia pada tahun 2022.

Marketplace kini sudah menjadi bagian yang penting dalam penjualan online di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Alasan utamanya adalah karena berbagai fitur yang tersedia di marketplace terbukti dapat memudahkan dan membantu masyarakat dalam berbelanja dan bertransaksi dengan lebih cepat dan aman.

Bagi kamu yang tertarik untuk mencoba berbisnis lewat online, maka sekarang adalah waktu yang paling tepat untuk mencobanya.

Tapi sebelum benar-benar terjun ke dunia marketplace, kamu harus lebih dahulu menyiakan waktu, tenaga, dan pikiran yang tidak sedikit agar traffic penjualanmu bisa maksimal dan terus meningkat sedikit demi sedikit.

Untuk itu, kamu bisa coba membaca buku Marketplacepedia yang ditulis oleh Desy Wijaya.

Menurut Desy Wijaya, berjualan online melalui marketplace bisa menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan, asalkan kamu cermat dan pintar dalam memilih marketplace mana yang cocok untuk produk yang kamu jual.

Buku ini akan membantu kamu memahami seluk beluk dunia marketplace, mulai dari cara membuka toko, mengelola transaksi pembeli, cara menaikkan traffic penjualan, dan cara memanfaatkan berbagai fiturnya dengan baik, sehingga kamu mampu menghasilkan omset yang menjanjikan.

Tidak hanya itu saja, buku ini juga menyelipkan berbagai cerita inspiratif dari orang-orang yang sukses berbisnis melalui marketplace, dan akan membuat kamu jadi semakin termotivasi untuk mengikuti jejaknya.

Untuk mendapatkan buku ini, kamu bisa membelinya melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com