Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Makanan Kemasan Banyak Anginnya? Ternyata Ini Alasannya!

Kompas.com - 18/04/2022, 18:00 WIB
Kenapa makanan kemasan banyak anginnya Sumber foto : Pixabay Kenapa makanan kemasan banyak anginnya
Rujukan artikel ini:
Go Kitchen Special Snack
Pengarang: RESTU UTAMI DEWI
|
Editor Ratih Widiastuty

Sebagian besar orang pernah menelan kekecewaan ketika membeli snack di minimarket atau supermarket, di mana saat dibuka kemasannya malah hampir setengah isinya hanyalah udara.

Kamu mungkin mengira ini adalah bentuk kecurangan dari produsen untuk membohongi pembeli dengan memberikan isi produk yang sedikit di kemasan yang terlihat besar.

Namun, ternyata ada alasan ilmiah di balik tindakan ini sebagai upaya untuk mempertahankan kualitas produk.

Berikut adalah alasan yang perlu kamu ketahui kenapa makanan kemasan yang kamu beli berisi banyak angin.

Alasan Kenapa Makanan Kemasan Banyak Anginnya

1. Membuat Produk Tetap Renyah

Dalam industri manufaktur, terdapat istilah "slack fill" yang memiliki arti sebagai ruang kosong yang ditempatkan di sekitar produk, dalam hal ini yaitu makanan yang ada di dalam kemasan.

Ruang ekstra atau udara tersebut dimaksudkan untuk melindungi produk agar tidak mengalami kerusakan dan bisa mempertahankan cita rasanya.

Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga tekstur dari camilan supaya tetap renyah dengan mengurangi kemungkinan kerusakan saat snack ditumpuk dalam proses pendistribusiannya.

Ruang udara tersebut akan menjadi bantalan yang mencegah produk di dalamnya menjadi remuk selama menempuh perjalanan panjang dari pabrik hingga bisa sampai di etalase toko dengan kondisi yang baik.

Jika tidak diberi ruang kosong di dalam kemasan, maka kemungkinan makanan ringan yang kamu beli akan jadi lebih mudah remuk dan akan mengurangi kenikmatan saat kamu menyantapnya.

2. Membuat Produk Lebih Awet

Tahukah kamu jika udara yang dimasukkan ke dalam kemasan makanan merupakan nitrogen dan bukannya oksigen?

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya, menunjukkan bahwa nitrogen tidak hanya bisa memperpanjang masa simpan makanan, tetapi juga membuat rasanya menjadi lebih enak dan fresh saat sampai di tangan pembeli.

Nitrogen yang memiliki sifat cukup stabil dan tidak terlalu reaktif jika dibandingkan dengan oksigen, membuat zat ini jadi tidak mudah mengalami perubahan kimia yang dipercaya bagus untuk mengawetkan makanan.

Sebaliknya, apabila diisi menggunakan oksigen, maka produk akan jadi lebih mudah basi dan membuat minyak yang biasanya ada pada makanan ringan menjadi berbau.

Kelembapan oksigen di sekitar makanan juga bisa menyebabkan produk mengalami proses oksidasi, sehingga akan jadi lembek atau tidak renyah lagi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Oleh karena itulah, snack yang kamu beli jadi bisa lebih tahan lama berkat nitrogen yang ditambahkan ke dalam kemasan makanan atau yang dikenal dengan proses nitrogen flushing.

Nah, itulah kedua alasan penting mengapa makanan kemasan yang dijual di pasaran banyak berisi angin atau ruang kosong di dalamnya.

Setelah mengetahui alasan ini, semoga kamu jadi bisa lebih memahami kegunaan dari adanya ruang udara dalam kemasan makanan ringan dan tidak lagi menganggapnya sebagai bentuk kecurangan yang dilakukan oleh produsen.

Selain itu, kamu juga bisa mulai membiasakan diri untuk membaca informasi berat bersih yang tertera pada bungkus produk dibandingkan hanya melihat ukuran kemasannya saja.

Dengan begitu, kamu akan tahu berat sesungguhnya dari produk makanan ringan yang akan kamu beli dan tidak lagi mengira-ngira seberapa banyak isinya dibandingkan anginnya.

Bagi kamu penggemar berat camilan, mengonsumsi snack atau makanan ringan dalam kemasan sesekali merupakan hal yang wajar untuk dilakukan.

Namun, tentunya hal itu akan menjadi kebiasaan yang buruk bagi kesehatan jika dilakukan terlalu sering atau dalam jumlah yang besar.

Daripada harus menanggung risiko kesehatan yang memburuk akibat terlalu sering mengonsumsi makanan dalam kemasan, mengapa kamu tidak memasak sendiri camilan ringan yang tetap bisa menyehatkan?

Buku Go Kitchen Special Snack yang ditulis oleh selebgram sekaligus Youtuber, Restu Utami Dewi, akan memberikan kamu berbagai macam resep makanan ringan yang enak dan mudah untuk kamu ikuti di rumah.

Terdapat beragam menu snack yang disajikan mulai dari lumpia bihun, martabak tahu, sempol ayam, singkong Thailand, hingga berbagai jenis minuman seperti es doger, es campur, es cincau gula aren, dan lain-lain.

Resep-resep yang dibagikan di dalam buku ini bisa menjadi solusi bagi kamu yang doyan ngemil, namun tetap ingin memiliki tubuh yang sehat dan langsing.

Snack time pun jadi lebih menyenangkan karena bisa mengonsumsi camilan atau makanan ringan beramai-ramai bersama dengan keluarga.

Kamu bisa mendapatkan buku Go Kitchen Special Snack ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com