Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Bisnis Bareng Pasangan, Membangun Usaha dengan Kepercayaan

Kompas.com - 13/03/2022, 11:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Setiap Pebisnis Harus Punya Buku…
Pengarang: Dini Hertita
|
Editor Novia Putri Anindhita

Membangun sebuah usaha dibutuhkan komitmen dan kerja keras yang solid agar mampu bertahan dan berkembang, apalagi jika bisnis tersebut dibangun bersama pasangan, akan dibutuhkan tips bisnis bareng pasangan yang akan membantu kamu agar tidak salah mengambil langkah.

Meskipun berstatus pacar atau pasangan, kita tidak boleh percaya begitu saja dalam setiap keputusan yang diambil, karena urusan bisnis tidak boleh dicampuradukkan dengan hubungan personal, sebab nanti akan berakibat fatal.

Maka dari itu, diperlukan aturan serta perjanjian yang jelas dan tegas sebelum membangun bisnis bareng pasangan, agar ke depannya tidak akan ada salah persepsi atau rasa canggung jika hubungan tersebut berakhir, sehingga bisnis tidak akan terkena dampaknya.

Profesionalitas mutlak dibutuhkan jika ingin membuat bisnis bareng pasangan, sebab ini bukan perkara hati yang dipertaruhkan, tapi masa depan masing-masing orang yang harus diperjuangkan dengan mengesampingkan perasaan dalam urusannya.

Apalagi, jika hubungan yang terjalin dengan pasangan sudah berlangsung lama, sepertinya kamu bisa lebih leluasa dalam mengungkapkan ide, unek-unek, serta inovasi untuk mengembangkan bisnis bersama yang menjadikan hal positif dalam membangun bisnis bersama pasangan.

Namun, sebelum bertindak lebih jauh untuk membangun bisnis bersama pasangan, simak tips bisnis bareng pasangan berikut ini, yang siapa tahu bisa membantu kamu dalam mengelola usaha nantinya.

5 Tips Bisnis Bareng Pasangan

1. Terapkan Sikap Profesional

Saat memutuskan untuk membangun bisnis bareng pasangan, hal pertama yang harus diingat dan diterapkan adalah sikap profesional yang tidak mencampuradukkan urusan personal dalam masalah bisnis.

Biasanya, saat hubungan bersama pasangan sedang mengalami pasang surut, relasi bisnis yang terjalin pun akan terkena imbasnya, maka dari itu, sikap profesional harus diterapkan untuk menghindari itu semua.

Dengan membentengi diri melalui sikap profesional, kamu akan mampu melihat secara jernih mana masalah pribadi dan mana perkara pekerjaan sehingga tidak akan mengganggu stabilitas bisnis jika terjadi konflik dengan pasangan.

2. Bagi dan Tentukan Waktu Bekerja

Perlu diingat, meskipun kamu menjalin relasi bisnis dengan pasangan bukan berarti kamu dan pasanganmu bisa membicarakan seputar pekerjaan kapan pun, sebab harus ada komitmen dalam membagi waktu bekerja dan waktu bersama.

Membicarakan pekerjaan di luar waktu bekerja takutnya malah akan memengaruhi hubungan personal kamu dan pasangan, sehingga tidak bisa berjalan beriringan lagi yang akan memicu konflik ke depannya.

Oleh karenanya, tetapkan dan bagi waktu yang jelas dan tegas antara bekerja dan menghabiskan waktu bersama, agar semuanya bisa berjalan secara seimbang dan beriringan.

3. Jalin Komunikasi yang Intens

Jangan merasa kamu membangun bisnis bersama pasangan, kamu jadi kurang aktif menjalin komunikasi perihal bisnis karena sudah yakin dan percaya dengan keputusan pasangan.

Hal tersebut adalah salah besar, sebab mau bagaimanapun kamu harus turut aktif dan intens dalam menjalin komunikasi yang baik dengan pasangan, untuk membicarakan segala aspek dan seluk beluk mengenai bisnis yang dijalankan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Sama halnya dengan menjalin hubungan personal, membangun bisnis bersama pasangan juga membutuhkan komunikasi yang baik dan intens agar tidak ada salah paham yang terjadi di saat bisnis tengah mengalami penurunan.

4. Jangan Campuradukkan Uang Pribadi dan Bisnis

Walaupun kamu membangun bisnis bersama pasangan, jangan pernah sekalipun untuk menggabungkan uang pribadi dengan uang bisnis demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan nantinya, salah satunya seperti konflik yang ujung-ujungnya pasti menyerempet pada hal finansial.

Jika dari awal kamu sudah memisahkan antara uang pribadi dan bisnis dengan jelas dan pasti, hal ini akan sangat membantu kamu nantinya jika terjadi permasalahan sehingga bisa meminimalisir kerugian.

Buat dua rekening yang berbeda antara uang pribadi dan uang bisnis, agar ada bukti yang jelas dan nyata mengenai uang kas yang masuk dan keluar.

5. Buat Rencana yang Jelas

Terakhir, sebelum memutuskan untuk membangun bisnis bareng pasangan, buat dan tetapkan terlebih dahulu rencana bisnis dengan jelas agar bisa menemukan visi dan misi yang kuat.

Tanpa adanya rencana yang matang dan jelas, rasanya percuma saja jika kamu tetap ingin berbisnis bareng pasangan karena hasilnya akan berantakan.

Bicarakanlah apa keinginan dan tujuan masing-masing dalam membangun bisnis ini, agar bisa menemukan kesepakatan bersama yang bisa membentuk komitmen yang solid.

Kelima tips bisnis bareng pasangan ini akan jauh lebih berguna jika dibarengi dengan membaca buku berikut ini yang akan menolong kamu dalam membangun bisnis.

Buku Setiap Pebisnis Harus Punya Buku Ini! yang ditulis oleh Dini Hertita, berisi kumpulan tulisan pemahaman fondasi dasar dalam membangun sebuah bisnis supaya mempunyai mindset pelayanan yang tidak hanya sekadar berjualan.

Di sini kamu akan ditekankan jika dalam berbisnis bukan hanya menekankan pada peningkatan penjualan atau sales belaka, tapi di era digital seperti saat ini, service yang baik dan memuaskan pun patut ditingkatkan.

Buku ini ditulis dengan gaya yang sederhana serta dilengkapi tips dan trik yang pastinya akan sangat cocok untuk dipraktikkan oleh pebisnis pemula, yang baru mau belajar membuka bisnisnya sendiri.

Buku Setiap Pebisnis Harus Punya Buku Ini! bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com