Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cinta dalam Persahabatan, Berikut Cara Tepat Mengungkapkannya agar Hubungan Tidak Menjadi Awkward

Kompas.com - 07/03/2022, 12:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Lit: Say Hi!
Pengarang: Inggrid Sonya
|
Editor Ratih Widiastuty

Banyak orang yang bilang jika perempuan dan laki-laki tidak bisa menjadi sahabat dekat, sebab nantinya akan ada percikan-percikan asmara yang tumbuh menjadi perasaan cinta sehingga membuat hubungan tersebut tidak lagi sama.

Biasanya, di antara laki-laki dan perempuan yang bersahabat dan saling suka akan memendam perasaan mereka masing-masing dikarenakan takut jika mengungkapkan perasaan tersebut, hubungan persahabatan mereka akan menjadi awkward atau bahkan hancur.

Padahal keterbukaan akan perasaan masing-masing diperlukan untuk memperkuat hubungan, baik sebagai sahabat maupun kekasih, agar tidak ada perasaan yang mengganjal di antara satu sama lain terlepas dari diterima atau tidaknya pengakuan tersebut.

Diperlukan kedewasaan dan pola pikir yang terbuka sebelum memutuskan untuk mengungkapkan rasa suka terhadap sahabat dekat yang mungkin sudah dianggap sebagai keluarga sendiri, sebab jika perasaan tersebut malah berujung pada penolakan, takutnya kamu akan kehilangan sahabat terdekat.

Maka dari itu, rencanakan secara matang sebelum kamu berniat untuk mengungkapkan rasa cinta terhadap sahabat agar tidak menghancurkan hubungan persahabatan yang telah terjalin jika perasaan kamu ditolak.

Jika masih bingung dan pusing menemukan cara yang tepat untuk mengungkapkan rasa cinta pada sahabat dekat, simak cara-cara berikut ini yang bisa kamu coba untuk mencegah hubungan persahabatan berubah menjadi awkward.

Cara Tepat Mengungkapkan Cinta kepada Sahabat

1. Kirim Sinyal Secara Perlahan-lahan

Sebelum memutuskan untuk membongkar perasaan cinta kamu terhadap sahabat, alangkah baiknya jika pertama-tama kamu memberikan sinyal terlebih dahulu secara perlahan-lahan untuk melihat apakah perasaan kamu ini akan diterima atau tidak.

Sindir secara halus dalam pembicaraan yang diselimuti dengan canda agar sahabat kamu tidak langsung curiga dengan tindak-tanduk yang kamu lakukan, supaya mencegah nantinya jika terjadi sesuatu yang tidak diharapkan.

Jika sahabat kamu telah mengirim sinyal-sinyal positif setelah kamu beri pesan secara halus, barulah coba beranikan diri untuk mengungkapkan perasaan kamu yang sesungguhnya.

2. Ajak Berbicara dari Hati ke Hati

Jangan gegabah saat akan mengungkapkan perasaan cinta yang kamu miliki terhadap sahabat dengan langsung mengutarakannya tanpa ada pembicaraan terlebih dahulu, agar dia tidak merasa kaget ataupun tertekan.

Rencanakan untuk pergi bersama ke tempat yang kalian sering kunjungi dengan alasan ingin berbicara dari hati ke hati supaya dia tidak merasa terbebani dengan apa yang akan kamu bicarakan.

Setelah saling berbicara secara mendalam antara satu sama lain, berikan alasan yang kuat mengapa hubungan ini tidak akan hancur setelah kamu mengungkapkan perasaan, meskipun pastinya tidak akan lagi sama, tapi minimal ada saling pengertian di antara satu sama lain.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Ajak Berlibur Bersama

Cara terakhir yang mungkin bisa kamu lakukan adalah dengan mengajak sahabat kamu tersebut untuk berlibur bersama ke suatu tempat yang tenang dan damai, contohnya mungkin seperti pantai atau gunung.

Mengungkapkan perasaan cinta di tempat-tempat indah seperti itu biasanya dapat membantu perasaan dan pikiran menjadi jauh lebih rileks, sehingga satu sama lain bisa menerima dan memahami perasaan masing-masing secara jauh lebih terbuka.

Bicarakan dengan santai dan apa adanya agar sahabat kamu paham jika memang rasa cinta yang kamu miliki tidak berbalas, bukan berarti hubungan persahabatan yang terjalin hancur begitu saja.

Memang, tidak bisa dipungkiri, jika mengungkapkan rasa cinta kepada sahabat akan mengubah hubungan tersebut, tapi semoga saja dengan cara-cara yang sudah dibahas di atas bisa meminimalisir perubahan tersebut.

Bagi kamu yang memerlukan hiburan berupa cerita cinta dalam persahabatan, novel berikut ini akan sangat cocok untuk menemani waktu luang yang kamu punya.

Novel berjudul Say Hi! karya Inggrid Sonya ini menggambarkan dengan realistis bagaimana hubungan persahabatan antara laki-laki dengan perempuan yang berubah menjadi saling suka antara satu sama lain.

Bercerita tentang Ribby yang mempunyai dua orang sahabat laki-laki, yakni Ervan dan Pandu, dua remaja laki-laki populer, tampan, dan berbakat yang biasanya membuat Ribby menjadi π˜ͺ𝘯𝘴𝘦𝘀𝘢𝘳𝘦.

Akibatnya, Ribby malah mencari pelarian dengan bermain aplikasi Say Hi yang malah membuat hubungan persahabatannya dengan Ervan dan Pandu berubah menjadi jauh lebih serius akibat perasaan suka yang ada.

Meskipun memiliki tema remaja, tapi novel ini bisa dinikmati oleh siapa saja, sebab Inggrid Sonya mampu mengolahnya menjadi sebuah cerita yang menyenangkan untuk segala usia.

Novel Say Hi! bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com