Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengenali Diri Sendiri, Siasat Jitu dalam Memahami Kepribadian

Kompas.com - 07/03/2022, 10:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
You Do You: Discovering Life…
Pengarang: Fellexandro Ruby
|
Editor Almira Rahma Natasya

Kehidupan yang dipenuhi dan disesaki oleh pendapat dan ekspektasi orang lain kerap membuat kita merasa tersesat dan asing untuk hanya sekadar mengenal dan memahami diri sendiri, yang sebenarnya merupakan fondasi utama untuk menjalankan kehidupan yang berbahagia.

Akibatnya, kehidupan yang terhampar di depan mata akan terasa monoton dan membosankan untuk dijalani, yang menjadi pertanda jika selama ini kamu belum mengenal dan memahami diri sendiri beserta tujuan hidup apa yang ingin digapai.

Padahal, jika kamu mampu mengenal diri sendiri secara lebih mendalam, jujur, dan objektif, kamu dapat belajar untuk menerima kondisi diri sendiri secara apa adanya yang akan membuka potensi besar untuk terus berkembang dan menjadikan kekurangan yang dimiliki sebagai kekuatan.

Dengan mengenal diri sendiri, kamu dapat menentukan tujuan dalam hidup dengan lebih terarah menuju sesuatu yang jelas dengan fokus yang mendalam terhadap kepribadian yang kamu miliki, agar bisa menghadapi setiap gejolak dalam kehidupan.

Kebingungan yang sering kali muncul akibat opini lingkungan sekitar seketika itu juga akan musnah jika kamu mampu mengenal dan mendalami diri sendiri, supaya potensi terbaik yang kamu miliki bisa terdorong keluar.

Namun, bagaimana cara untuk mengenal dan menggali potensi yang ada dalam diri agar bisa memahami kepribadian dalam menghadapi kehidupan yang penuh tantangan ini? Simak penjelasannya berikut ini.

5 Cara Mengenali Diri Sendiri

1. Cari Tahu Apa Kelebihan dan Kekurangan yang Dimiliki

Penting sekali rasanya untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki agar memahami langkah yang tepat untuk mengeluarkan potensi dari kelebihan tersebut, serta menyiasati kekurangan yang dimiliki.

Cara mudah untuk tahu apa kelebihan dan kekurangan yang ada dalam diri kamu adalah dengan merenungkannya, lalu kemudian dapat kamu catat dalam selembar kertas yang bisa kamu evaluasi nantinya agar mampu mengenal diri sendiri secara lebih jauh lagi.

2. Ikuti Kata Hati

Masukan atau pendapat dari orang lain biasanya akan memengaruhi keputusan yang diambil perihal kehidupan yang dijalani, sehingga sesuatu yang kamu inginkan menurut kata hati akan tenggelam dan diabaikan oleh diri sendiri.

Nyatanya, kata hati yang muncul dalam diri bisa mengarahkan tujuan hidup ke arah yang lebih baik dan jangan abaikan itu.

Sebaliknya, kamu harus lebih berani untuk mengikuti kata hati alih-alih masukan dari orang lain dengan catatan apa yang akan kamu lakukan tidak merugikan siapa pun.

3. Minta Pendapat Orang Lain Terkait Diri Kamu

Jangan malu ataupun takut untuk meminta opini orang-orang terdekat tentang diri kamu, agar bisa mengenal diri sendiri secara lebih menyeluruh dari perspektif orang lain sehingga penilaian yang akan kamu lakukan bisa transparan dan jujur.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Rangkul semua kekurangan yang kamu miliki dan asah terus kelebihan yang kamu punya agar proses mengenal diri sendiri bisa berjalan secara konstruktif alih-alih destruktif melalui bantuan orang-orang yang menyayangimu.

4. Cari Tahu Nilai Hidup Seperti Apa yang Ingin Kamu Pegang

Nilai hidup yang kamu pegang memiliki peran dan andil yang cukup signifikan untuk menentukan ingin jadi seperti apa kamu ke depannya, agar bisa terus fokus serta berpegang pada nilai hidup tersebut yang akan membawa kamu ke arah yang lebih positif.

Jangan goyah dan takut untuk memegang teguh nilai hidup yang kamu yakini selama itu semua tidak menyakiti maupun merugikan siapa pun agar kamu bisa memiliki prinsip dalam hidup yang akan semakin memperkuat kepribadian yang kamu miliki.

5. Coba untuk Lebih Sadar dan Paham akan Posisi Kamu dalam Kehidupan

Menyadari dan memahami arti serta posisi kamu dalam kehidupan ini akan jauh lebih memudahkan kamu dalam mengenal diri sendiri tanpa berusaha untuk menjadi palsu akibat ekspektasi yang tidak sesuai dengan realita yang ada.

Tak mengapa jika kamu bukan seorang artis terkenal, pengusaha kaya raya, atau model yang rupawan, sebab keberadaan kamu saat ini memiliki peran yang berbeda dan pastinya berarti bagi dunia sekecil apa pun itu.

Semoga kelima cara ini bisa menolong kamu untuk lebih mengenal dan memahami diri sendiri agar mampu menunjukkan kualitas kepribadian yang optimal dan mumpuni.

Tidak lupa, buku berikut ini juga akan membantu kamu dalam menemukan jati diri yang akan memudahkan saat mengenal diri sendiri.

Buku You Do You yang ditulis oleh Fellexandro Ruby menjadi salah satu buku paling laris di Indonesia yang bisa menuntun kamu untuk mampu menemukan jati diri yang sesungguhnya.

Mungkin masih banyak di antara kalian yang merasa bingung dan asing terhadap diri sendiri karena tidak tahu akan tujuan serta kemauan yang ingin dicapai dalam hidup.

Tenang saja, lewat buku You Do You kamu akan dibantu untuk merefleksikan diri dan melihat ke dalam diri untuk tahu jawaban yang tepat mengenai jati diri kamu.

Buku You Do You bisa langsung kamu pesan dan beli di Gramedia.com untuk menjadi bahan bacaan dalam mengenal diri sendiri.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu pakai tanpa minimal pembelian. Yuk, langsung klik di sini dan dapatkan gratis vouchernya!

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com