Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Lebih Dekat dengan Sang Proklamator, Ini Rekomendasi Buku Ir. Soekarno yang Menarik untuk Kamu Baca

Kompas.com - 22/02/2022, 12:00 WIB
Sumber Gambar: instagram.com/presidensukarno
Rujukan artikel ini:
The Remarkable Story Of Soekarno
Pengarang: Adimitra Nursalim
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan tokoh hebat yang satu ini.

Sebagai salah satu tokoh yang ikut menandatangani naskah Proklamasi, nama Soekarno tidak pernah absen dan selalu disebut setiap tahunnya, terutama saat perayaan ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia.

Sebagai tokoh yang memproklamirkan kemerdekaan Indonesia sekaligus presiden pertama Republik Indonesia, jasa dan perjuangan Soekarno akan selalu melekat di ingatan setiap rakyat Indonesia.

Awal Kehidupan Soekarno

Soekarno lahir pada 6 Juni 1901 di Surabaya, dari pasangan orang tua yang berbeda etnis, suku, dan agama.

Sejak kecil, Soekarno memang menunjukkan sifat yang berbeda dibanding teman-temannya yang lain.

Ia pandai, cekatan, tegas, dan mampu memahami penderitaan rakyat yang ditindas oleh bangsa barat.

Penindasan dan penderitaan rakyat inilah yang memacu Soekarno untuk terus belajar dan mengusahakan berbagai cara yang bisa membuat Indonesia terlepas dari belenggu penjajahan.

Untuk lebih mengenal perjuangan Soekarno dalam membela kemerdekaan Indonesia, ada beberapa rekomendasi buku yang menarik untuk kamu baca.

Rekomendasi Buku Mengenai Kisah Hidup Ir. Soekarno

1. The Remarkable Story of Soekarno – Adimitra Nursalim

Tidak ada satupun yang bisa menebak jalan hidup seseorang, Kusno kecil yang sering sakit-sakitan, perlahan-lahan tumbuh menjadi salah satu tokoh besar yang dijadikan panutan bangsa Indonesia.

Nama Soekarno yang terinspirasi dari tokoh “Karna” pada cerita Mahabharata, ternyata menjadi berkah yang mampu membawanya memainkan peran-peran sentral terutama dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

Walaupun sempat mengalami masa pengasingan dalam kurun waktu yang tidak sebentar, Soekarno tetap tidak gentar dan terus berupaya mengobarkan semangat rakyat Indonesia untuk melawan imperialisme yang mengancam keutuhan negeri.

Buku ini akan mengupas tuntas kehidupan sang Proklamator Indonesia, mulai dari kelahiran, perjuangan, kepemimpinan, sampai masa akhir kehidupannya, dan lewat buku ini kamu akan menemukan banyak alasan yang membuat kamu semakin mencintai dan mengagumi sosok Soekarno yang begitu berkharisma.

2. Lead Like Soekarno: Kalau Soekarno Sukses Memimpin, Mengapa Kita Tidak? – Hasna Wijayati

Perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia memang tidak mudah, Soekarno muda harus lebih dahulu berjuang menimba ilmu untuk mengasah kemampuannya dalam berbagai bidang.

Berkat kemampuan orasinya yang luar biasa, Soekarno berhasil memikat hati rakyat dan membuat rakyat semakin bersemangat untuk melawan segala bentuk penindasan yang datang dari para penjajah.

Dikemas dengan narasi dan ilustrasi komik yang menarik, buku ini akan menjelaskan berbagai peran yang diemban Soekarno, dan membuatnya menjadi salah satu pemimpin yang sukses.

3. Nasionalisme, Islamisme, Marxisme - Dr. (HC). Ir. Soekarno

Nasionalisme, Islamisme, dan Marxisme merupakan beberapa paham ideologi yang berkembang di sepanjang tahun 1928 sampai 1940, dan menjadi pegangan banyak tokoh dunia, salah satunya adalah Soekarno.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Buku ini sebenarnya berisi berbagai pemikiran orisinil dari Soekarno mengenal banyak hal, terutama dalam hal ideologi dan pemikiran yang sampai saat ini sering menjadi pro dan kontra di kalangan masyarakat.

Lewat pemikiran Soekarno yang banyak tertuang dalam buku ini, para pembaca diharapkan untuk mengikuti jejak perjuangan Soekarno demi membantu Indonesia mewujudkan persatuan dan kesatuan yang sejati.

4. Persahabatan Sukarno dan John F. Kennedy dalam 1000 Hari – Sigit Aris Prasetyo

Kepiawaian Soekarno dalam menarik hati rakyat ternyata juga sampai di hati John F. Kennedy, Presiden Amerika Serikat yang akhirnya membuat keduanya menjalin persahabatan yang erat.

Tingginya tensi dunia akibat Perang Dingin mampu dipadamkan perlahan-lahan, berkat peran kedua pemimpin negara ini.

Keduanya mampu bergandengan tangan dan mewujudkan dunia yang damai tanpa eksploitasi dan imperialisme.

Bukan hanya itu saja, kedekatan Soekarno dan Kennedy juga membuat hubungan Indonesia dan Amerika Serikat menjadi semakin baik dari hari ke hari, bahkan Amerika Serikat juga ikut membantu Indonesia menyelesaikan masalah Irian Barat tanpa ada pertumpahan darah.

Tapi kerjasama antar negara ini tidak berlangsung lama, kematian Kennedy dan lengsernya Sukarno membuat segala situasinya berubah.

Melalui buku ini, pembaca akan disuguhkan cerita-cerita persahabatan Soekarno dan Kennedy yang belum banyak tersebar di masyarakat.

Buku ini juga akan membahas bagaimana uniknya hubungan personal kedua tokoh, hingga mampu membuat dua negara besar ini menjalin hubungan yang baik.

5. Sehimpun Kisah Cinta Sukarno – Ilmiyanti

Selain kisah perjuangan dan kepemimpinannya, Soekarno juga terkenal sebagai tokoh yang punya beragam kisah cinta menarik dalam hidupnya.

Sejak usia muda, Soekarno sudah mengenal banyak wanita dalam hidupnya, Mien si gadis Belanda, Siti Utari, Inggit Garnasih, Fatmawati, Hartini, Ratna Sari Dewi, dan masih banyak lagi nama lain yang pernah menjadi warna dalam kehidupan cinta Soekarno.

Buku ini akan membagikan beragam kisah kehidupan Soekarno bersama para bunga yang pernah singgah di hatinya.

Dengan narasi dan cerita yang dibangun menarik pada setiap babnya, kamu akan mengenal cerita bapak bangsa ini dari jarak yang sangat dekat.

Jika kamu tertarik dan berminat untuk membaca kisah hidup sang Proklamator, kamu bisa mendapatkan buku-buku ini di Gramedia.com dan membaca versi buku digitalnya melalui Gramedia Digital.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com