Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Life Skill yang Perlu Dikuasai agar Sukses di Dunia Digital

Kompas.com - 22/03/2022, 16:00 WIB
Sumber Gambar: Pexels.com
Rujukan artikel ini:
Belajar Social Media Marketing
Pengarang: Jefferly Helianthusonfri
Penulis Lika Purnama
|
Editor Almira Rahma Natasya

Secara harfiah, life skill merujuk pada keterampilan yang dibutuhkan oleh manusia untuk dapat bertahan hidup.

Ini berarti keterampilan apapun yang dapat membantu kita survive dalam kehidupan dapat disebut sebagai life skill, misalnya memasak, mencuci baju, bekerja, mengendarai kendaraan, atau menggunakan komputer.

Life skill juga bisa berbeda tergantung pada kebutuhan setiap individunya, misalnya ketika seseorang hidup di daerah pesisir, maka life skill paling penting yang harus dimiliki adalah kecakapan menangkap ikan, berlayar, atau mengemudikan perahu, sementara bagi seseorang yang tinggal di dekat area hutan, bisa jadi life skill yang mereka butuhkan adalah kemampuan bercocok tanam dan berburu.

Maka dari itu, jelas bahwa bagi setiap orang, life skill bisa berbeda-beda.

Nah, bagi kita yang sedang hidup pada era perkembangan digital, kira-kira life skill apa yang paling dibutuhkan dan penting dikuasai?

Life Skill Penting yang Perlu Dikuasai agar Sukses di Dunia Digital

1. Social Media

Di era digital yang hampir semuanya akan bisa dilakukan secara online, maka social media merupakan salah satu hal penting yang tidak boleh dilewatkan.

Social media memungkinkan penggunanya menjangkau dan berinteraksi dengan jutaan pengguna lain di seluruh dunia.

Social media seperti Instagram, Twitter, LinkedIn, bahkan Youtube bukan lagi sekedar sarana bersenang-senang, namun juga sebagai tempat untuk membangun personal branding yang memikat.

Selain itu, kemampuan mengelola social media dengan baik juga bisa dijadikan sebagai pekerjaan tetap yang memiliki jenjang karir cemerlang.

2. Komputer

Komputer adalah alat utama yang digunakan untuk mengeksplorasi dunia digital.

Oleh karena itu, sebagai modal penting untuk bisa survive di dunia digital, kamu setidaknya harus bisa mengerti dasar-dasar penggunaan komputer, atau paling tidak memahami cara kerja aplikasi-aplikasi yang paling banyak digunakan, seperti Microsoft Word, Excel, dan Power Point.

3. Digital Marketing

Jika dulu pemasaran sebuah produk dijalankan secara offline bahkan door to door, maka di dunia yang serba canggih ini, marketing pun perlahan beralih secara online.

Tidak perlu lagi menyebarkan brosur secara manual, kini semua iklan bisa disebar secara digital dengan budget yang lebih murah, namun mendapatkan jangkauan yang lebih luas.

Apalagi sejak kehadiran e-commerce, hampir sebagian kebutuhan hidup kini bisa dibeli dengan sangat praktis semudah ketukan ibu jari.

Berdasarkan beberapa portal penyedia iklan lowongan pekerjaan, posisi digital marketing menjadi yang paling banyak dicari.

Jadi, jika kamu dapat memiliki skill digital marketing, ini akan menjadi nilai tambah yang akan membuat kamu banyak dicari oleh berbagai perusahaan.

4. Graphic Design

Masih berkaitan dengan social media dan juga digital marketing, sebagian besar konten yang ditampilkan pastinya membutuhkan visual yang menarik.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Di sinilah peran graphic designer bekerja, mereka bertugas membuat visualisasi menarik dari konten-konten influencer maupun perusahaan.

Umumnya, untuk menjadi seorang graphic designer harus melewati pendidikan Sarjana Desain Komunikasi Visual, namun life skill ini juga bisa dipelajari secara autodidak melalui tutorial yang banyak tersebar di internet.

5. Search Engine Optimization (SEO)

Jika kamu melakukan pencarian di laman Google, kurang lebih akan ditampilkan 10 situs teratas yang relevan dengan topik yang kamu cari.

Secara sederhana, itulah tugas seseorang yang bekerja di bidang SEO mereka menyusun kata kunci yang memiliki peluang paling banyak dicari.

SEO Specialist berperan penting untuk melakukan optimisasi agar sebuah website dapat memiliki rangking tinggi dan muncul di halaman awal pencarian Google, sebab semakin banyak orang yang mengunjungi situs web sebuah perusahaan, maka akan semakin besar peluang perusahaan tersebut untuk menjual barang maupun jasa kepada pembeli.

Skill yang sangat spesifik ini bisa dipelajari melalui berbagai macam kursus maupun proses belajar autodidak.

6. Photography & Videography

Fotografi dan videografi sejak zaman analog telah menjadi life skill penting yang menarik untuk dipelajari.

Apalagi ketika zaman beralih menjadi digital lalu social media hadir dan membuat semua orang berlomba-lomba mengunggah keseharian melalui foto dan video.

Fenomena ini memunculkan celah dan peluang untuk kamu dapat lebih serius lagi menekuni skill fotografi dan videografi, sebab nantinya profesi ini yang juga paling banyak dibutuhkan.

Nah, itulah life skill yang penting dikuasai agar sukses di dunia digital.

Buat kamu yang tertarik belajar lebih dalam tentang social media dan digital marketing, buku Belajar Social Media Marketing yang ditulis Jefferly Helianthusonfri ini akan membuatmu paham lebih cepat.

Dengan tebal hanya 192 halaman, buku ini menyajikan materi cukup lengkap mulai dari dasar tentang empat social media sekaligus, yakni Instagram, Facebook, Twitter, dan YouTube.

Selain itu, ada pula pembahasan menarik tentang bagaimana cara beriklan di social media dari nol hingga mahir.

Ingin belajar membuat channel youtube? Bisa! Ada tutorial membuat channel YouTube, cara produksi video, mengunggah video, hingga berjualan di YouTube.

Jefferly menulis semuanya dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti sehingga tidak perlu ragu lagi.

Jika tertarik membacanya, buku Belajar Social media Marketing tersedia di Gramedia.com. Yuk beli sekarang juga!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com