Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bingung Memulai Bisnis Apa? Berikut Ide-Ide Bisnis yang Bisa Kamu Coba

Kompas.com - 10/03/2022, 09:55 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Ide Bisnis Modal Tipis 500…
Pengarang: Evita P Purnamasari
|
Editor Ratih Widiastuty

Saat pertama kali mempunyai niat untuk mulai berwirausaha, biasanya bingung untuk memulai bisnis apa yang terasa cocok dengan kondisi, tren, dan selera konsumen, agar sebelum memulai kita bisa mempersiapkan terlebih dahulu segala sesuatunya.

Wajar saja jika kita merasa bingung sebab di zaman yang serba cepat ini, perubahan arah dalam selera konsumen terjadi dengan begitu signifikan yang menyebabkan pelaku usaha harus mampu beradaptasi dengan kondisi yang sedang berlangsung.

Tidak heran, jika saat ini banyak sekali jenis bisnis yang muncul dengan penawaran produk dan jasa yang beragam, menarik, serta unik untuk memuaskan selera konsumen yang biasanya suka sekali dengan tren yang sedang digandrungi banyak orang.

Maka dari itu, wajib hukumnya untuk selalu berinovasi dalam mengembangkan strategi bisnis yang akan dijalankan agar tidak ketinggalan zaman, sekaligus mampu beradaptasi di era digital yang serba praktis ini.

Kabar baiknya, kini untuk memulai suatu bisnis,kamu bisa melakukannya dengan mudah asalkan mau belajar dan terus berinovasi melalui berbagai media yang sudah sangat mudah untuk diakses sebagai sumber ilmu.

Jika masih merasa bingung untuk memulai bisnis apa yang terasa cocok, berikut beberapa ide bisnis yang bisa kamu coba dan praktikan dengan peluang keuntungan yang menjanjikan.

Ide-Ide Bisnis yang Bisa Kamu Coba

1. Usaha Warung Makan

Salah satu ide bisnis yang tidak akan pernah mati peminatnya adalah bisnis makanan, karena pastinya setiap orang membutuhkan asupan makanan untuk dikonsumsi sebagai sumber tenaga untuk berkegiatan sehari-hari.

Salah satu bisnis yang bisa kamu lakukan di bidang ini adalah dengan membuka usaha warung makan yang pastinya akan didatangi oleh banyak orang, dengan catatan kualitas makanan yang terjamin, baik dari segi bahan dan rasa, juga harga yang bersaing.

Ada beberapa pilihan menu makanan yang bisa kamu sajikan, seperti nasi Padang, makanan khas warteg, hingga restoran khas makanan Sunda juga bisa menjadi opsi bisnis kuliner yang menggiurkan.

2. Laundry Pakaian

Di zaman yang serba cepat dan menuntut ini membuat sebagian besar masyarakat urban menjadi sibuk dan tidak memiliki waktu lagi untuk keperluan sehari-hari, contohnya seperti mencuci pakaian sendiri.

Maka dari itu, jasa laundry pakaian bisa menjadi salah satu ide bisnis yang patut dipertimbangkan, sebab setiap harinya akan ada yang membutuhkan untuk alasan efisiensi waktu di tengah rutinitas pekerjaan yang menyibukkan.

Bukalah bisnis laundry pakaian di tengah kota agar bisa menjaring banyak pelanggan yang potensial, seperti pekerja kantoran dan mahasiswa yang biasanya tidak mempunyai waktu untuk mencuci pakaian sendiri.

3. Bakery

Jajanan atau kuliner yang banyak dicari dan tidak pernah bosan untuk dikonsumsi salah satunya adalah kue dan roti, yang selain mempunyai rasa yang lezat, juga memiliki tekstur yang empuk dan mengenyangkan di perut.

Bisnis bakery atau toko kue dan roti bisa dijadikan ide usaha yang menarik jika bisa dikelola dengan kreatif dan penuh inovasi, agar kue dan roti yang kamu tawarkan bisa berbeda dengan toko lainnya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Hadirkan varian dan jenis dari kue dan roti yang bisa menggoda selera konsumen dengan berbagai rasa yang ditawarkan, mulai dari cokelat, stroberi, nanas, hingga kopi.

4. Barber Shop

Jasa potong rambut atau barber shop kini semakin banyak diminati oleh kalangan anak muda yang mencari tempat potong rambut dengan suasana yang nyaman dan menyenangkan.

Peluang ini bisa kamu coba kembangkan dengan membuat barber shop yang tidak hanya sekadar menjual jasa potong rambut, tapi juga berbagai makanan dan minuman ringan, seperti kopi, teh, dan lain sebagainya.

Sehingga, saat pelanggan harus menunggu giliran untuk dipotong rambutnya, mereka bisa menikmati berbagai macam sajian makanan dan minuman ringan yang ditawarkan agar tidak merasa bosan menunggu giliran.

5. Jasa Fotografi

Perkembangan dunia digital yang semakin masif membuat beberapa bisnis membutuhkan jasa seorang fotografer untuk membantu perkembangan bisnis mereka, khususnya sebagai media promosi.

Banyak pelaku usaha, seperti restoran, clothing line, hingga produk skincare yang membutuhkan konsep dan hasil foto yang unik dan menarik agar bisa menampilkan produk usaha yang mereka jual.

Oleh karena itu, membuka jasa fotografi bisa dijadikan pilihan yang tepat untuk memulai bisnis yang bisa dicoba sekaligus mampu mengikuti perkembangan zaman dan selera pasar.

Kelima ide bisnis ini dapat kamu jadikan bahan pertimbangan sebagai peluang usaha yang menjanjikan penghasilan yang menggiurkan.

Namun, jika kamu masih memerlukan ide-ide bisnis lainnya, buku yang satu ini bisa dijadikan sumber bacaan yang menginspirasi.

Buku Ide Bisnis Modal Tipis 500 Ribuan yang ditulis oleh Evita P. Purnamasari bisa dijadikan bahan referensi sebelum berencana untuk membuka dan menjalankan usaha.

Terdapat lebih dari 60 ide bisnis yang berpotensi menghasilkan keuntungan menggiurkan dengan modal yang tipis untuk memulainya, sehingga bisa dicoba oleh siapa saja yang ingin membuka bisnis.

Tidak hanya berisi ide-ide bisnis, buku ini juga menawarkan strategi dalam berbisnis, cara menghadapi masalah dalam berbisnis, dan lain sebagainya.

Buku Ide Bisnis Modal Tipis 500 Ribuan ini bisa dibeli dan dipesan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com