Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Buku Tan Malaka, Bapak Republik yang Terlupakan

Kompas.com - 13/04/2022, 13:00 WIB
Rekomendasi buku Tan Malaka Sumber Gambar: Gramedia.com Rekomendasi buku Tan Malaka
Rujukan artikel ini:
Tan Malaka : Biografi Singkat…
Pengarang: Taufik Adi Susilo
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Jika dibandingkan dengan tokoh-tokoh besar lainnya seperti Sukarno, Mohammad Hatta, atau Jenderal Sudirman, nama Tan Malaka mungkin masih kurang familiar, terutama di kalangan orang-orang yang bukan pecinta sejarah.

Padahal faktanya, Tan Malaka merupakan salah satu bapak bangsa yang berjasa besar dalam membantu proses perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Sebagai orang yang pernah mengenyam bangku pendidikan di luar negeri, Tan Malaka lebih memilih untuk menggunakan jalan revolusi sebagai alat untuk mendapatkan kemenangan, karena ia merasa bahwa rakyat Indonesia sudah terlalu lama merasakan penderitaan.

Putra asli Sumatera Barat ini percaya bahwa kemerdekaan yang 100 persen hanya bisa direbut lewat jalan perlawanan, bukan perundingan, karena perundingan baru bisa dilakukan jika Belanda dan Sekutu sudah mengakui kedaulatan Indonesia, dan itu membutuhkan waktu yang lama.

Perjuangan revolusioner ini membuatnya harus rela hidup berpindah-pindah dari satu negara ke negara lain, ia juga melakukan penyamaran dengan menggunakan identitas yang berbeda-beda di tiap negara.

Keluar masuk penjara sudah menjadi bagian dari perjalanan hidup Tan Malaka, walau pada akhirnya, ia harus gugur setelah ditembak mati oleh salah satu pasukan militer di daerah Kediri, Jawa Timur pada 21 Februari 1949.

Salah satu alasannya adalah karena sikapnya yang konsisten dalam melawan dan mengkritik pemerintah.

Apa yang membuatnya harus dihukum mati bahkan tanpa melalui proses pengadilan?

Seperti apa gambaran kehidupan masa kecil Tan Malaka hingga berhasil membuatnya jadi tokoh yang pemberani?

Bagi kamu yang penasaran, mari simak beberapa rekomendasi buku tentang Tan Malaka berikut ini.

4 Rekomendasi Buku Tan Malaka

1. Tan Malaka: Biografi Singkat 1897 – 1949 – Taufik Adi Susilo

Tan Malaka adalah tokoh revolusi militan yang nama dan perannya sengaja dikaburkan dan dihilangkan oleh rezim Orde Baru.

Padahal, segudang ide dan pemikirannya sangat berperan besar dalam mengantarkan Indonesia menuju gerbang kemerdekaan, dan menutup lembaran penjajahan dari bumi pertiwi.

Melalui buku ini, kamu akan mengetahui seberapa besar cinta Tan Malaka pada Indonesia dan bagaimana sulitnya perjuangan yang harus ia lalui demi memerdekakan tanah kelahirannya.

2. Tan Malaka: Perjuangan dan Kesederhanaan – Anom Whani W.

Tan Malaka sering disebut sebagai bapak bangsa yang terlupakan dalam sejarah, padahal ia adalah orang pertama yang menulis konsep mengenai “Republik Indonesia”, jauh sebelum negara Indonesia terbentuk.

Karena sebagian besar hidupnya harus dilalui dalam persembunyian, ia menjadi pribadi yang hidup dalam kesederhanaan, bahkan ia memilih untuk tidak menikah demi cita-citanya untuk memerdekakan Indonesia.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Walau hidupnya harus berakhir di tangan bangsanya sendiri, tapi perjuangan serta ide-idenya yang brilian tetap akan hidup dan menjadi pelajaran yang berharga untuk para generasi muda.

3. Gerpolek: Gerilya, Politik, Ekonomi – Tan Malaka

Tan Malaka adalah salah satu tokoh yang tidak bisa mengenal kompromi terutama kalau membahas soal kolonialisme dan imperialisme.

Ia tidak menyetujui berbagai macam perundingan dengan pihak lawan, karena ia merasa tindakan tersebut akan mengorbankan kedaulatan dan kemerdekaan rakyat.

Semakin menciutnya wilayah Republik karena terbentuknya negara boneka Belanda, dan kekacauan yang terjadi di berbagai sektor, membuat Tan Malaka risau.

Buku “Gerpolek” ini menjadi salah satu bukti kerisauan Tan Malaka atas berbagai masalah yang terjadi.

Dari balik dinding penjara Madiun, buku ini lahir dan menjadi bentuk nyata dari perasaan cintanya pada Indonesia.

4. Tan Malaka: Dari Balik Penjara dan Pengasingan – Badruddin

Terlahir dengan nama Sutan Ibrahim, Tan Malaka dikenal sebagai sosok yang misterius.

Ia berhasil bergerilya dan melakukan gerakan bawah tanah selama bertahun-tahun.

Walaupun memiliki filosofi pemikiran yang berseberangan, tapi banyak tokoh pergerakan nasional yang menjadikannya sebagai guru, bahkan Bung Karno juga pernah “berguru” kepadanya.

Tapi mengapa takdir malah membawanya gugur di atas tanah yang ia bela mati-matian selama puluhan tahun?

Buku ini akan menguak sejarah hidup Tan Malaka dengan lebih detail, mulai dari karyanya, kisahnya di balik penjara, sampai dalang dibalik pembunuhannya yang sampai saat ini masih menjadi misteri.

Walau memiliki perbedaan pandangan dan pemikiran dalam beberapa hal, tapi Sukarno dan para tokoh bangsa lainnya, tetap mengakui bahwa Tan Malaka adalah pejuang yang luar biasa.

Atas perjuangan dan dedikasinya, Tan Malaka akhirnya ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden Soekarno melalui Keputusan Presiden RI Nomor 53, pada tanggal 28 Maret 1963.

Bagi kamu yang tertarik dan ingin mengenal Tan Malaka lebih dekat lagi, kamu bisa membeli buku-buku ini melalui Gramedia.com, atau kamu juga bisa mengakses versi buku digitalnya di Gramedia Digital.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com