Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya Sekadar Hiburan, Berikut Manfaat Mendengarkan Musik yang Harus Kamu Tahu

Kompas.com - 18/04/2022, 10:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Ng Musikpedia
Pengarang: JOEL LEVY
|
Editor Almira Rahma Natasya

Manfaat mendengarkan musik ternyata ada banyak sekali selain berguna untuk sarana hiburan.

Mendengarkan musik ternyata mampu memberikan beberapa manfaat yang berguna bagi kesehatan, baik untuk tubuh maupun mental.

Keberadaan musik sendiri ternyata telah hadir sejak zaman dahulu kala, sehingga pengaruhnya sampai saat ini masih bisa kita rasakan.

Bahkan bisa dibilang, musik merupakan bahasa universal yang mampu menyatukan siapa saja dari berbagai dunia dengan bahasa yang berbeda-beda.

Genre musik yang beragam juga mampu memberikan alternatif pilihan yang bisa dinikmati oleh kita semua tergantung dengan mood atau perasaan yang sedang dirasakan, sehingga bisa membangkitkan emosi dan gairah selama mendengarkan lagu yang tepat.

Apalagi, kini untuk mengakses sebuah lagu jauh lebih praktis dan mudah dengan adanya layanan streaming.

Berikut beberapa manfaat mendengarkan musik yang siapa tahu bisa menambah informasi dan pengetahuan baru untuk kamu.

Manfaat Mendengarkan Musik

1. Membantu Mengatasi Insomnia

Bagi kamu yang kerap mengalami gangguan tidur, mendengarkan musik bisa menjadi solusi yang tepat untuk membuat tubuh dan pikiran cepat terlelap, karena lewat alunan nada yang menenangkan, musik bisa mengantarkan kamu lebih cepat ke alam mimpi.

Musik membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks, sehingga mampu membuat kamu jauh lebih mudah untuk terlelap tidur.

Tapi dengan catatan, pilih musik yang menenangkan dan mengalun agar perasaan rileks dapat muncul dengan cepat.

Satu hal lagi yang harus diingat ketika akan mendengarkan musik sambil tidur adalah jangan menggunakan earphone atau headset, karena akan berpengaruh pada kesehatan telinga.

2. Menambah Semangat Ketika Berolahraga

Salah satu kegiatan yang paling sulit untuk dilakukan, tapi mempunyai segudang manfaat positif untuk tubuh ialah olahraga, karena biasanya gerakan olahraga yang mengundang keringat untuk muncul terkesan monoton dan membuat lelah, sehingga kita memilih untuk menghindarinya.

Namun, ada satu cara efektif yang mampu menambah semangat kamu untuk berolahraga, yaitu dengan mendengarkan musik.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Melalui irama dan alunan lagu yang menghentak, biasanya adrenalin akan terpacu, sehingga menambah semangat membara untuk melakukan gerakan olahraga.

3. Mengurangi Stres

Selain mampu menghibur para pendengarnya, musik juga nyatanya bisa membantu mengurangi atau mengelola stres, sebab akan membatasi pelepasan hormon kortisol yang bisa memicu stres di dalam tubuh.

Musik bisa membawa ketenangan dan kedamaian bagi orang-orang yang sedang mengalami depresi, karena kombinasi irama dan nada yang tercipta dalam musik mampu memberikan proses pemulihan yang bisa membuat mood jadi jauh lebih baik.

4. Menurunkan Perasaan Cemas

Menurut beberapa penelitian, musik ternyata mampu membantu meringankan kecemasan atau anxiety yang dialami oleh seseorang, karena mampu membuat tubuh dan pikiran menjadi jauh lebih rileks dan tenang.

Jika kamu telah mengalami sebuah peristiwa yang membuat anxiety, alangkah lebih baik jika kamu mendengarkan musik untuk membantu menurunkan perasaan cemas tersebut dengan alunan nada-nada yang menenangkan.

5. Membantu Memperbaiki Mood

Tidak dapat dipungkiri jika musik bisa menjadi terapi relaksasi yang akan membantu memperbaiki perasaan atau mood di saat sedang jatuh dan sedih, karena efek yang diberikan oleh musik mampu meningkatkan suasana hati yang sedang tidak baik-baik saja.

Usahakan untuk memilih jenis musik yang tepat sebelum memutuskan untuk memperbaiki suasana hati dengan cara mendengarkan musik, karena percuma saja jika kamu sedang merasa sedih, tapi malah memilih lagu galau untuk didengarkan.

Setelah mengetahui manfaat dari mendengarkan musik, mungkin kamu jadi tertarik untuk membaca buku tentang musik berikut ini.

Buku Musikpedia yang ditulis oleh Joel Levy bisa dibilang merupakan ensiklopedia musik yang lengkap untuk menambah wawasan mengenai dunia musik.

Buku ini membahas sejarah musik dari berbagai genre, seperti blues, klasik, country, pop, hiphop, hingga rock yang pastinya akan sangat menarik untuk dibaca, terlebih jika kamu pecinta musik sejati.

Tidak hanya membahas soal genre musik, di sini kamu juga akan belajar tentang musikus terkenal dunia sepanjang zaman, dimulai dari Bach, The Beatles, hingga Beyonce, semuanya lengkap dibahas di sini.

Buku Musikpedia dapat kamu pesan dan beli di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com