Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Menyelami Kisah Hidup Presiden Ke-7 Indonesia? Yuk, Simak 5 Rekomendasi Buku Jokowi Berikut Ini

Kompas.com - 23/03/2022, 13:00 WIB
Sumber Gambar: Gramedia.com
Rujukan artikel ini:
Salam Tiga Jari: Leadership ala…
Pengarang: Tria Sastri
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Joko Widodo atau yang biasa dikenal dengan nama Jokowi adalah Presiden RI ke-7 yang saat ini masih menjabat di masa periode kedua pemerintahannya.

Presiden yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Walikota Surakarta dan Gubernur Jakarta ini punya segudang cerita yang menghiasi perjalanan karirnya dari awal sampai sekarang.

Jokowi sebenarnya tidak berasal dari keluarga yang kental dengan nuansa politik.

Sebelum memilih untuk masuk ke dunia politik elite, beliau merupakan seorang pengusaha mebel yang sukses dan berhasil menembus pasar mancanegara.

Tapi sebelum menjadi pengusaha sukses, kehidupan masa kecilnya sebenarnya jauh dari kata berkecukupan.

Sebagai anak tertua dari empat bersaudara, ia harus merasakan pahitnya kehidupan, mulai dari hidup berpindah-pindah karena rumahnya mengalami penggusuran sebanyak tiga kali, membagi satu buah telur dengan tiga adiknya yang lain, menjadi ojek payung, berdagang keliling, dan menjadi kuli panggul untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya.

Dengan berbagai kesulitan dan kepahitan yang dialaminya sejak masih kecil, beliau mulai berpikir bahwa ini merupakan cara Tuhan untuk membangun dan membentuk karakternya, sehingga berhasil membuatnya jadi pribadi yang penuh tekad dan tidak kenal menyerah.

Bagi kamu yang penasaran dan ingin mengenal Jokowi dari jarak yang lebih dekat, kamu bisa membaca beberapa rekomendasi bukunya berikut ini.

Rekomendasi Buku Jokowi

1. Salam Tiga Jari: Leadership ala Jokowi – Tria Sastri

Jokowi memang punya rekam jejak yang mengejutkan banyak pihak, bahkan kiprahnya di dunia politik ini sering dianggap sebagai “kecelakaan”, dari seorang anak yang serba kekurangan, tumbuh dan besar dengan berkarir sebagai pengusaha, sampai akhirnya berhasil terpilih menjadi Walikota, Gubernur, bahkan Presiden.

Buku ini tidak hanya menjelaskan bagaimana perjalanan Jokowi menuju panggung kekuasaan, tapi juga menceritakan bagaimana suka duka yang harus ia terima sejak usia belia.

Lewat buku ini, kamu akan belajar dari beliau mengenai nilai kearifan, spirit, dan semangat yang membuat kita selalu terinspirasi untuk tidak mudah menyerah.

2. Jokowi Mewujudkan Mimpi Indonesia – Darmawan Prasodjo

Dalam buku ini, penulis akan banyak membahas mengenai berbagai kebijakan dan program pembangunan yang dicanangkan oleh Jokowi, baik di periode pertama maupun periode kedua pemerintahannya.

Membangun berbagai infrastruktur di berbagai daerah, memperkenalkan delapan kartu sakti, dan mengembangkan berbagai sektor sentral, merupakan beberapa program yang sedang berusaha dijalankan di masa pemerintahan Presiden Jokowi.

Setelah membaca buku ini, kamu akan memahami bagaimana usaha Jokowi dalam membangun negeri, serta mewujudkan Indonesia sebagai negara yang maju dan mampu berdiri di atas kaki sendiri.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Jokoway: Jalan Kepemimpinan Jokowi – Eko Sulistyo

Sebagai salah satu pemimpin yang berhasil menjabat sampai dua periode, Jokowi memang dinilai sebagai salah satu orang yang punya kekuatan dan kemampuan dibandingkan dengan para pemimpin partai politik.

Tapi, apa sebenarnya yang mendasari pernyataan tersebut?

Melalui buku ini, kamu akan mengetahui apa saja keunggulan yang dimiliki oleh Jokowi sebagai seorang manusia dan seorang pemimpin, sehingga ia mampu menjaring kekuatan massa yang begitu besar (dari masyarakat umum maupun kalangan elite), padahal ia sendiri bukanlah pemimpin partai politik.

4. Jokowi: Kisah, Perjuangan, dan Inspirasi – Punto Ali Fahmi

Walaupun sudah berhasil melewati berbagai macam fase kehidupan yang membuat banyak orang terinspirasi, tapi tetap saja ada orang yang membenci dan merasa tidak cocok dengan kepemimpinannya.

Tapi suka dan tidak suka, memang hal yang wajar bagi manusia.

Meski demikian, Jokowi tetap menunjukkan kredibilitasnya sebagai presiden yang pantas dihormati dan disegani, sehingga tidak heran, ia juga tercantum dalam 500 muslim berpengaruh di dunia.

Buku ini ditulis dengan tujuan untuk menyebarkan semangat dan kerja keras yang dimiliki seorang Presiden Jokowi, sehingga para pembaca bisa menjadi orang yang optimis dan pantang menyerah.

5. Dari Jokowi Hingga Pandemi – Eko Sulistyo

Pandemi Covid-19 mulai masuk ke Indonesia pada awal Maret 2019, dan ini menjadi salah satu cobaan terberat di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Melalui buku ini, pembaca akan diajak untuk memahami bagaimana sudut pandang “orang istana” terhadap masalah pandemi yang menimpa negeri ini.

Jadi setelah mengetahui pendapat mereka, kamu akan belajar bagaimana caranya menghargai dan menghormati keberagaman serta bersedia untuk saling bekerjasama bagi kebaikan bangsa dan negara.

Dengan bahasa yang renyah khas tulisan di media massa, buku ini akan menyuguhkan berbagai praktik politik kekuasaan yang dilakukan oleh Jokowi, terutama dalam menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi selama masa pemerintahannya.

Itulah beberapa rekomendasi buku yang mengisahkan kisah hidup seorang Joko Widodo dan apa saja keputusan yang ia ambil saat menjadi Presiden Republik Indonesia.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, kamu bisa membeli buku-bukunya di Gramedia.com, atau kamu juga bisa membaca versi e-booknya melalui Gramedia Digital.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com