Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Buku Latihan Tes Psikotes untuk Masuk Kerja dan Mampu Menggali Logika Berpikir Kritis

Kompas.com - 24/03/2022, 13:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
New Modul Psikotes (Plus Cd)
Pengarang: Tim Garuda Eduka
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Psikotes saat ini menjadi salah satu tahap seleksi yang kerap diterapkan, tidak hanya di Universitas tapi juga di berbagai perusahaan.

Psikotes sendiri memiliki arti serangkaian pertanyaan atau tes tertulis, baik secara visual maupun verbal yang dilakukan langsung oleh profesional (psikolog) dengan berbagai tujuan tertentu.

Melalui tes psikotes, perusahaan akan lebih mudah untuk menilai apakah seorang pelamar sudah memenuhi kriteria yang dibutuhkan atau belum, terutama kriteria dalam hal kemampuan logika berpikir.

Tidak hanya itu saja, psikotes juga memiliki fungsi untuk mengenali watak seseorang seperti attitude dan personality yang tidak terlihat secara kasat mata.

Melalui aspek psikologis, perusahaan juga bisa melihat motivasi kerja, bakat, keadaan emosional, dan sikap seorang pelamar dalam mengatasi dan menyelesaikan masalah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi buku tes psikotes yang bisa kamu gunakan sebagai bahan latihan dan bahan penilaian untuk melihat sudah sejauh mana kemampuan yang kamu miliki.

Rekomendasi Buku Tes Psikotes

1. New Modul Psikotes – Tim Garuda Eduka

Dalam mengerjakan ujian psikotes, ada berbagai tips dan trik yang sebenarnya bisa kamu terapkan untuk mendapatkan hasil tes yang maksimal.

Perlu diketahui bahwa keterampilan belajar adalah salah satu faktor yang paling penting untuk membantu kinerja kamu dalam ujian psikotes.

Melalui buku ini, kamu akan melatih dan mengasah kemampuan diri dengan mengerjakan berbagai soal yang akan keluar dalam tes nanti.

Dengan mempelajari materi dan melatih diri dengan soal-soal latihan, kamu bisa mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin dan bahkan bisa diterima di tempat kerja yang kamu impikan.

2. All New Psikotes Gambar – Tim Garuda Eduka

Secara umum, ada tujuh jenis soal psikotes yang harus kamu kerjakan saat ingin melamar pekerjaan, dan semua soal tersebut tentunya memiliki tingkat kesulitannya masing-masing.

Selain tes yang berbentuk pertanyaan, dalam psikotes juga ada tes yang berbentuk gambar sehingga kamu membutuhkan konsentrasi yang baik saat mengerjakannya.

Untuk mengetahui tips dan trik dalam mengerjakan soal tes berupa gambar, buku ini bisa kamu jadikan sebagai salah satu buku latihanmu sebelum melaksanakan ujian.

Buku ini menyajikan berbagai jenis soal psikotes gambar secara lengkap, mulai dari soal menggambar orang atau pohon, soal logika deret gambar, dan soal psikotes wartegg.

Dengan menguasai hampir seluruh tes psikotes gambar, peluang kamu untuk diterima di sebuah perusahaan juga akan terbuka lebar.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Top One Psikotes Terlengkap – Tim Bintang Psikologi

Tes psikotes memang menjadi salah satu ujian untuk bisa mengetahui karakter, kepribadian, dan potensi seseorang melalui pendekatan psikologi, dan jenis tes ini sudah dilaksanakan di hampir seluruh negara di dunia.

Dengan membaca buku ini, kamu akan mendapatkan ringkasan materi psikotes secara lengkap, berbagai soal latihan psikotes yang digunakan dari tahun ke tahun, dan kamu juga akan diberikan tips sukses anti gagal dalam mengerjakan soal psikotes di ujian nanti.

Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan berbagai barcode berupa aplikasi android, e-book, dan simulasi tes, yang bisa kamu scan dan download sebagai bahan tambahan kamu dalam belajar.

4. All New Big Book Psikotes+Cd – Tim Garuda Eduka

Buku ini hadir untuk memberikan berbagai macam solusi bagi kamu yang ingin sukses dalam menghadapi berbagai jenis soal psikotes, yang terdiri dari penalaran verbal, penalaran kuantitatif, dan penalaran figural.

Dengan berbekal tim penyusun yang sudah berpengalaman, kamu akan mendapatkan beragam pembahasan psikotes, mulai dari ringkasan materi, bank dan pembahasan soal, dan dilengkapi dengan CD berisi video tutorial pengerjaan soal yang bisa kamu ikuti.

Berbagai keunggulan yang ada dalam buku ini akan sangat membantu kamu dalam menempuh berbagai macam tes psikotes yang akan kamu jalani, jadi jangan lupa untuk terus belajar dan berlatih secara mandiri.

5. Bedah Konsep Tes Psikotes – Tim Psikotes Indonesia

Walaupun tidak mudah, tapi tes psikotes nyatanya masih menjadi salah satu hal yang harus dilewati oleh seseorang yang ingin diterima kerja di sebuah perusahaan, atau diterima di perguruan tinggi.

Setelah mengerjakan berbagai macam latihan soal yang sudah disediakan, buku ini juga akan memberikan berbagai materi yang mudah dipahami dan dipelajari oleh semua orang.

Selain soal psikotes, buku ini juga menyelipkan beberapa cara untuk membuat CV dan surat lamaran kerja yang akan membantu kamu saat ingin melamar pekerjaan di tempat yang kamu inginkan.

Dengan mempelajari materi dan melatih diri dengan mengerjakan berbagai macam soal latihan, kamu akan lebih siap dan tidak akan gugup saat menghadapi ujian di kemudian hari.

Selain itu, kamu juga akan berada beberapa langkah di depan para kompetitormu yang lain.

Tapi kalau kelima rekomendasi buku ini masih terasa kurang dan kamu ingin menambah bahan referensi lain, Gramedia.com selalu menyediakan beragam buku latihan tes psikotes yang bisa kamu beli melalui online.

Atau bagi kamu yang lebih menyukai versi e-book, kamu juga bisa membelinya melalui Gramedia Digital.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com