Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencoba Kreasi yang Menghasilkan Cuan, Ini 7 Cara Memulai Bisnis Baju dengan Desain Sendiri

Kompas.com - 09/03/2022, 13:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Make It Happen, Now!
Pengarang: Prita Hapsari Ghozie
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Bisnis fashion saat ini menjadi salah satu bisnis yang semakin berkembang pesat dan sudah memiliki banyak peminat dari berbagai kalangan.

Dalam menjalankan bisnisnya, setiap penjual harus memiliki keahlian untuk bisa berkompetisi dengan produk milik kompetitor lain, sehingga produknya tetap bisa laris manis di pasaran.

Bagi kamu yang punya keahlian dan kreativitas dalam menciptakan berbagai desain baju yang unik dan tidak pasaran, bisnis fashion ini bisa kamu jadikan sebagai salah satu bisnis yang menjanjikan, lho.

Ditambah lagi, bisnis fashion ini juga bisa dijalankan dengan modal yang tidak terlalu besar, tapi tetap mampu menghasilkan banyak cuan.

Sebagai seseorang yang ingin memulai bisnis fashion dengan desain sendiri, ada beberapa cara dan tips yang harus kamu persiapkan.

7 Cara Memulai Bisnis Baju Desain Sendiri

1. Lakukan Riset Produk

Riset memang menjadi salah satu bagian yang paling penting dalam memulai sebuah bisnis.

Melalui riset ini, kamu bisa mengetahui jenis produk atau jenis pakaian yang akan kamu jual nantinya.

Selain itu, riset juga akan membantu kamu untuk menentukan desain seperti apa yang menarik dan bakal laris manis di pasaran.

Kamu bisa mulai mengamati dengan teliti mulai dari jenis bahan yang digunakan, model pakaian, dan masih banyak lagi.

2. Memperhatikan Tren

Fashion menjadi salah satu industri yang sangat dinamis.

Setiap bulannya selalu bermunculan tren baru yang berbeda-beda, sehingga wajib bagi kamu untuk memperhatikan tren pakaian seperti apa yang sedang digemari masyarakat.

Untuk mengetahui berbagai tren ini, kamu bisa menggunakan media sosial atau melakukan survei konsumen untuk mengetahui desain pakaian seperti apa yang mereka inginkan.

3. Menentukan Target Pasar

Selain memperhatikan tren, kamu juga harus mulai menentukan target pasar.

Hal ini sangat penting karena jenis pakaian yang digunakan oleh setiap orang itu berbeda-beda.

Jika kamu ingin mendesain berbagai macam daster, maka target pasar yang paling cocok adalah para ibu-ibu, sedangkan untuk para anak muda, kamu bisa coba membuat desain kaos, baju oversize, rompi, atau yang lainnya.

Tentukanlah target pembeli ini secara spesifik yang didasarkan pada usia, gender, tingkat ekonomi, dan sebagainya.

4. Kenali Kompetitor Bisnis

Saat kamu sudah memutuskan untuk mulai berkecimpung di dunia bisnis, kamu harus ingat bahwa akan selalu ada kompetitor yang juga menjual berbagai produk yang sama denganmu.

Tugas kamu di sini adalah untuk mencari tahu berbagai hal mengenai kompetitormu, mulai dari bahan pakaian, harga produk, desain produknya, sampai cara promosinya, dari sinilah kamu bisa menawarkan keunggulan lain dari produk kamu yang bisa menarik minat pembeli.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kamu bisa coba untuk menjualnya dengan harga yang lebih mahal, tapi dengan desain dan kualitas yang jauh lebih unggul dibandingkan produk milik kompetitormu.

5. Membuat Kreasi Desain yang Menarik

Untuk membuat bisnis fashion kamu terlihat lebih menonjol dibandingkan para kompetitormu, kamu bisa coba untuk menawarkan berbagai desain yang menarik, yang bisa menunjukkan ciri khas dan gayamu sendiri.

Ciri khas ini bisa ditunjukkan dalam banyak hal, misalnya rancangan baju, warna, corak, atau jenis kain yang digunakan.

Hal ini sangat membantu konsumen untuk bisa lebih mengenali produk yang kamu jual.

6. Lakukan Kerja Sama dengan Distributor Bahan

Bahan adalah modal penting untuk memulai bisnis fashion, jadi melakukan kerja sama dengan para distributor bahan ini sangat diperlukan supaya kamu tidak kehabisan bahan saat proses pembuatan produknya.

Konsistensi akan menjadi nilai tambah dan memberikan kesan yang baik bagi pelanggan, jadi saat kamu sudah menemukan distributor bahan yang tepat, pastikan untuk terus bekerjasama untuk tetap menjaga kualitas produk.

Di samping itu kamu mungkin juga akan memperoleh harga bahan yang lebih murah.

7. Promosikan Produk

Promosi juga merupakan hal yang tidak kalah penting dan bisa dilakukan dengan mudah, karena kamu bisa memanfaatkan media sosial seperti Instagram atau Tiktok.

Selain itu, kamu juga bisa melalui bisnis online yaitu dengan cara membuka toko online di beberapa marketplace dan cobalah untuk membuat berbagai promo atau diskon yang menarik untuk bisa mendatangkan banyak pelanggan.

Aspek yang paling penting dan harus kamu miliki dalam bisnis fashion ini adalah kreativitas dan inovasi untuk terus menghasilkan berbagai macam desain yang unik serta berbeda dari kebanyakan produk yang ada di pasaran, sehingga produk yang kamu jual bisa memiliki ciri khas sendiri.

Dalam memulai bisnis fashion dengan baju rancangan sendiri, kamu memang tidak membutuhkan banyak biaya karena kamu tidak perlu merekrut desainer untuk mendesain produk yang kamu jual, tapi kamu tetap membutuhkan biaya untuk melakukan riset, membeli beberapa peralatan, dan melakukan promosi.

Nah, bagi kamu yang masih awam dan belum memahami bagaimana cara mengatur keuangan dalam sebuah bisnis, kamu bisa coba untuk membaca buku Make It Happen, Now! yang ditulis oleh Prita Hapsari Ghozie.

Buku ini akan merangkum berbagai macam tahapan dalam perencanaan keuangan yang bisa membantu kamu membangun bisnis dan mewujudkan banyak impian kamu yang lainnya.

Ditulis dalam bahasa yang santai dan beragam ilustrasi yang menarik, buku ini memang sengaja ditujukan untuk para anak muda yang masih penuh semangat untuk mencari banyak pengalaman terutama dalam dunia bisnis.

Selain itu, buku ini juga menyajikan berbagai kisah para anak muda yang berhasil dan sukses dalam bidangnya masing-masing, sehingga kamu bisa lebih termotivasi untuk menjadi salah satu bagian dari mereka.

Untuk mendapatkan buku ini, kamu bisa membelinya melalui online di website Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, langsung klik di sini untuk ambil vouchernya!

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com